Daftar Tim Nasional Sepakbola yang Bukan Anggota FIFA

FIFA adalah badan sepakbola asosiasi internasional, yang bertugas mengawasi sepakbola secara global dan dengan mencalonkan diri sebagai perwakilan internasional. Namun, beberapa sepakbola internasional berlangsung di luar ratifikasinya. Hal ini sering terjadi dengan melibatkan entitas suatu negara yang bersifat non-independen seperti pulau, koloni atau daerah otonom. Alhasil terdapat beberapa negara sepakbola yang belum tergabung dalam FIFA dan telah melangsungkan pertandingan internasional non-resmi.

Pertandingan perwakilan juga terjadi yang melibatkan negara-negara yang belum mendapat pengakuan internasional, misalnya negara negara yang belum tergabung dalam organisasi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Hal ini menyebabkan ada negara yang tidak dapat lolos kekeanggotaan FIFA. Meski begitu, negara ini tetap memiliki tim nasional masing-masing.

Ada juga sejumlah negara bagian yang tim perwakilannya tidak berafiliasi dengan FIFA. Mereka memang memiliki timnas sendiri, namun tidak tergabung dalam FIFA sehingga tidak diakui secara internasional. Secara historis, sejumlah kompetisi bisa saja terjadi di luar ajang FIFA yang melibatkan timnas non-FIFA. Berikut ini merupakan daftar tim nasional bukan anggota FIFA atau negara non-FIFA yang ada sekarang.

Timnas Britania Raya

Timnas Britania Raya di Olimpiade 2012

Daftar Timnas Negara Bukan Anggota FIFA

  1. F.S. Micronesia
  2. Monako
  3. Nauru
  4. Palau
  5. Britania Raya (memiliki timnas yang hanya bertanding di ajang Olimpiade, dalam sepakbola profesional FIFA, Britania Raya dipecah menjadi empat tim, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara)
  6. Vatican City
  7. Abkhazia
  8. Nagomo-Karabakh
  9. Siprus Utara
  10. Somaliland
  11. Ossetia Selatan
  12. Sahara Barat
  13. Katalunya (bagian dari Spanyol)

Tim sepakbola nasional yang termasuk dalam list di atas bukan merupakan anggota FIFA, atau konfederasi benua afiliasinya. Contohnya Britania Raya, yang hanya berkompetisi di Olimpiade, meski di kompetisi FIFA diwakili oleh empat negara berbeda yaitu Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Tim nasional bukan anggota FIFA tersebut tidak memenuhi syarat untuk memasuki Piala Dunia FIFA atau kejuaraan konfederasi kontinental. Beberapa memiliki timnas namun juga ada negara non-FIFA yang tidak memiliki timnas, seperti Vatican City atau Monako. Statuta FIFA tidak mengizinkan tim anggota untuk bersaing dengan pihak-pihak tersebut tanpa izin FIFA sebelumnya.

Daftar Tim Nasional Sepakbola yang Bukan Anggota FIFA | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola