Biografi Guillermo Stabile, Top Skor Piala Dunia Pertama

Guillermo Stabile merupakan mantan pemain dan pelatih sepakbola Argentina. Saat dahulu bermain, ia berposisi sebagai penyerang. Klub terakhir tempat ia bermain adalah Red Star Paris. Sementara, klub terakhir yang ia latih adalah Racing Club. Di level klub, Stabile memenangkan dua kejuaraan nasional dengan Huracán dan bermain di Italia dan Prancis. Dia adalah pencetak gol terbanyak Piala Dunia 1930 yang pertama. Sebagai manajer, dia membawa Argentina meraih kemenangan di enam Kejuaraan Amerika Selatan atau Copa America dan membawa klub pinggiran kota Buenos Aires Racing Club juara tiga kali. Dia bermain selama tujuh tahun di River Plate dan dia mencetak 417 gol. Berikut info profil dan biografi Guillermo Stabile, pemainlegenda Argentina ini.

Biodata Guillermo Stabile

Nama lengkap : Guillermo Stabile
Tempat lahir : Buenos Aires, Argentina
Tanggal lahir : 17 Januari 1905
Tempat meninggal : Buenos Aires, Argentina
Tanggal lahir : 27 Desember 1966
Kebangsaan : Argentina
Tinggi : 168 cm
Posisi : Penyerang

Guillermo Stabile (Argentina)

Biografi Guillermo Stabile

Stábile lahir di Parque Patricios, Buenos Aires, Argentina. Dia memulai karirnya dengan klub lokal Sportivo Metán dan sejak tahun 1920 bermain dengan klub Huracán. Pada tahun 1924, ia maju ke tim pertama yang bermain di liga papan atas Argentina, yang saat itu masih berstatus kompetisi amatir. Awalnya dia bermain di posisi sayap kanan tapi segera berkembang menjadi penyerang. Stábile memenangkan banyak kompetisi dengan Huracán, terutama kejuaraan 1925 dan 1928 dan trofi regional Copa Dr. Carlos Ibarguren pada tahun 1925.

Stabile memulai debutnya untuk tim nasional Argentina pada usia 25, dalam pertandingan kedua timnya di Piala Dunia FIFA pertama yang diadakan pada tahun 1930 di Uruguay. Dia tidak bermain dalam pertandingan pertama Argentina melawan Prancis. Debutnya datang dalam pertandingan berikut melawan Meksiko karena striker pilihan pertama Roberto Cherro tidak bisa bermain karena serangan kecemasan. Pertandingan berakhir 6-3 ke Argentina, dengan Stábile mencetak hat-trick pada debutnya.

Di pertandingan terakhir babak grup, Argentina menghadapi rival Amerika Selatan Chili. Mereka memenangkan pertandingan 3-1 dengan dua gol dari Stábile, yang membawa Argentina lolos ke semifinal, melawan Amerika Serikat. Argentina kemudian lolos ke final dengan kemenangan 6-1 dimana Stábile mencetak dua gol.

Pada tanggal 30 Juli 1930, final Piala Dunia yang pertama berlangsung, antara Argentina dan Uruguay. Stábile berhasil mencetak dua gol lagi, namun Argentina akhirnya harus kalah 4-2 dari Uruguay yang menjadi juara. Meski kalah dalam final, Stábile membuat sejarah, menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia FIFA yang pertama, dengan total 8 gol dalam 4 pertandingan.

Setelah merebut perhatian dunia dengan prestasi mengesankannya di Piala Dunia Pertama, dia bergabung bersama klub Italia, Genoa. Dia langsung menjadi favorit penggemar, mencetak hat-trick dalam debutnya melawan rival Bologna. Dia bermain bersama klub Genoan selama lima tahun, bermain 41 pertandingan dan mencetak 16 gol, sebelum kemudian pindah ke Napoli.

Di penghujung karirnya, Stábile pindah ke Red Star Paris di Paris, klub yang didirikan oleh Jules Rimet, yang berjasa mengusulkan Piala Dunia pertama pada tahun 1930. Dia bermain bersama klub tersebut sampai 1939 dengan prestasi terakhir dalam karir bermainnya yaitu membantu klub meraih promosi, dari Divisi 2 kembali ke Divisi 1. Dia juga berperan sebagai pemain manajer klub.

Karir Klub Guillermo Stabile

1924-1930 – Huracan
1930-1934 – Genoa
1934-1935 – Napoli
1935-1936 – Genoa
1936-1939 – Red Star Paris

Caps Timnas Argentina : 4 main, 8 gol

Penghargaan Guillermo Stabile

Huracan
Primera Division – 2 kali (1925, 1928)
Copa Dr. Carlos Ibarguren (1925)

Timnas Argentina
Top Skor Piala Dunia (1930)
FIFA World Cup All-Star Team (1930)

Penghargaan Individu
Top Skor Piala Dunia (1930)
FIFA World Cup All-Star Team (1930)

Sebagai Pelatih
Argentina – Copa America (8 kali)
Racing Club – Primera Division (3 kali)

Biografi Guillermo Stabile, Top Skor Piala Dunia Pertama | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola