Tentang International Football Association Board (IFAB)

International Football Association Board (IFAB) adalah badan kepengurusan yang menentukan aturan permainan sepak bola. Organisasi International Football Association Board ini pertama kali dibentuk pada abad 19 lalu, tepatnya yaitu pada tahun 1886. Wilayah yang dinaungi oleh International Football Association Board ini mencakup seluruh dunia. IFAB pun menjadi salah satu badan sepakbola penting untuk mengatur segala aturan dan regulasi The Law of Game sepakbola.

Anggota IFAB

Terdapat lima anggota federasi tetap dari International Football Association Board. Lima anggota tersebut adalah FA (Football Association/Asosiasi Sepakbola Inggris), SFA (Scottish Football Association/Asosiasi Sepakbola Skotlandia), FAW (Football Association of Wales/Asosiasi Sepakbola Wales), IFA (Irish Football Association/Asosiasi Sepakbola Irlandia Utara) serta FIFA (Football Internationale de Football Association/asosiasi sepakbola seluruh dunia).

logo IFAB

Lima anggota tersebut merupakan anggota tetap dan tidak akan berubah. Terdiri dari empat federasi sepakbola dari Britania Raya, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara, yang merupakan empat federasi sepakbola tertua. Keempatnya yang merupakan negara negara Home Nations dari Britania Raya sebagai negara yang pertama mengembangkan sepakbola. Sebagai tambahan, juga anggota lain yaitu FIFA selaku badan sepakbola dunia.

Tugas IFAB

IFAB bertugas untuk mengatur aturan permainan sepakbola. Regulasi baru tentang sepakbola pun terus dikembangkan oleh IFAB karena sepakbola merupakan olahraga yang mengikuti perkembangan zaman. Tentu jika dibandingkan, regulasi dan aturan sepakbola sekarang akan jauh berbeda dengan di era klasik lalu. Pembaruan regulasi juga bertujuan untuk mengembangkan permainan dan membuat sepakbola menjadi lebih seru.

Setiap asosiasi di Britania Raya tersebut memiliki satu hak suara sementara FIFA memiliki empat hak suara. Musyawarah IFAB harus disetujui oleh tiga perempat suara, yang diterjemahkan menjadi setidaknya enam suara. Dengan demikian, persetujuan FIFA wajib diperlukan untuk setiap keputusan IFAB.

Meski begitu, FIFA sendiri tidak dapat mengubah aturan permainan sepakbola. yang perlu disepakati oleh setidaknya dua anggota asosiasi dari Britania Raya. Terdapat juga persyaratan kuorum bahwa setidaknya empat dari lima anggota, dengan salah satunya harus FIFA, harus hadir agar sebuah pertemuan dapat dilaksanakan.

Tentang International Football Association Board (IFAB) | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola