Daftar Tim Promosi-Degradasi di Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 [Lengkap]

Daftar Tim Promosi-Degradasi di Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 [Lengkap]

Tim promosi-degradasi Liga Indonesia – Tiap tahun, perebutan gelar juara Liga Indonesia selalu seru untuk disimak. Namun satu hal yang juga tak kalah menarik adalah melihat tim-tim yang terdegradasi ke Liga 2. Di lain sisi, perebutan tiket promosi ke Liga 1 di kompetisi Liga 2 Indonesia juga tak kalah seru disaksikan.

Liga Indonesia tahun 2018 telah berakhir. Persija Jakarta keluar sebagai juara Liga Indonesia 2018, mengungguli PSM Makassar yang harus puas finish di urutan kedua. Sementara tim-tim seperti Bhayangkara FC, Persib Bandung dan Persebaya Surabaya melengkapi peringkat 5 besar.

Lantas siapa saja tim-tim yang terdegradasi ke Liga 2 di tahun 2019 nanti? Secara mengejutkan Sriwijaya FC harus terdegradasi, begitu pula dengan PSMS Medan dan Mitra Kukar. Sementara tim-tim yang diprediksi akan terdegradasi seperti Perseru Serui, PSIS Semarang dan PS TIRA mampu bertahan di Liga 1.

Di Liga 2, PSS Sleman berhasil menjadi juara dan mampu promosi. Dua tim lain yang promosi ke Liga 1 adalah Semen Padang dan Kalteng Putra FC. Nah di bawah ini akan dibagikan info tim-tim yang promosi dan degradasi di Liga 1, Liga 2 dan Liga 3.

(baca juga tim promosi-degradasi liga Eropa)

tim promosi degradasi liga indonesia

Tim Promosi-Degradasi Liga Indonesia

Berikut ini adalah tim-tim yang promosi dan degradasi di semua tingkatan kasta liga sepak bola Indonesia dari mulai Liga 1, Liga 2 dan Liga 3.

LIGA 1 INDONESIA

Tiga tim terbawah di klasemen Liga 1 Indonesia harus rela terdegradasi ke Liga 2 tahun depan, yakni tim peringkat 16, 17 dan 18.

Tim Degradasi ke Liga 2

  1. Sriwijaya FC
  2. Mitra Kukar
  3. PSMS Medan

Tiga tim yang terdegradasi dari Liga 1 Indonesia menuju ke Liga 2 tahun 2019 mendatang adalah Sriwijaya FC, Mitra Kukar dan PSMS Medan. Sriwijaya FC adalah 2 kali juara Liga Indonesia di tahun 2007 dan 2012, namun kini Laskar Wong Kito harus berlaga di Liga 2.

Sementara PSMS Medan dikenal sebagai tim klasik yang malang melintang di era Galatama-Perserikatan, dan meski baru promosi tahun lalu, kini harus kembali terdegradasi.

LIGA 2 INDONESIA

Tiga tim Liga 2 berhak promosi ke Liga 1 tahun depan. Juara dan runner up di babak final mendapat tiket promosi, didampingi satu tim pemenang perebutan tempat ketiga.

Sementara itu ada 6 tim yang harus degradasi ke Liga 3 Indonesia tahun depan. Enam tim tersebut adalah tim yang menempati 3 peringkat terendah di masing-masing wilayah Barat dan Timur.

Tim Promosi ke Liga 1

  1. PSS Sleman
  2. Semen Padang
  3. Kalteng Putra

Tiga tim yang berhasil promosi ke Liga 1 Indonesia 2019 mendatang adalah PSS Sleman, Semen Padang dan Kalteng Putra. PSS Sleman berhasil menjadi juara Liga 2 2018 dan akan menjadi kandidat serius untuk mendobrak papan atas Liga Indonesia musim depan.

Semen Padang kembali promosi ke Liga 1 setelah tahun lalu sempat baru terdegradasi ke Liga 2. Sementara bagi Kalteng Putra pertama kali berlaga ke Liga 1 sepanjang sejarah klub. Sebelumnya mereka berhasil mengalahkan Persita Tangerang di babak play-off.

Tim Degradasi ke Liga 3

  1. Persegres Gresik United
  2. Persika Karawang
  3. PSIR Rembang
  4. Persik Kendal
  5. Semeru FC Lumajang
  6. Persiwa Wamena

Sebanyak 6 tim harus rela terdegradasi ke Liga 3 tahun depan. Di antara 6 tim yang terdegradasi, terdapat nama Persegres Gresik United yang baru tahun lalu juga terdegradasi dari Liga 1 ke Liga 2. Ada juga Persiwa Wamena yang sempat menjadi runner up Liga Indonesia kasta utama beberapa tahun lalu.

LIGA 3 INDONESIA

Ada 6 tiket promosi dari Liga 3 ke Liga 2 yang diperebutkan. Proses menuju promosi cukup panjang karena banyaknya jumlah tim, dimulai dari kompetisi tingkat regional/provinsi hingga tingkat nasional.

Tim Promosi ke Liga 2

  1. Persik Kediri
  2. PSCS Cilacap
  3. PSGC Ciamis
  4. Persatu Tuban
  5. Persewar Waropen
  6. Bogor FC

Mantan 2 kali juara Liga Indonsia, Persik Kediri berhasil promosi ke Liga 2 sebagai juara Liga 3 2018, mengalahkan PSCS Cilacap di final. Empat tim promosi ke Liga 2 lain adalah PSGC Ciamis, Persatu Tuban, Persewar Waropen dan Bogor FC.

Nah itulah daftar klub yang promosi dan degradsi di Liga Indonesia pada semua jenjang kasta, dari mulai Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 untuk tahun 2018 menuju ke tahun 2019.

Tinggalkan komentar