10+ Winger Terbaik Dunia 2021 Paling Hebat & Eksplosif

10+ Winger Terbaik Dunia 2021 Paling Hebat & Eksplosif

Winger terbaik dunia 2022 – Winger atau pemain sayap merupakan salah satu posisi yang penting dalam sepak bola. Winger bertugas untuk menyerang dari sisi sayap, baik sayap kanan atau kiri. Beberapa winger kelas dunia mampu menentukan arah permainan. Dibutuhkan skill olah bola, kecepatan, crossing, dan dribble yang bagus untuk menjadi seorang winger yang hebat.

Seorang winger bisa beroperasi di bagian kanan (right-winger) atau kiri (left-winger). Ada juga posisi side-midfielder yang sejajar dengan gelandang dan aktif membantu pertahanan. Umumnya winger tipe ini kerap melakukan crossing kepada striker. Sementara peran inverted winger dikenal sering melakukan cut inside atau pergerakan ke kotak penalty lawan.

Dalam sejarah sepak bola, ada banyak winger terbaik sepanjang masa yang terkenal dan legendaris, sebut saja seperti Stanley Matthews (Inggris), Paco Gento (Spanyol), Garrincha (Brasil), George Best (Irlandia Utara), Luis Figo (Portugal), Pavel Nedved (Republik Ceko), Ryan Giggs (Wales), Ronaldinho (Brasil), Arjen Robben (Belanda), Franck Ribery (Prancis), dan lain-lain.

Di musim ini, sejumlah winger mampu tampil bagus dan konsisten, misalnya Vinicius Junior, Leroy Sane, Lorenzo Insigne atau Riyad Mahrez yang kerap mencetak gol-gol krusial. Ada juga winger yang sejajar dengan gelandang (side-midfielder) seperti Federico Chiesa, Luis Diaz, Filip Kostic atau Bukayo Saka yang tak kalah eksplosif dari winger ofensif lainnya, meski juga dituntut untuk membantu pertahanan.

Beberapa winger juga kerap melakukan pergerakan ke bagian tengah sehingga posisinya bisa sejajar dengan striker, contohnya adalah Mohamed Salah, Son Heung-min, Serge Gnabry atau Neymar. Apapun perannya, seorang winger secara umum bergerak di posisi sayap penyerangan tim.

(baca juga 10 penyerang terbaik tahun ini)

10 Winger Terbaik di Dunia

Berikut ini akan dibagikan daftar 10 winger terbaik di dunia saat ini tahun 2022 berdasarkan performa dan konsistensinya. List ini tidak menyertakan pemain yang lebih sering berposisi sebagai gelandang serang atau penyerang.

1. Mohamed Salah

Klub : Liverpool
Negara : Mesir

Pemain asal Mesir ini jadi salah satu nama paling sering disorot sepanjang musim ini. Mohamed Salah jadi winger andalan Liverpool ketika jadi juara Champions League tahun 2019 dan juara Liga Inggris tahun 2020. Sebelumnya ia juga sukses menjadi top skor Liga Inggris dalam 2 musim secara beruntun (2018 dan 2019). Kini Salah masih dalam top perform dan jadi pemain terbaik Premier League.

2. Vinicius Junior

Klub : Real Madrid
Negara : Brasil

Musim 2021-2022 menjadi musim gemilang bagi Vinicius Junior. Ia jadi lebih piawai dalam mencetak gol dan assist. Beberapa gol penting mampu ia ciptakan. Perlahan tapi pasti, Vinicius pun jadi pemain kunci Real Madrid. Talenta asal Brasil ini masih berusia muda sehingga masih mungkin akan terus berkembang di musim-musim berikutnya.

3. Neymar

Klub : PSG
Negara : Brasil

Tak ada yang meragukan skill dan kemampuan olah bola Neymar. Saat sedang dalam kondisi prima, ia bisa melakukan apa saja di atas lapangan. Sayangnya ia lebih sering dilanda cedera. Meski begitu, Neymar tetap jadi andalan klub PSG dan timnas Brasil. Ketika dimainkan, ia kerap menunjukkan skill olah bola ciamik dan tak jarang mencetak gol-gol cantik.

4. Federico Chiesa

Klub : Juventus
Negara : Italia

Federico Chiesa jadi salah satu pemain paling bersinar musim lalu. Ia berposisi sebagai winger, namun posisinya kerap sejajar dengan gelandang. Chiesa jadi winger andalan Juventus sebagai kreator untuk mencetak gol. Ia juga jadi andalan timnas Italia dan sukses menjadi juara UEFA Euro tahun 2021 lalu, dimana ia berperan vital sepanjang fase knock-out.

5. Leroy Sane

Klub : Bayern Munchen
Negara : Jerman

Leroy Sane merupakan winger andalan Bayern Munchen dan timnas Jerman saat ini. Ia bisa ditempatkan di sebelah kiri atau kanan. Eks winger Manchester City ini kembali bangkit di musim ini dan kerap mencetak gol-gol atau assist penting. Sane memiliki kecepatan tinggi serta tembakan kaki kiri yang akurat.

6. Son Heung-min

Klub : Tottenham
Negara : Korea Selatan

Son Heung-min bisa ditempatkan sebagai striker atau second-striker, namun posisi naturalnya adalah winger kiri. Ia menjadi pemain kunci Tottenham, dimana duetnya dengan Harry Kane jadi tumpuan tim untuk mencetak gol. Pemain asal Korea Selatan ini jadi salah satu pemain paling bersinar di Premier League dalam beberapa musim terakhir.

7. Serge Gnabry

Klub : Bayern Munchen
Negara : Jerman

Serge Gnabry masih menunjukkan performa bagus tahun ini. Ia mengalami puncak performa usai menjadi pemain kunci ketika Bayern meraih treble winners di tahun 2020. Gnabry bisa ditempatkan sebagai winger kanan, winger kiri atau penyerang. Ia termasuk pemain serbabisa yang konsisten mencetak gol-gol penting bagi Bayern atau timnas Jerman.

8. Riyad Mahrez

Klub : Manchester City
Negara : Aljazair

Winger Manchester City asal Aljazair ini terus menunjukkan performa apik tiap musimnya. Meski City memiliki banyak pemain bintang, namun ia tetap jadi andalan di sektor kanan penyerangan Manchester City. Eks pemain Leicester City ini dikenal memiliki tendangan kaki kiri akurat, disertai dribble bagus dan kecepatan tinggi.

9. Sadio Mane

pemain terbaik liga inggris 2020 sadio mane

Klub : Liverpool
Negara : Senegal

Sadio Mane menunjukkan performa kelas dunia dalam beberapa musim terakhir. Mane jadi andalan Liverpool di sektor kiri penyerangan, berduet dengan Mohamed Salah di sektor kanan. Mane jadi bagian penting saat Liverpool jadi juara Liga Champions. Ia juga pernah jadi top skor Liga Inggris. Kini Mane pun masih jadi figur penting bagi The Reds.

10. Lorenzo Insigne

Klub : Napoli
Negara : Italia

Salah satu pemain paling underrated, Lorenzo Insigne layak masuk 10 besar winger terbaik dunia tahun ini. Insigne jadi pemain kunci timnas Italia ketika menjadi juara UEFA Euro 2020 lalu. Kapten Napoli ini juga jadi salah satu pemain terbaik di Serie A dalam beberapa tahun terakhir, dimana ia konsisten mencetak double-digit goal tiap musimnya.

Winger terbaik dunia lainnya

  • Mikel Oyarzabal (Real Sociedad, Spanyol)
  • Raheem Sterling (Manchester City, Inggris)
  • Luis Diaz (Porto, Kolombia)
  • Kingsley Coman (Bayern Munchen, Prancis)
  • Ansu Fati (Barcelona, Spanyol)
  • Antony (Ajax, Brasil)
  • Domenico Berardi (Sassuolo, Italia)
  • Arnaut Danjuma (Villarreal, Belanda)
  • Filip Kostic (Eintracht Frankfurt, Serbia)
  • Bukayo Saka (Arsenal, Inggris)
  • Raphinha (Leeds, Brasil)
  • Rafael Leao (Milan, Portugal)
  • Jack Grealish (Manchester City, Inggris)
  • Ousmane Dembele (Barcelona, Prancis)

List hanya menampilkan pemain yang sering berposisi sebagai winger secara natural, sehingga tidak menyertakan nama-nama seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo atau Kylian Mbappe yang kini lebih sering beroperasi di tengah sebagai penyerang atau second-striker. Begitu pula dengan nama-nama seperti Phil Foden atau Bernardo Silva yang lebih cocok disebut sebagai gelandang serang.

Itulah info daftar 10 winger terbaik di dunia saat ini. Salah, Gnabry atau Chiesa masih jadi yang terdepan jika menyusun list winger terbaik yang paling konsisten. Tentu banyak juga winger muda hebat yang bermunculan seperti Vinicius, Luis Diaz atau Ansu Fati. Menarik melihat siapa yang akan jadi winger terbaik di dunia 2023 nanti.

Tinggalkan komentar