Tujuan Utama Permainan Sepak Bola Lengkap Beserta Penjelasannya

Tujuan sepak bola – Sepak bola adalah olahraga universal yang begitu populer. Hampir tiap orang pernah bermain bola. Namun tahukah kamu apa sebenarnya tujuan permainan sepak bola? Apakah tujuan utama sepak bola? Apakah hanya untuk bermain-main saja atau ada tujuan bermain sepak bola lainnya? Dalam artikel ini akan dijelaskan tujuan utama permainan sepak bola lengkap beserta penjelasannya.

Secara umum, sepak bola memang menjadi olahraga terpopuler di dunia. Permainan ini pun dimainkan dari berbagai lapisan masyarakat. Kompetisi sepak bola besar tentu sudah dikenal misalnya seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Liga Champions dan lain-lain. Liga sepak bola profesional juga ada di hampir semua negara. Sepak bola juga dimainkan di tingkat amatir, di Indonesia disebut dengan istilah tarkam atau antar kampung. Kompetisi tingkat RT atau RW juga banyak diperlombakan.

Intinya pengertian sepakbola menjadi permainan sangat universal dan dimainkan di mana saja. Tentu layaknya olahraga dan permainan lain, sepak bola juga memiliki suatu tujuan tertentu. Lalu apakah sebenarnya tujuan dari permainan sepak bola? Untuk apa para pemain memainkan bola selama waktu dan durasi yang ditentukan dengan aturan yang berlaku?

Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan sepak bola secara umum adalah mencetak gol ke gawang lawan sebanyak-banyak serta menghindari gawang kita agar tidak kemasukan. Dengan mencetak gol lebih banyak dibanding lawan, maka tim kita bisa memenangkan pertandingan sepak bola. Selain itu juga terdapat tujuan permainan sepak bola lainnya berkaitan dengan kompetisi dan profesionalisme, mulai dari menjaga sportivitas, meningkatkan kerjasama tim hingga membawa misi perdamaian dunia lewat turnamen antar-negara yang diselenggarakan.

Berikut akan kami jelaskan tujuan permainan sepak bola selengkapnya beserta penjelasannya.

Mencetak gol ke gawang lawan

tujuan sepak bola

Tujuan utama permainan sepak bola adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Gol bisa terjadi asalkan bola telah melewati garis gawang lawan. Dengan mencetak gol lebih banyak dari tim lawan, maka tim kita akan memenangkan pertandingan sepak bola.

Mencegah gawang agar tidak kemasukan gol

tujuan permainan sepak bola

Selain mencetak gol, suatu tim harus mencegah gawang agar tidak kebobolan. Dengan kata lain mencegah lawan mencetak gol ke gawang kita. Kiper menjadi pemain yang bertugas menghadang peluang lawan, sementara pemain lain juga harus menghalau serangan lawan.

(baca juga 10 kiper terbaik di dunia)

Meningkatkan kerjasama tim

tujuan dari permainan sepak bola

Sepak bola merupakan olahraga beregu yang dimainkan oleh 11 pemain di atas lapangan. Taktik strategi sepak bola pun mengharuskan satu tim untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan. Tak heran jika meningkatkan kerjasama tim termasuk dalam tujuan dari permainan sepak bola lainnya.

Menjaga sportifitas olahraga

tujuan utama permainan sepak bola

Sepakbola sangat menjunjung sportifitas atau fair play. Untuk itu pertandingan sepakbola harus dilakukan dengan adil dan sportif dan menjunjung asas fair play. Boleh melakukan benturan atau gesekan keras, namun persaingan hanya terjadi di atas lapangan dan harus tetap sportif usai pertandingan usai.

Menjaga kesehatan dan kebugaran

tujuan sepakbola

Sepak bola termasuk olahraga kebugaran. Para pemain yang memainkan olahraga ini pun akan mendapat manfaat berupa kesehatan dan kebugaran tubuh, baik itu pemain profesional, pemain semi-profesional hingga pemain amatir sekalipun.

Meraih prestasi dan gelar juara

tujuan utama sepak bola

Suatu tim sepak bola bermain sepak bola juga untuk bisa meraih prestasi berupa gelar juara pada kompetisi atau turnamen yang diikuti. Contohnya klub-klub besar Eropa seperti Barcelona atau Real Madrid yang telah meraih puluhan gelar juara dan trofi di berbagai turnamen yang diikuti.

(baca juga daftar juara Piala Dunia)

Meningkatkan persatuan

tujuan bermain sepak bola

Sepak bola menjadi olahraga yang universal. Dengan adanya sepak bola juga dapat meningkatkan persatuan suatu bangsa, misalnya saat timnas Indonesia bertanding maka masyarakat akan bersatu untuk memberikan dukungan. Hal ini juga terlihat pada negara-negara lain terutama saat ajang besar seperti Piala Dunia.

Membawa misi perdamaian dunia

tujuan dari sepak bola

Sepak bola menjadi olahraga paling populer di dunia. Terkadang olahraga juga bertjuan untuk membawa misi perdamaian. Hal ini dapat dilihat pada tiap turnamen global yang dikampanyekan oleh pemain dan pelaku sepak bola. Beberapa kampanye perdamaian dalam olahraga sepak bola misalnya kampanye anti-rasisme hingga mengheningkan cipta untuk korban bencana.

Nah itulah info bola mengenai 8 tujuan sepakbola lengkap beserta pembahasannya. Sepak bola merupakan olahraga populer yang bertujuan untuk mencetak gol ke gawang lawan dan mencegah agar gawang tidak kemasukan guna meraih kemenangan bagi tim. Sepak bola juga bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh serta menjalin sportivitas berkompetisi.

Tujuan Utama Permainan Sepak Bola Lengkap Beserta Penjelasannya | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola