Biografi Joan Gamper, Tokoh Pendiri Klub Barcelona

Joan Gamper merupakan seorang tokoh sepakbola asal Swiss yang dikenal sebagai presiden klub Barcelona dan FC Zurich. Ia lahir dengan nama lengkap Hans Max Gamper-Haessig pada 22 November 1877 dan meninggal pada 30 Juli 1930. Ia memang dikenal sebagai pendiri klub FC Barcelona asal Spanyol, yang kini menjadi salah satu klub terbaik di dunia. Ia juga menjadi presiden pertama klub tersebut. Gamper juga berkontribusi untuk persepakbolaan di Swiss, dengan mendirikan klub Zurich dan menjadi kapten pertama Basel. Namanya diabadikan sebagai nama turnamen pra-musim Barcelona, Joan Gamper Trophy. Berikut info profil dan biografi Joan Gamper selengkapnya.

Biodata Joan Gamper

Nama lengkap : Hans-Max Gamper
Tempat lahir : Winterthur, Swiss
Tanggal lahir : 22 November 1877
Tempat meninggal : Barcelona, Spanyol
Tanggal meninggal : 30 Juli 1930 (usia 52 tahun)
Kebangsaan : Swiss, Jerman
Profesi : Pebisnis, atlet, pesepakbola, presiden klub

Joan Gamper

Joan Gamper

Biografi Joan Gamper

Joan Gamper dikenal menyukai olahraga sejak kecil. Ia gemar bermain sepakbola, rugby, tennis dan golf. Ia kemudian memulai karir sepakbola dan terkenal sebagai pesepakbola di Swiss, dimana ia dikenal sebagai kapten pertama klub sepakbola FC Basel. Gamper kemudian menjadi co-founder dari klub Swiss lain, FC Zurich. Selain sepakbola, ia juga menjajal olahraga lain. Gamper pernah menjadi pemain rugby di Athletique Union di Lyon, Prancis.

Di tahun 1899, ia pergi ke rumah pamannya di kota Barcelona, Spanyol. Ia pun menetap lama di sana dan sempat bekerja sebagai seorang akuntan dan jurnalis olahraga di koran lokal. Gamper sempat memasang iklan di koran lokal Los Deportes dimana ia ingin mendirikan klub sepakbola di Barcelona. Iklan ini direspon secara positif oleh beberapa responden lain yang tertarik. Akhirnya pada tanggal 29 November 1899, lahirlah klub FC Barcelona. Banyak yang beranggapan bahwa warna kebesaran merah-biru Barcelona terinspirasi oleh klub Basel yang pernah dibela oleh Gamper.

Saat mendirikan klub Barcelona, usia Gamper masih 22 tahun sehingga ia masih ingin bermain bersama klub tersebut. Ia bermain bersama Barcelona mulai tahun 1899 sampai 1903 dengan mencetak lebih dari 100 gol di laga tak resmi. Barcelona kemudian dibawa meraih gelar juara dalam sejarah klub, yaitu Copa Macaya pada tahun 1901. Setahun berikutnya Barcelona menjadi runner up Copa del Rey.

Pada tahun 1908, Joan Gamper menjadi presiden pertama Barcelona. Ia menjadi presiden dalam lima periode berbeda yaitu 1908-1909, 1910-1913, 1917-1919, 1921-1923 dan 1924-1925. Gamper pun ingin Barcelona memiliki stadion sendiri. Ia mengumpulkan dana hingga Barcelona pindah ke Stadion Carrer Industria sejak tahun 1909 dan kemudian pindah lagi ke Les Corts dengan kapasitas awal 20.000. Gamper sempat membawa Barcelona dalam masa kejayaan di era 1910-an dan 1920-an.

Joan Gamper kemudian meninggal pada 30 Juli 1930. Ia diduga meninggal karena bunuh diri akibat depresi di akhir hidupnya. Masalah personal dan masalah uang diduga jadi penyebabnya depresi. Namanya pun tetap dikenang sebagai founder Barcelona dan salah satu tokoh sepakbola yang berpengaruh. Namanya juga dijadikan nama turnamen pra-musim Joan Gamper Trophy yang digelar tiap tahun.

Tags:
Biografi Joan Gamper, Tokoh Pendiri Klub Barcelona | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola