Daftar Tim Promosi-Degradasi di Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 [Lengkap]

Daftar Tim Promosi-Degradasi di Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 [Lengkap]

Tim promosi-degradasi Liga Indonesia – Tiap tahun, perebutan gelar juara Liga Indonesia selalu seru untuk disimak. Namun satu hal yang juga tak kalah menarik adalah melihat tim-tim yang terdegradasi ke Liga 2. Di lain sisi, perebutan tiket promosi ke Liga 1 di kompetisi Liga 2 Indonesia juga tak kalah seru disaksikan.

Liga Indonesia tahun 2019 telah berakhir dengan Bali United keluar sebagai juara Liga Indonesia, mengungguli para pesainganya seperti Borneo FC, Persipura Jayapura, Madura United, Persebaya Surabaya, dan Persib Bandung dengan selisih poin yang cukup jauh.

Lantas siapa saja tim-tim yang terdegradasi ke Liga 2 di tahun 2020 nanti? Dua tim promosi musim lalu, Semen Padang dan Kalteng Putra harus kembali terdegradasi ke Liga 2 musim 2020 mendatang. Sementara 1 tim lain yang terdegradasi adalah Badak Lampung FC, yang dulu dikenal sebagai Perseru Serui.

Di Liga 2, Persik Kediri berhasil menjadi juara dan mampu promosi ke Liga 1 tahun 2020. Dua tim lain yang promosi ke Liga 1 adalah Persita Tangerang dan Persiraja Banda Aceh. Nah di bawah ini akan dibagikan info tim-tim yang promosi dan degradasi di Liga 1, Liga 2 dan Liga 3.

(baca juga tim promosi-degradasi liga Eropa)

tim promosi degradasi liga indonesia

Tim Promosi-Degradasi Liga Indonesia

Berikut ini adalah tim-tim yang promosi dan degradasi di semua tingkatan kasta liga sepak bola Indonesia dari mulai Liga 1, Liga 2 dan Liga 3.

LIGA 1 INDONESIA

Tiga tim terbawah di klasemen Liga 1 Indonesia harus rela terdegradasi ke Liga 2 tahun depan, yakni tim peringkat 16, 17 dan 18.

Tim Degradasi ke Liga 2

  1. Badak Lampung FC
  2. Semen Padang
  3. Kalteng Putra

Tiga tim yang terdegradasi dari Liga 1 Indonesia menuju ke Liga 2 tahun 2020 mendatang adalah Badak Lampung FC, Semen Padang, dan Kalteng Putra. Padahal Semen Padang dan Kalteng Putra baru saja promosi musim lalu, namun hanya 1 musim bertahan sebelum degradasi ke Liga 2 lagi.

Sementara Badak Lampung FC akhirnya terdegradasi. Sebelumnya saat masih bernama Perseru Serui, klub ini selalu lolos dari ancaman degradasi meski kerap berkutat di papan bawah.

LIGA 2 INDONESIA

Tiga tim Liga 2 berhak promosi ke Liga 1 tahun depan. Juara dan runner up di babak final mendapat tiket promosi, didampingi satu tim pemenang perebutan tempat ketiga.

Sementara itu ada 5 tim yang harus degradasi ke Liga 3 Indonesia tahun depan. Lima tim tersebut adalah tim yang menempati 3 peringkat terendah di wilayah barat dan 2 peringkat terendah di wilayah timur.

Tim Promosi ke Liga 1

  1. Persik Kediri
  2. Persita Tangerang
  3. Persiraja Banda Aceh

Tiga tim yang berhasil promosi ke Liga 1 Indonesia 2020 mendatang adalah Persik Kediri, Persita Tangerang, dan Persiraja Banda Aceh. Persik Kediri berhasil menjadi juara Liga 2 2019 dan akan menjadi kandidat serius untuk mendobrak papan atas Liga Indonesia musim depan.

Sebelumnya Persik dikenal sebagai klub papan atas Liga Indonesia di tahun 2000an, yang sudah meraih 2 trofi juara Liga Indonesia. Persita Tangerang juga dikenal sebagai klub top di awal tahun 2000an. Sementara Persiraja Banda Aceh sukss promosi usai mengalahkan klub favorit, Sriwijaya FC pada babak play-off perebutan tempat ketiga Liga 2.

Tim Degradasi ke Liga 3

  1. PSGC Ciamis
  2. Persibat Batang
  3. Bandung United
  4. Madura FC
  5. Persatu Tuban
  6. PSMP Mojokerto Putra

Sebanyak 5 tim harus rela terdegradasi ke Liga 3 tahun depan, yakni PSGC Ciamis, Persibat Batang, dan Bandung United dari wilayah barat, serta Madura FC dan Persatu Tuban dari wilayah timur. Sementara PSMP Mojokerto Putra juga terdegradasi ke Liga 3 setelah sempat dihukum akibat kasus pengaturan skor di tahun 2018.

LIGA 3 INDONESIA

Ada 6 tiket promosi dari Liga 3 ke Liga 2 yang diperebutkan. Proses menuju promosi cukup panjang karena banyaknya jumlah tim, dimulai dari kompetisi tingkat regional/provinsi hingga tingkat nasional.

Tim Promosi ke Liga 2

  1. Persijap Jepara
  2. PSKC Cimahi
  3. Tiga Naga Riau
  4. Putra Sinar Giri Gresik
  5. Persekat Tegal
  6. Semeru FC Lumajang

Sebanyak 6 tim dari Liga 3 berhasil promosi ke Liga 2 musim 2020, termasuk juara Liga 3, Persjap Jepara, serta runner up Liga 3, PSKC Cimahi. Empat tim lain yang promosi ke Liga 3 adalah KS Tiga Naga Riau, Putra Sinar Giri Gresik, Persekat Tegal, dan Semeru FC Lumajang.

Nah itulah daftar klub yang promosi dan degradsi di Liga Indonesia pada semua jenjang kasta, dari mulai Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 untuk tahun 2019 menuju ke tahun 2020.

Tinggalkan komentar