Pengertian Sepak Bola Lengkap Beserta Tujuan dan Teknik Dasarnya

Apa pengertian sepak bola? Sepak bola memang menjadi olahraga paling populer dan paling banyak dimainkan. Namun tahukah kamu apa definisi dan pengertian sepak bola secara umum? Apa tujuan sepak bola dan apa saja teknik dasar sepak bola? Bagaimana sejarah sepak bola dan apa saja peraturan sepak bola? Kali kami akan menjelaskan pengertian sepakbola selengkapnya.

Pengertian Sepak Bola

Apa pengertian olahraga sepak bola? Sepak bola berasal dari dua kata yaitu ‘sepak’ dan ‘bola’. Pengertian sepak adalah menendang menggunakan kaki sedangkan pengertian bola adalah alat permainan berbentuk bulat dengan bahan karet atau kulit. Maka pengertian sepak bola adalah dapat diartikan sebagai sebuah permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola dengan tujuan mencetak gol ke gawang lawan berdasarkan aturan permainan yang ditentukan.

Dalam bahasa Inggris, sepak bola disebut sebagai football dan di negara Amerika Serikat disebut sebagai soccer. Olahraga ini menjadi olahraga paling populer di dunia dan paling banyak dimainkan di dunia. Sepak bola pun menjadi permainan yang universal dan dimainkan di seluruh penjuru dunia.

pengertian sepak bola

Definisi Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola Menurut KBBI

Definisi sepak bola menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2 x 45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Pengertian Sepak Bola Menurut Wikipedia

Pengertian sepak bola menurut situs Wikipedia adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Pengertian Permainan Sepak Bola Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian permainan sepak bola menurut para ahli.

Menurut Subagyo Irianto (2010)

Pengertian sepak bola menurut Subagyo Irianto adalah permainan dengan cara menendang sebuah bola yang diperebutkan oleh para pemain dari dua kesebelasan yang berbeda dengan maksud memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri jangan sampai kemasukkan bola.

Menurut Luxbacher (2008)

Pengertian sepak bola menurut Luxbacher adalah pertandingan sepak bola itu dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim mempertahankan gawan dan berusaha menjebol gawang lawan.

Menurut Agus Salim (2008)

Pengertian sepak bola menurut Agus Salim adalah olahraga yang memainkan bola dengan menggunakan kaki. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mencetak gol atau skor sebanyak-banyakny yang tentunya harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Untuk bisa membuat gol harus tangkas, sigap, cepat, dan baik dalam mengontrol bola.

Menurut Muhyi Faruq (2008)

Pengertian sepak bola menurut Muhyi Faruq adalah bentuk dari kegiatan fisik yang memberikan manfaat pada kebugaran tubuh dan mental serta sosial yakni prestasi. Permainan ini sendiri masuk dalam aktifitas gerak olahraga, karena bentuk aktifitas fisik yang terstruktur, terencara dan berkesinambungan dengan tujuan untuk kebugaran tubuh yang lebih baik.

Menurut Muhajir (2007)

Pengertian sepak bola menurut Muhajir adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola kegawan lawan dengan mempertahankan gawang tersebut agar tidak kemasukan bola oleh lawan.

Menurut Herwin (2004)

Pengertian sepak bola menurut Herwin adalah permainan kelompok yang melibatkan banyak unsur, seperti fisik, teknik, taktik dan mental.

Menurut Joko Purwanto (2004)

Pengertian sepak bola menurut Joko Purwanto adalah suatu bentuk permainan beregu yang menggunakan bola besar, dimainkan oleh 2 (dua) regu dan tiap-tiap regu terdiri dari 11 pemain.

Menurut Nurhasan (2001)

Pengertian sepak bola menurut Nurhasan adalah permainan sepak bola dilakukan dalam 2 (dua) babak, yang mana masing-masing dari babak pada umumnya berlangsung selama 45 menit. Permainan sepakbola dipimpin oleh seorang wasit dengan dibantu oleh dua hakim garis. Para pemain menggunakan sepatu bola serta kostum yang berbeda denganlawan mainnya, sedangkan untuk penjaga gawan harus mengenakan kostum khusus yang berbeda dengan para pemain lainnya.

Menurut Sucipto dkk (2000)

Pengertian sepak bola menurut Sucipto dkk adalah permainan yang hampir seluruhnya dimainkan menggunakan kaki, kecuali seorang penjaga gawan yang dibolehkan menggunakan lengannya di daerah tendangan hukumannya.

Tujuan Sepak Bola

Tujuan sepak bola utama adalah mencetak gol. Ada juga tujuan permainan sepak bola lainnya yang menjadi fungsi dan peranan sepak bola. Berikut beberapa tujuan dalam pertandingan sepak bola.

  • Mencetak gol ke gawang lawan
  • Mencegah agar gawang tidak kebobolan
  • Menjaga sportifitas antar pemain
  • Menjalin kerjasama tim
  • Meningkatkan kebugaran tubuh
  • Meraih prestasi juara

tujuan sepak bola

Sejarah Sepak Bola

Sejarah permainan sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Cina. Saat itu masyarakat mulai menggiring bola kulit ke jaring-jaring kecil. Selain itu permainan yang mirip juga dilakukan di Jepang dan Italia. Sejarah sepak bola modern baru muncul di negara Inggris. Sepak bola mulai digemari sebagai permainan yang banyak dimainkan. Selain itu mulai dibuat aturan sepak bola.

Sepak bola pun menjadi lebih dikenal di abad 19. Inggris pun dikenal sebagai negara asal sepak bola modern. Olahraga ini kemudian mulai menyebar di seluruh dunia. Kompetisi sepak bola pertama mulai diadakan di Inggris di akhir abad 19. Asosiasi sepak bola dunia, FIFA kemudian dibentuk di tahun 1904 dan olahraga ini cepat terkenal. Adapun sejarah Piala Dunia pertama mulai diselenggarakan di tahun 1930.

Posisi Pemain Sepak Bola

Pemain sepak bola memiliki peran-peran tertentu yang dibagi di tiap-tiap posisi. Posisi sepak bola secara umum dibagi menjadi empat yaitu kiper, bek, gelandang dan penyerang. Tiap posisi memilik peran berbeda. Selain itu juga banyak peran dan posisi unik lain yang muncul karena taktik dan strategi sepak bola modern. Berikut posisi sepak bola secara umum.

  • Penjaga gawang (kiper/goalkeeper)
  • Pemain belakang (bek/defender) terdiri dari sweeper/libero, bek tengah, bek kanan, bek kiri
  • Pemain tengah (gelandang/midfielder), terdiri dari gelandang bertahan, gelandang tengah, gelandang sayap, gelandang serang
  • Pemain depan (penyerang/striker/forward), penyerang tengah, winger, second striker

Selain posisi resmi sepak bola di atas terdapat beberapa peran unik dan khas dalam sepak bola lainnya misalnya seperti playmaker, trequatista, regista, target man, poacher, deep-lying playmaker, anchorman, box-to-box midfielder, sweeper playmaker, destroyer dan lain-lain.

Teknik Dasar Sepak Bola

Secara umum terdapat 4 teknik dasar dalam sepak bola. Teknik dasar permainan sepak bola meliputi menendang bola, menggiring bola, menghentikan bola dan menyundul bola. Berikut sekilas penjelasan mengenai teknik dasar dalam permainan sepak bola.

1. Teknik Menendang bola

Teknik menendang bola, bisa untuk mengumpan ke pemain lain atau menendang langsung ke gawang lawan. Teknik ini bisa dilakukan dengan kedua kaki, baik kaki kanan atau kaki kiri. Lebih spesifik lagi, teknik menendang bola bisa dilakukan dengan kaki bagian luar, kaki bagian dalam dan kaki bagian punggung.

2. Teknik Menggiring bola

Teknik menggiring bola merupakan teknik mendorong bola ke depan atau samping secara pelan agar bola tetap dalam penguasaan pemain. Menggiring bola bisa dilakukan dengan kaki kanan, kaki kiri atau variasi keduanya. Teknik ini bisa dilakukan dengan kaki bagian luar, kaki bagian dalam atau kaki bagian punggung.

teknik dasar sepak bola

3. Teknik Menghentikan bola

Teknik menghentikan bola merupakan teknik untuk mengentikan atau menahan bola yang mengarah ke kita. Teknik ini bisa dilakukan dengan kedua (kaki kanan dan kaki kiri) dengan variasi kaki bagian dalam, kaki bagian luar, kaki bagian telapak dan kaki bagian punggung. Selain itu jika bola melambung, kita bisa menghentikan bola dengan dada atau perut.

4. Teknik Menyundul bola

Teknik menyundul bola merupakan teknik untuk mendorong bola yang ada di udara dengan bagian kepala. Menyundul bola hanya bisa dilakukan dengan kepala, baik kepala bagian dahi atau pun kepala bagian atas.

Peraturan Sepak Bola

Peraturan permainan sepak bola dimainkan oleh dua regu dengan tiap regu berjumlah 11 orang, terdiri dari 1 penjaga gawang dan 10 pemain lapangan lainnya. Aturan permainan sepak bola mengharuskan sebuah pertandingan dilakukan dalam 2 x 45 menit. Sepak bola dipimpin oleh seorang wasit yang dibantu oleh 2 orang hakim garis. Tujuan permainan sepak bola adalah memasukan bola ke gawang lawan. Regu atau tim yang terbanyak memasukan gol ke dalam gawang lawan maka dinyatakan sebagai pemenang.

Luas Lapangan Sepak Bola

Sepak bola dimainkan di sebuah lapangan rumput atau bisa juga lapangan sintetis. Ukuran luas lapangan sepak bola yang digunakan memiliki panjang lapangan sebesar 100-120 meter dan lebar lapangan sebesar 65-75 meter. Di bagian tengah lapangan terdapat garis yang memisahkan kedua sisi lapangan sama rata. Di bagian tengah kedua ujung lapangan terdapat area segi empat berukuran lebar 7,33 meter dan panjang 2,44 meter serta area penalti berjarak 16,5 meter dari gawang.

Lama Durasi Sepak Bola

Aturan sepak bola internasional juga mengatur durasi permainan sepak bola. Lama sepak bola dimainkan dalam waktu 90 menit yang dibagi dalam 2 babak, masing-masing babak lamanya 45 menit. Tiap babak memilki waktu tambahan waktu sesuai keputusan wasit, berkisar antara 1 sampai 5 menit. Dalam format kompetisi sistem gugur, jika pertandingan masih imbang akan dilakukan babak perpanjangan waktu selama 2 x 15 menit. Jika masih imbang akan dilakukan babak adu penalti.

Demikian info mengenai pengertian sepak bola, tujuan sepak bola, teknik dasar sepak bola, posisi pemain sepak bola, sejarah sepak bola, peraturan sepak bola serta lapangan dan durasi sepak bola selengkapnya.

Pengertian Sepak Bola Lengkap Beserta Tujuan dan Teknik Dasarnya | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola