10+ Kiper Terbaik di Dunia Saat Ini (2022) yang Paling Hebat

10+ Kiper Terbaik di Dunia Saat Ini (2022) yang Paling Hebat

Kiper adalah salah satu posisi paling vital dalam olahraga sepakbola. Kiper bertugas menghalau serangan lawan dan mengamankan gawang agar tidak kebobolan. Banyak kiper terbaik di dunia yang memiliki skill dan atribut penjaga gawang terhebat. Sejumlah kiper hebat memang banyak berasal dari klub-klub besar Eropa.

Siapakah yang pantas menyandang predikat kiper terbaik di dunia tahun 2022 ini? Tentu tiap pihak mungkin memiliki pendapat yang berbeda. Nama-nama seperti Jan Oblak, Alisson Becker, Thibaut Courtois hingga Manuel Neuer kerap menghiasi penghargaan kiper terbaik dunia dalam beberapa tahun terakhir.

Nama kiper-kiper hebat lain contohnya seperti Ederson Moraes, Wojciech Szczesny, Edouard Mendy, dan Keylor Navas. Sementara untuk kategori kiper muda terbaik, nama-nama seperti Gianluigi Donnarumma, Alex Meret, Dean Henderson, dan Unai Simon pantas dikedepankan.

Di sisi lain juga ada beberapa kiper top yang performanya menurun drastis, sehingga terlempar dari jajaran kiper kelas dunia. Contoh kiper top yang performanya menurun misalnya seperti Marc-Andre ter Stegen, Samir Handanovic, Hugo Lloris, David De Gea hingga Gianluigi Buffon yang kian uzur.

(baca juga bek terbaik di dunia 2022)

10 Kiper Terbaik di Dunia 2022

Untuk itu kali ini kami telah memilih daftar 10 penjaga gawang terbaik di dunia tahun ini. List berikut hanya didasarkan pada performa dalam setahun terakhir saja, tanpa mempertimbangkan performa di tahun-tahun sebelumnya.

1. Thibaut Courtois

kiper terbaik di dunia 2018 courtois

Klub : Real Madrid
Negara : Belgia

Thibaut Courtois layak dinobatkan sebagai kiper terbaik saat ini. Ia menjadi figur penting dalam kesuksesan Real Madrid menjadi juara Liga Champions musim 2021-2022, bahkan menjadi man of the match di babak final. Penampilan kiper andalan timnas Belgia ini pun kian konsisten dengan berbagai penyelematan penting yang ia lakukan di tiap laga.

2. Alisson Becker

Klub : Liverpool
Negara : Brasil

Alisson Becker menjadi salah satu penjaga gawang terbaik dalam beberapa musim terakhir. Kiper andalan Liverpool ini menjadi pemain kunci dalam kesuksesan Liverpool menyabet trofi di beberapa musim terakhir, termasuk saat sukses menyabet trofi Liga Champions Eropa di musim 2018-2019. Ia juga rutin menjadi kiper utama timnas Brasil.

3. Manuel Neuer

Klub : Bayern Munchen
Negara : Jerman

Dalam beberapa tahun terakhir, Manuel Neuer memegang predikat sebagai kiper terbaik dunia. Penampilan apik Bayern Munchen pun tak lepas dari kontribusinya di bawah mistar gawang. Ia jadi kapten Bayern saat meraih treble winners musim 2019-2020, termasuk saat menjadi juara Liga Champions. Neuer bahkan jadi salah satu kiper terbaik sepanjang masa.

4. Mike Maignan

Klub : AC Milan
Negara : Prancis

Mike Maignan menjadi salah satu kiper paling underrated saat ini. Kiper yang kini membela AC Milan ini sukses membawa mantan klubnya, Lille menjadi juara Liga Prancis musim 2020-2021. Ia juga menjadi kiper terbaik Serie A musim 2021-2022 dimana Milan sukses meraih scudetto. Ia pun digadang-gadang menjadi kiper masa depan timnas Prancis.

5. Gianluigi Donnarumma

pemain terbaik euro 2020 gianluigi donnarumma

Klub : PSG
Negara : Italia

Gianluigi Donnarumma dikenal sebagai sensasi saat menjadi kiper utama AC Milan di usia 16 tahun. Ia mempertahankan performanya dalam beberapa tahun ke depan sebagai kiper muda terbaik dunia. Donnarumma sukses membawa timnas Italia jadi juara Piala Eropa 2020, bahkan terpilih sebagai pemain terbaik turnamen. Kini ia memperkuat klub Prancis, PSG.

6. Jan Oblak

Klub : Atletico Madrid
Negara : Slovenia

Tak ada yang meragukan kemampuan Jan Oblak dalam menjaga gawang Atletico Madrid. Kiper asal Slovenia ini memang selalu tampil mengesankan. Sejumlah penyelamatan penting ia torehkan, sehingga Atletico Madrid kerap menjadi salah satu tim paling sedikit kebobolan di 5 liga top Eropa dalam beberapa musim terakhir. Nama Jan Oblak pun masuk jajaran elit sebagai salah satu penjaga gawang terbaik.

7. Ederson Moraes

kiper terbaik ederson

Klub : Manchester City
Negara : Brasil

Ederson merupakan kiper utama Manchester City yang sukses meraih gelar juara Liga Inggris musim ini. Kiper asal Brasil ini dikenal memiliki kemampuan menjaga gawang yang mumpuni, ditambah kemampuan passing yang bagus. Pertahanan Manchester City menjadi lebih aman saat Ederson berada di bawah gawangnya.

8. Edouard Mendy

Klub : Chelsea
Negara : Senegal

Edouard Mendy merupakan kiper Chelsea dan timnas Senegal. Ia menjadi pemain kunci The Blues ketika menjadi juara Liga Champions musim 2020-2021. Mendy memiliki kemampuan menjaga gawang hebat dengan refleks yang bagus. Ia menjadi salah satu kiper terbaik di Premier League saat ini.

9. Wojciech Szczesny

Klub : Juventus
Negara : Polandia

Performa Wojciech Szczesny kian menunjukkan performa bagus bersama Juventus. Kiper timnas Polandia ini konsisten melakukan penyelamatan bagus. Ia juga dikenal sering melakukan penyelamatan saat tendangan penalti. Meski tak begitu menonjol, namun Szczesny layak masuk jajaran kiper elit di Liga Italia saat ini.

10. Emiliano Martinez

pemain terbaik copa america 2021 emi martinez

Klub : Aston Villa
Negara : Argentina

Emiliano Martinez menjadi kiper yang naik daun dalam beberapa musim terakhir. Performa hebatnya bersama Aston Villa menjadikannya sebagai salah satu kiper terbaik Premier League musim lalu sampai saat ini. Ia juga menjadi kiper utama timnas Argentina saat menjadi juara Copa America 2021.

Kiper terbaik di dunia 2022 lainnya :

  • Aaron Ramsdale (Arsenal, Inggris)
  • Yassine Bono (Sevilla, Maroko)
  • Unai Simon (Athletic Bilbao, Spanyol)
  • Alex Remiro (Real Sociedad, Spanyol)
  • Jose Sa (Wolves, Portugal)
  • Kevin Trapp (Eintracht Frankfurt, Jerman)
  • Hugo Lloris (Tottenham, Prancis)
  • David Ospina (Napoli, Kolombia)
  • Mark Flekken (Freiburg, Belanda)
  • Odysseas Vlachodimos (Benfica, Yunani)
  • Rui Patricio (AS Roma, Portugal)
  • Yann Sommer (Monchengladbach, Swiss)
  • Jordan Pickford (Everton, Inggris)
  • Diogo Costa (Porto, Portugal)

Itulah info daftar 10 kiper terbaik di dunia saat ini. Courtois, Alisson atau Neuer masih jadi yang terdepan jika menyusun list penjaga gawang terbaik yang paling konsisten. Tentu banyak juga kiper muda terbaik yang bermunculan seperti Donnarumma atau Diogo Costa. Menarik melihat siapa yang akan jadi kiper terbaik di dunia 2023 nanti.

Satu pemikiran pada “10+ Kiper Terbaik di Dunia Saat Ini (2022) yang Paling Hebat”

Tinggalkan komentar