10+ Penyerang/Striker Terbaik Dunia Saat Ini (2020)

10+ Penyerang/Striker Terbaik Dunia Saat Ini (2020)

Penyerang atau striker merupakan posisi paling populer di dunia sepak bola. Seorang pemain depan memiliki tugas utama untuk mencetak gol. Di tahun 2020, banyak penyerang atau striker terbaik dunia dengan skill dan kemampuan hebat. Beberapa striker hebat saat ini juga dikenal sebagai top skor di liga top Eropa dengan jumlah gol terbanyak.

Posisi penyerang menjadi posisi pemain paling depan dalam formasi sepak bola. Hal ini membuat pemain depan memiliki tugas untuk mencetak gol. Sebuah tim bisa memiliki 1-2 penyerang, bisa juga dengan 3 penyerang dengan 1 striker dan 2 winger atau bahkan dengan 4 penyerang terdiri dari 2 striker dan 2 winger.

Ada banyak jenis pemain depan, misalnya penyerang tengah (termasuk target man dan poacher, lebih menunggu di depan), striker (penyerang yang aktif terlibat permainan), second-striker (posisinya sedikit di belakang penyerang utama, kadang termasuk posisi playmaker), winger (penyerang sayap) dan false 9 (gelandang serang yang jadi pemain terdepan dalam formasi tanpa striker).

(baca juga kiper terbaik 2020)

(baca juga bek terbaik 2020)

(baca juga gelandang terbaik 2020)

Di tahun 2020, ada banyak pemain depan yang tampil gemilang dan sering mencetak gol. Dua nama pemain terbaik di dunia saat ini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo jelas menjadi yang terdepan, meski mereka bukanlah penyerang tengah murni. Tentu selain mereka ada beberapa penyerang terbaik lain dengan peran yang berbeda-beda.

Misalnya pada peran winger atau penyerang sayap, pemain seperti Mohamed Salah, Neymar, Raheem Sterling hingga Sadio Mane jadi yang terdepan dengan kontribusi gol-gol penting yang mereka cetak.

Untuk pemain dengan posisi second-striker yang bermain di belakang penyerang, nama-nama seperti Antoine Griezmann, Son Heung-min, Paulo Dybala, dan Pierre-Emerick Aubameyang mampu tampil bagus tahun ini.

Untuk kategori striker tradisional yang jadi target man atau ujung tombak, pemain seperti Robert Lewandowski, Sergio Aguero, Romelu Lukaku, dan Ciro Immobile pantas dikedepankan sebagai striker terbaik saat ini.

Pada musim 2019-2020, pemain-pemain yang berhasil jadi top skor di liga top Eropa sampai saat ini antara lain adalah :

  • Top skor Liga Champions : Robert Lewandowski (Bayern Munchen)
  • Top skor Liga Inggris : Jamie Vardy (Leicester City)
  • Top skor Liga Italia : Ciro Immobile (Lazio)
  • Top skor Liga Spanyol : Lionel Messi (Barcelona)
  • Top skor Liga Jerman : Robert Lewandowski (Bayern Munchen)
  • Top skor Liga Prancis : Wissam Ben Yedder (AS Monaco)

10 Striker Terbaik Dunia 2020

Untuk itu kali ini kami telah memilih daftar 10 penyerang dan striker terbaik di dunia tahun 2020 terbaru. List berikut hanya didasarkan pada performa dan trofi sepanjang musim 2019-2020 saja, tanpa mempertimbangkan performa di tahun-tahun sebelumnya.

1. Cristiano Ronaldo

striker terbaik 2020 cristiano ronaldo

Klub : Juventus
Negara : Portugal

Cristiano Ronaldo layak dinobatkan sebagai salah satu striker terbaik saat ini. Kontribusinya dibuktikan dengan mencetak gol-gol penting bagi Juventus. Ronaldo pun dinobatkan sebagai pemain terbaik Serie A di musim pertamanya dan terus jadi pemain penting bagi Juventus musim ini.

2. Lionel Messi

Klub : Barcelona
Negara : Argentina

Lionel Messi masih menunjukkan performa luar biasa musim ini. Meski jumlah golnya agak menurun, namun kontribusinya tetap maksimal, terbukti dengan jumlah assist yang bertambah. Secara skill dan talenta, Messi masih tetap layak menjadi salah satu pemain terbaik sepanjang masa.

3. Robert Lewandowski

Klub : Bayern Munchen
Negara : Polandia

Tak ada yang meragukan kemampuan mencetak gol dari seorang Robert Lewandowski. Eks penyerang Dortmund yang kini membela Bayern Munchen ini memiliki insting gol yang tajam. Tiap musim, penghargaan top skor Bundesliga seolah sudah pasti akan ia dapatkan.

4. Ciro Immobile

Klub : Lazio
Negara : Italia

Ciro Immobile menjadi nama kejutan di musim 2019-2020. Ia tancap gas sejak awal hingga jadi top skor Serie A sampai saat ini. Immobile bahkan mencetak gol terbanyak di antara pemain dari 5 liga top Eropa lainnya. Tak heran jika Lazio menunjukkan performa hebat musim ini, salah satunya berkat andil striker andalannya ini.

5. Kylian Mbappe

Klub : PSG
Negara : Prancis

Kylian Mbappe merupakan fenomena wonderkid berbakat yang tampil luar biasa di usia muda. Mbappe pun menunjukkan performa yang bagus, ia berhasil membawa PSG menjadi juara Ligue 1 dan terpilih sebagai pemain terbaik sekaligus top skor Liga Prancis musim lalu.

6. Mohamed Salah

striker terbaik mohamed salah

Klub : Liverpool
Negara : Mesir

Pemain asal Mesir ini jadi salah satu nama paling sering disorot sepanjang musim ini. Mohamed Salah jadi winger andalan Liverpool yang sepertinya akan sukses jadi juara Liga Inggris musim ini. Sebelumnya ia sukses jadi top skor Liga Inggris dalam 2 musim terakhir (2018 dan 2019).

7. Sadio Mane

Klub : Liverpool
Negara : Senegal

Tidak hanya Salah, Sadio Mane juga jadi pemain penting dalam sektor penyerangan Liverpool. Ia sering mencetak gol-gol penting bagi Liverpool dan perannya tak tergantikan di sisi kiri serangan The Reds. Ia juga jadi salah satu 1 dari 3 pemain yang menyabet top skor Liga Inggris musim lalu.

8. Romelu Lukaku

Klub : Inter Milan
Negara : Belgia

Musim ini jadi musim kebangkitan Romelu Lukaku. Bersama Inter Milan, Lukaku jadi tumpuan tim dalam mencetak gol. Gol-gol penting sering ia cetak dengan kepala dan kakinya. Performanya musim ini layak menempatkannya dalam 10 besar striker terbaik dunia saat ini.

9. Timo Werner

Klub : RB Leipzig
Negara : Jerman

Dalam beberapa musim terakhir, Timo Werner menunjukkan grafik performa meningkat. Di musim ini, ia tampil fenomenal, mencetak lebih dari 20 gol dan bersaing dengan Lewandowski dalam memperebutkan gelar top skor Bundesliga. RB Leipzig sudah mendapat tawaran dari klub top lain yang ingin membelinya.

10. Neymar

Klub : PSG
Negara : Brasil

Tak ada yang meragukan skill dan kemampuan olah bola Neymar. Saat sedang dalam kondisi prima, ia bisa melakukan apa saja di atas lapangan. Sayangnya ia lebih sering dilanda cedera. Jika tidak, tentu posisinya akan berada lebih atas lagi, mungkin dalam peringkat 3 besar.

Penyerang terbaik 2020 lainnya :

  • Karim Benzema (Real Madrid/Prancis)
  • Jamie Vardy (Leicester/Inggris)
  • Lautaro Martinez (Inter Milan/Argentina)
  • Sergio Aguero (Manchester City/Argentina)
  • Mauro Icardi (PSG/Argentina)
  • Paulo Dybala (Juventus/Argentina)
  • Erling Haaland (Dortmund/Norwegia)
  • Thomas Muller (Bayern Munchen/Jerman)
  • Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal/Gabon)
  • Raheem Sterling (Manchester City/Inggris)
  • Wissam Ben Yedder (AS Monaco/Prancis)

Beberapa striker hebat dalam beberapa tahun terakhir tidak masuk dalam list di atas karena performa yang kurang bagus atau karena dilanda cedera, sebut saja seperti Antoine Griezmann dan Luis Suarez (Barcelona), Harry Kane (Tottenham), Edinson Cavani (PSG), Gareth Bale (Real Madrid), Alexandre Lacazette (Arsenal) hingga Gonzalo Higuain (Juventus).

Nah itulah info daftar 10 striker terbaik dunia saat ini update terbaru. Messi dan Ronaldo jelas jadi yang terdepan, sementara nama-nama seperti Lewandowski, Immobile, Salah, dan Lukaku juga menunjukkan performa terbaik di tahun 2020. Menarik melihat siapa yang akan jadi striker terbaik di dunia 2021 nanti.

Tinggalkan komentar