Daftar 10 Kiper Terbaik di Dunia 2017 Terbaru

Kiper adalah salah satu posisi paling vital dalam olahraga sepakbola. Kiper bertugas menghalau serangan lawan dan mengamankan gawang agar tidak kebobolan. Banyak kiper terbaik di dunia yang memiliki skill dan atribut penjaga gawang terhebat. Sejumlah kiper terhebat di dunia banyak berasal dari klub-klub besar Eropa. Kali ini akan dibahas mengenai daftar 10 kiper terbaik di dunia 2017.

Siapakah yang pantas menyandang predikat kiper terbaik di dunia 2017? Tentu tiap pihak mungkin memiliki pendapat yang berbeda. Berdasarkan penghargaan UEFA, kiper Juventus dan timnas Italia, Gianluigi Buffon terpilih sebagai kiper terbaik Eropa mengalahkan Manuel Neuer dan Jan Oblak. Sementara dalam ajang FIFA The Best, tiga kiper terbaik versi FIFA adalah Gianluigi Buffon, Manuel Neuer dan Keylor Navas.

Buffon memang pantas dikedepankan sebagai kiper terbaik di dunia 2017. Ia tampil bagus dengan membawa Juventus meraih 2 gelar (Serie A dan Coppa Italia) serta membawa Juventus ke babak final Liga Champions 2017. Ia bahkan hanya kebobolan 3 gol dalam 12 pertandingan sebelum babak final dengan mencatatkan rekor 9 clean sheets. Kiper lain yang juga tampil baik di tahun 2017 adalah Jan Oblak, Keylor Navas dan tentu saja Manuel Neuer yang menyandang predikat kiper terbaik dunia dalam beberapa tahun terakhir.

Selain itu juga ada kiper-kiper terbaik dari ajang Premier League Liga Inggris. David de Gea (Manchester United), Thibaut Courtois (Chelsea) dan Hugo Lloris (Tottenham) adalah tiga nama kiper kelas dunia dari Liga Inggris. Untuk kategori kiper muda terbaik, Gianluigi Donnarumma dari AC Milan mungkin jadi yang terdepan setelah jadi kiper andalan AC Milan sejak usia 16 tahun.

Untuk itu kali ini kami telah memilih daftar 10 penjaga gawang terbaik di dunia tahun 2017 terbaru. List kiper terbaik di dunia hanya didasarkan pada performa dan trofi sepanjang tahun 2017 tanpa mempertimbangkan di tahun-tahun sebelumnya. Berikut list 10 kiper terbaik di dunia tahun 2017 update terbaru lengkap.

Daftar 10 Kiper Terbaik di Dunia 2017

1. Gianluigi Buffon

kiper terbaik di dunia 2017 buffon

Gianluigi Buffon

Tahun 2017 menjadi salah satu tahun kegemilangan dari Gianluigi Buffon. Di usia yang mencapai 39 tahun, ia masih layak disebut sebagai kiper terbaik di dunia tahun 2017. Buffon meraih 2 gelar bersama Juventus, yakni Liga Italia dan Coppa Italia. Hal ini belum ditambah dengan catatan impresifnya di Liga Champions, dimana ia mencatatkan 9 cleansheets serta hanya kebobolan 3 gol dari 12 pertandingan sebelum babak final. Buffon terpilih sebagai kiper terbaik Eropa versi UEFA dan bahkan menjadi 3 besar pemain terbaik Eropa versi UEFA, hanya kalah dari Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Ia pun menjadi salah satu kiper terbaik sepanjang masa.

2. Jan Oblak

kiper terbaik jan oblak

Jan Oblak

Tak ada yang meragukan kemampuan Jan Oblak dalam menjaga gawang Atletico Madrid. Kiper asal Slovenia ini tampil mengesankan sepanjang tahun 2017. Sejumlah penyelamatan penting ia torehkan, dimana Oblak juga sering menepis tendangan penalti. Meski Atletico gagal meraih 1 gelar pun di tahun 2017, namun Oblak tetap mendapat banyak pengakuan serta termasuk dalam 3 besar kiper terbaik versi UEFA.

3. Manuel Neuer

kiper terbaik manuel neuer

Manuel Neuer

Dalam beberapa tahun terakhir, Manuel Neuer selalu menjadi kiper terbaik no.1 di dunia. Namun di tahun 2017, kiper no. 1 Bayern Munchen dan timnas Jerman ini sedikit mengalami performa. Neuer lebih sering dibekap cedera di tahun 2017 hingga ia jarang tampil. Tercatat Manuel Neuer mengalami 2 cedera panjang, yakni di akhir musim 2016-2017 serta di awal musim 2017-2018. Ia bahkan harus absen antara periode September sampai Desember. Hal itulah yang membuat Neuer harus puas di peringkat 3 dalam daftar ini.

4. Keylor Navas

kiper terbaik keylor navas

Keylor Navas

Nama Keylor Navas mungkin layak jadi salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah Kosta Rika. Ia kembali mencatatkan sejarah dengan menjadi kiper utama Real Madrid saat meraih gelar Liga Champions 2017 ditambah dengan trofi La Liga, Supercoppa de Espana serta UEFA Super Cup. Navas pun selalu tampil baik saat dimainkan dan sudah saatnya ia mendapat pengakuan lebih besar sebagai salah satu kiper terbaik di dunia.

5. David de Gea

kiper terbaik david de gea

David de Gea

Soal kemampuan menjaga gawang, rasanya semua sepakat jika David de Gea adalah salah satu yang terbaik. Kiper Manchester United ini terus menunjukkan konsistensi performa, hingga kini juga jadi kiper no. 1 timnas Spanyol. Ia juga meraih 3 gelar bersama MU di tahun 2017, yaitu Europa League dan EFL Cup. De Gea pun jadi salah satu kiper terbaik Liga Inggris.

6. Thibaut Courtois

kiper terbaik courtois

Thibaut Courtois

Musim 2016-2017, Chelsea sukses kembali jadi juara Premier League. Kiper utama mereka, Thibaut Courtois menjadi salah satu pemain kunci The Blues. Courtois memiliki refleks dan ability yang baik. Ia bahkan sempat ditunjuk sebagai penendang penalti Chelsea di ajang Community Shield lalu meski akhirnya gagal. Courtois juga mampu membawa timnas Belgia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

7. Gianluigi Donnarumma

kiper terbaik gianluigi donnarumma

Gianluigi Donnarumma

Inilah salah satu pemain paling disorot di tahun 2017. Gianluigi Donnaruma merupakan kiper muda berbakat asal Italia yang sudah jadi penjaga gawang utama AC Milan sejak usianya masih 16 tahun. Di bursa transfer lalu, ia sempat diisukan akan dijual ke Real Madrid, meski akhirnya memutuskan untuk bertahan. Donnarumma disebut-sebut sebagai kiper masa depan Italia penerus kiper gaek Gianluigi Buffon.

8. Hugo Lloris

kiper terbaik lloris

Hugo Lloris

Nama Hugo Lloris juga tak boleh dilewatkan dalam daftar kiper terbaik di dunia tahun 2017 ini. Ia termasuk kiper senior dengan kemampuan goalkeeping yang baik. Lloris juga dikenal sebagai pemain dengan leadership tinggi. Terbukti, ia dipercaya sebagai kapten baik bersama klub Tottenham Hotspur maupun saat bersama timnas Prancis.

9. Marc-Andre Ter Stegen

kiper terbaik ter stegen

Marc-Andre Ter Stegen

Kiper utama Barcelona ini terus menunjukkan peningkatan performa dari tahun ke tahun. Marc-Andre Ter Stegen selalu memberi kontribusi maksimal saat dibutuhkan. Ia juga jadi kiper kedua timnas Jerman setelah Manuel Neuer. Ter Stegen bahkan jadi kiper utama timnas Jerman saat jadi juara Piala Konfederasi 2017 lalu.

10. Ederson Moraes

kiper terbaik ederson

Ederson Moraes

Salah satu kiper yang mencuri perhatian di tahun 2017. Ederson mengawali paruh pertama tahun 2017 dengan bermain gemilang bersama Benfica termasuk meraih gelar juara Liga Portugal. Ederson kemudian dibeli oleh klub Inggris, Manchester City dengan harga mahal. Ia bahkan jadi kiper termahal kedua sepanjang masa setelah Gianluigi Buffon. Ederson pun langsung jadi andalan di tim barunya ini.

Kiper terbaik di dunia 2017 lainnya :

  • Danijel Subasic (AS Monaco/Kroasia)
  • Oliver Baumann (Hoffenheim/Jerman)
  • Samir Handanovic (Inter Milan/Slovenia)
  • Yoan Cardinale (OGC Nice/Prancis)
  • Sergio Rico (Sevilla/Spanyol)
  • Petr Cech (Arsenal/Republik Ceko)
  • Anthony Lopes (Lyon/Portugal)
  • Pepe Reina (Napoli/Spanyol)
  • Roman Burki (Dortmund/Swiss)
  • Wojciech Szczesny (AS Roma & Juventus/Polandia)
  • Rui Patricio (Sporting Lisbon/Portugal)
  • Claudio Bravo (Manchester City/Chili)
  • Etrit Berisha (Atalanta/Albania)
  • Ralf Fahrmann (Schalke/Jerman)

Itulah info list daftar 10 kiper terbaik di dunia 2017/2018 terbaru. Buffon, Neuer, Oblak atau De gea masih jadi yang terdepan jika menyusun list penjaga gawang terbaik yang paling konsisten. Tentu banyak juga kiper muda terbaik yang bermunculan seperti Donnarumma atau Ederson. Menarik melihat siapa yang akan jadi kiper terbaik di dunia 2018 nanti.

Daftar 10 Kiper Terbaik di Dunia 2017 Terbaru | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola