Sejarah Piala Dunia FIFA, Turnamen Sepakbola Terbesar

Piala Dunia merupakan ajang sepakbola internasional terbesar di dunia. Turnamen ini digelar empat tahun sekali dan diselenggarakan oleh FIFA selaku badan sepakbola tertinggi di dunia. Piala Dunia FIFA memiliki nama resmi yaitu FIFA World Cup. Tiap negara berpartisipasi melalui tahap kualifikasi hingga putaran final untuk memperebutkan trofi juara dunia. Meski begitu turnamen ini memiliki sejarah panjang hingga menjadi event olahraga terpopuler, bahkan melebihi Olimpiade. Berikut info mengenai History of World Cup atau sejarah Piala Dunia dari turnamen awal di tahun 1930 hingga sekarang.

Sejarah Piala Dunia

Jauh sebelum Piala Dunia pertama diadakan pada tahun 1930, pertandingan sepakbola internasional pertama sudah diadakan di tahun 1872. Saat itu Inggris bertemu dengan dengan Skotlandia. Sepakbola pun mulai populer di seluruh dunia saat memasuki tahun 1900. Banyak tim nasional dari negara selain Britania Raya yang mulai terbentuk. FIFA kemudian dibentuk pada 22 Mei 1904 selaku otoritas sepakbola internasional.

Popularitas sepakbola membuat olahraga ini mulai masuk dalam agenda Olimpiade. Ya, sepakbola menjadi salah satu cabang olahraga resmi di ajang olahraga terbesar, Olimpiade. Meski FIFA sempat berencana membuat turnamen antar negara sendiri di luar Olimpiade, namun hal itu belum bisa terwujud.

Pada tahun 1914, FIFA pun setuju untuk mengorganisasi turnamen sepakbola pada Olimpiade. Mulai Olimpiade 1920, cabang olahraga sepakbola menjadi turnamen sepakbola internasional tidak resmi. Belgia menjadi juara di tahun 1920, sedangkan Uruguay memenangkan medali emas Olimpiade di tahun 1924 dan 1928.

FIFA kemudian memutuskan untuk menyelenggarakan turnamen sepakbola sendiri. Hal ini berkaitan dengan keputusan IOC, penyelenggara Olimpiade untuk menghilangkan cabang olahraga sepakbola di Olimpiade 1932 di Amerika Serikat, karena popularitas sepakbola yang rendah di Amerika. Presiden FIFA saat itu, Jules Rimet pun segera menyusun sistem kompetisi baru yang diberi FIFA World Cup atau Piala Dunia FIFA.

Timnas Uruguay di Piala Dunia 1930

Timnas Uruguay di Piala Dunia 1930

Piala Dunia Pertama

Uruguay ditunjuk sebagai tuan rumah di penyelenggaran turnamen Piala Dunia pertama di tahun 1930, sebagai juara dunia tak resmi karena memenangkan dua medali emas sepakbola di dua Olimpiade terakhir. Meski sempat bermasalah, terutama karena transportasi yang membuat beberapa negara Eropa tak berpartisipasi, namun akhirnya ajang Piala Dunia pertama pun terselenggara. Uruguay keluar sebagai juara dengan mengalahkan Argentina di babak final. Piala Dunia 1930 diikuti oleh 13 tim kontestan.

Selanjutnya FIFA menggelar turnamen ini empat tahun sekali. Tiap timnas negara anggota FIFA, yang jumlahnya kini lebih dari 200 negara, bisa berpartisipasi lewat babak kualifikasi. Hingga kini, Piala Dunia menjadi turnamen sepakbola internasional terbesar yang paling populer. Negara-negara unggulan seperti Brasil, Italia, Jerman, Argentina atau Uruguay sudah pernah menjadi juara dunia lebih dari satu kali.

Tags:
Sejarah Piala Dunia FIFA, Turnamen Sepakbola Terbesar | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola