Sejarah Berdirinya FIFA, Badan Sepakbola Internasional

FIFA merupakan badan sepakbola internasional yang diakui dunia. FIFA merupakan singkatan dari Federation Internationale de Football Association yang diambil dari bahasa Prancis. Selain sepakbola, FIFA juga menaungi sejumlah jenis olahraga sepakbola seperti futsal, sepakbola pantai dan sepakbola wanita. Markas FIFA terletak di Zurich, Swiss. FIFA bertanggungjawab untuk menggelar beberapa event sepakbola internasional, dimana yang paling bergengsi adalah Piala Dunia FIFA yang digelar sejak tahun 1930.

Olahraga sepakbola sendiri sebenarnya sudah ada sejak abad 19 di tahun 1800-an, namun saat itu belum ada otoritas sepakbola dunia yang menaungi. FIFA sendiri baru dibentuk pada tahun 1904. Lantas bagaimana sejarah FIFA bisa berdiri dan terbentuk seperti sekarang? Negara mana saja yang menjadi anggota awal FIFA saat pertama kali terbentuk? Lalu siapakah presiden FIFA pertama?

kongres FIFA

Kongres FIFA di Tokyo, 1964

Sejarah FIFA

Sepakbola internasional sudah dimainkan sejak tahun 1872 saat Inggris berhadapan dengan Skotlandia. Sebelum abad 20, memang sepakbola hanya populer di negara-negara Britania Raya saja, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Namun memasuki abad 20 di tahun 1900, sepakbola menjadi populer secara global. Hal ini yang mendorong dibutuhkannya suatu badan khusus sepakbola yang menaungi.

Maka dari itu, pada tanggal 21 Mei 1904 dibentuklah FIFA, suatu organisasi khusus yang menjadi badan sepakbola dunia. FIFA merupakan singkatan dari Federation Internationale de Football Association. Bahasa Prancis dipilih karena FIFA didirikan di kota Paris, Prancis. Saat itu, anggota awal yang melakukan pembentukan FIFA hanya terdiri dari beberapa negara Eropa saja, yaitu Belgia, Denmark, Prancis, Jerman, Belanda, Spanyol, Swedia dan Swiss. Kini, anggota FIFA mencapai lebih dari 200 tim nasional dari 6 konfederasi yang berbeda.

FIFA memutuskan markasnya bertempat di Zurich, Swiss. Presiden FIFA pertama saat itu adalah Robert Guerin, yang pada tahun 1906 langsung diganti oleh Daniel Burley Woolfall. Ajang turnamen pertama yang diorganisir oleh FIFA adalah cabang sepakbola di Olimpiade tahun 1908. Setelah itu, anggota FIFA mulai meluas ke benua lain seperti Amerika Utara, Amerika Selatan dan Afrika

Meski sempat terancam bubar karena adanya Perang Dunia I di tahun 1910-an, nyatanya FIFA mampu bertahan, terutama berkat jasa presiden FIFA berikutnya yaitu Dutchman Carl Hirschmann. FIFA pun berkembang kian luas. Di tahun 1930, akhirnya terselenggara Piala Dunia FIFA pertama yang menjadi ajang sepakbola internasional terbesar. Hal ini bisa berlangsung berkat presiden FIFA saat itu, Jules Rimet. Sementara Piala Dunia Wanita baru mulai terselenggara mulai tahun 1991.

Sejarah Berdirinya FIFA, Badan Sepakbola Internasional | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola