Daftar Juara Piala Eropa dari Tahun ke Tahun Lengkap (EURO)

Daftar juara EURO – Piala Eropa merupakan kompetisi sepak bola antar negara-negara di benua Eropa. Turnamen ini juga disebut sebagai EURO. Banyak timnas negara sepak bola Eropa unggulan yang pernah menjadi juara Piala Eropa, misalnya seperti Jerman, Spanyol, Prancis, Italia, Belanda dan Portugal. Lalu siapakah juara EURO terbanyak dari dulu sampai sekarang? Kali ini akan dibahas mengenai daftar juara Piala Eropa sepanjang masa dari tahun ke tahun.

Turnamen ini pertama digelar di tahun 1960 dan awalnya bernama UEFA European Nations’ Cup dan kemudian berganti nama menjadi UEFA European Championship. Meski begitu publik sepak bola sering menyebutnnya sebagai UEFA EURO atau EURO saja. Di Indonesia, ajang EURO juga disebut sebagai Piala Eropa. Ajang ini diselenggarakan oleh UEFA selaku otoritas sepak bola di Eropa dan digelar tiap 4 tahun sekali yang tidak berbarengan dengan pagelaran Piala Dunia FIFA.

(baca juga daftar juara Piala Dunia)

Ajang EURO ini diikuti oleh tim-tim terbaik Eropa, bahkan turnamen ini sering dianggap sebagai turnamen paling bergengsi kedua di dunia, setelah World Cup. Awalnya putaran final EURO hanya diikuti oleh 4 tim saja yang telah lolos ke babak kualifikasi. UEFA kemudian menerapkan penambahan kontestan turnamen menjadi 8 tim (1980-1992), kemudian 16 tim (1996-2012) dan terakhir jumlah timnas peserta kembali ditambah menjadi 24 tim mulai EURO 2016.

Format Piala Eropa kali ini diikuti 24 timnas peserta yang dibagi ke dalam 6 grup. Dua tim teratas di tiap grup ditambah 4 peringkat tiga terbaik tiap grup lolos ke babak 16 besar yang akan diteruskan dalam sistem gugur hingga babak final Piala Eropa. Tim yang menjadi juara Piala Eropa akan berhak berpartisipasi di ajang Piala Konfederasi. Hingga kini sudah 15 kali penyelenggaraan Piala Eropa diadakan.

Total 10 negara pernah menjadi juara EURO dari awal sampai sekarang. Dalam daftar juara Piala Eropa terbanyak, ada 2 tim tersukses yaitu Jerman dan Spanyol, masing-masing menjadi juara 3 kali. Timnas Prancis pernah 2 kali menjadi juara. Sementara itu ada 7 tim yang pernah sekali menjadi juara EURO, yaitu Uni Soviet, Italia, Cekoslovakia, Belanda, Denmark, Yunani dan Portugal. Timnas Portugal juga menjadi juara bertahan karena berhasil menjadi juara Piala Eropa 2016 lalu.

daftar juara piala eropa (EURO)

(baca juga daftar juara Liga Champions Eropa)

Uni Soviet (sekarang Rusia) menjadi juara EURO pertama di tahun 1960. Sementara timnas Spanyol menjadi satu-satunya tim yang menjadi juara di dua edisi berturut-turut yaitu di tahun 2008 dan 2012. Terdapat 2 timnas negara Eropa yang pernah masuk final namun tidak pernah menjadi juara dan selalu kalah yaitu Yugoslavia (1960 dan 1968) serta Belgia (1980). Sementara Jerman dan Uni Soviet juga menjadi tim yang paling sering menjadi runner up, masing-masing tiga kali kalah di final.

Berikut ini akan kami bagikan info daftar juara EURO dari tahun ke tahun mulai awal sampai sekarang. Tabel berikut akan menampilkan daftar juara Piala Eropa sepanjang masa (1960-2016) beserta tim runner up dan tuan rumah Piala Eropa di tiap edisinya lengkap update terbaru.

Daftar Juara EURO (Piala Eropa)

Tahun Juara Runner up Tuan Rumah
1960 Uni Soviet Yugoslavia Prancis
1964 Spanyol Uni Soviet Spanyol
1968 Italia Yugoslavia Italia
1972 Jerman Barat Uni Soviet Belgia
1976 Cekoslovakia Jerman Barat Yugoslavia
1980 Jerman Barat Belgia Italia
1984 Prancis Spanyol Prancis
1988 Belanda Uni Soviet Jerman Barat
1992 Denmark Jerman Swedia
1996 Jerman Republik Ceko Inggris
2000 Prancis Italia Belanda-Belgia
2004 Yunani Portugal Portugal
2008 Spanyol Jerman Austria-Swiss
2012 Spanyol Italia Polandia-Ukraina
2016 Portugal Prancis Prancis
2020 12 negara
2024

Negara Juara Piala Eropa Terbanyak

3 kali – Jerman, Spanyol
2 kali – Prancis
1 kali – Uni Soviet, Italia, Cekoslovakia, Belanda, Denmark, Yunani, Portugal

Nah itulah info bola Eropa terkini mengenai daftar juara Piala Eropa dari masa ke masa mulai awal sampai sekarang update terbaru lengkap. Timnas Jerman dan Spanyol masih jadi negara juara EURO terbanyak sepanjang masa, sementara Portugal masih memegang status sebagai juara bertahan sebagai juara EURO 2016 lalu. Sekian berita daftar juara EURO (1960-2106) kali ini.

Daftar Juara Piala Eropa dari Tahun ke Tahun Lengkap (EURO) | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola