Sejarah Liverpool dari Mulai Berdiri Sampai Sekarang

Liverpool FC, merupakan salah satu klub sepakbola profesional asal kota Liverpool di kawasan Merseyside, Inggris. Liverpool menjadi salah satu klub terbaik baik di Inggris maupun di Eropa. Klub ini juga memiliki jutaan fans di seluruh dunia, tidak hanya di Inggris saja, dimana para penggemar Liverpool disebut sebagai The Kop. Liverpool telah mengoleki 18 trofi liga Inggris dan menjadi klub Inggris tersukses dalam sejarah Liga Champions, dengan total 5 gelar juara UCL. Berikut ini merupakan info sejarah Liverpool lengkap dari mulai berdiri di tahun 1892 sampai sekarang di era sepakbola modern.

Sejarah Liverpool

Awal Berdiri di Tahun 1892

Liverpool pertama kali dibentuk pada tahun 1892. Awalnya klub ini dibentuk karena adanya perpecahan di jajaran petinggi Everton, klub dari kota Liverpool yang lebih dulu ada. Konflik antara presiden klub Everton saat itu, John Houlding dan petinggi klub lain pun terjadi. Everton yang menempati stadion Anfield kemudian harus pindah ke Goodison Park dan pada saat yang sama, Houlding membentuk klub baru bernama Liverpool FC untuk bermain di Stadion Anfield.

Liverpool tahun 1892

Pemain Liverpool di tahun 1892

Nama awal klub yang digunakan adalah Everton FC and Athletic Grounds Ltd atau disingkat Everton Athletic, namun hanya bertahan beberapa bulan saja sebelum berganti nama menjadi Liverpool FC pada bulan Maret 1892. Sejak musim 1893-1894, mereka resmi bergabung di kompetisi Liga Inggris di Divisi 2. Liverpool langsung promosi ke Divisi Utama dan berhasil menjadi juara Liga Inggris di tahun 1901 dan 1906, dua trofi liga pertama dalam sejarah Liverpool.

Klub ini sempat meraih kesuksesan di periode 1920-an dengan meraih 2 gelar juara liga lagi. Namun prestasi mereka sempat menurun, terutama di era Perang Dunia II. Setelah sempat juara lagi di tahun 1947, Liverpool justru terdegradasi di tahun 1954 dan bertahan di Divisi 2 selama lima musim.

Era Kesuksesan Bill Shankly dan Bob Paisley

Setelah itu, Bill Shankly ditunjuk sebagai pelatih Liverpool. Di era kepelatihan Shankly, Liverpool kemudian sukses meraih masa keemasan. Setelah mengembalikan Liverpool ke Divisi 1, Shankly membawa klub ini menjadi juara liga lagi di tahun 1964 dan memenangkan Piala FA pertama di tahun 1965. Trofi Eropa pertama dipersembahkan dengan menjadi juara UEFA Cup di tahun 1973.

Setelah Shankly mundur di tahun, posisi pelatih digantikan oleh asistennya, Bob Paisley. Paisley kemudian membawa Liverpool meraih kesuksesan gemilang di level Eropa. Tahun 1977 dan 1978, Liverpool sukses meraih kejayaan dengan merengkuh trofi Liga Champions (saat itu masih bernama European Cup). Dalam 9 tahun masa kepelatihan Bob Paisley bersama Liverpool, total 21 trofi telah ia persembahkan. Hal ini termasuk 3 gelar juara Liga Champions dan 6 gelar juara Liga Inggris. Rentetan trofi itu pun menjadikannya sebagai pelatih tersukses dalam sejarah Liverpool.

Liverpool European Cup 1978

Liverpool di era pelatih Bob Paisley

Tragedi Heysel dan Tragedi Hillsborough

Pengganti Bob Paisley adalah Joe Fagan yang langsung meraih tiga trofi di musim pertamanya (Liga Champions, Liga Inggris dan Piala Liga). Liverpool sempat lolos lagi ke final Liga Champions tahun 1985 yang digelar di Stadion Heysel, Belgia. Sayang pertandingan itu malah menjadi tragedi. Liverpool kalah melawan Juventus, namun berita utama malah berfokus pada kerusuhan dan tragedi yang terjadi yang sampai menewaskan 39 penonton. Tragedi ini disebut sebagai Tragedy Heysel. Akibatnya, Liverpool dihukum tidak boleh bermain di kompetisi Eropa selama enam musim.

Pada tahun 1989, Liverpool kembali terlibat pada sebuah tragedi, yaitu Tragedi Hillsborough yang menewaskan 96 orang saat pertandingan semi final Piala FA melawan Nottingham Forest. Hal ini diakibatkan minimnya keamanan di stadion. Liverpool meraih gelar juara Liga Inggris ke 18 kali pada musim 1989-90 yang jadi rekor gelar liga terbanyak di antara klub Inggris sebelum disalip oleh Manchester United pada tahun 2013 lalu. Faktanya trofi juara liga di tahun 1990 tersebut sementara menjadi yang terakhir hingga sekarang.

Liverpool di Era Premier League

Di era 90an, Liverpool hanya memenangkan 1 Piala FA dan 1 Piala Liga saja meski beberapa kali berganti pelatih. Pelatih Gerard Houllier sempat meraih tiga gelar dalam semusim pada tahun 2001, meski gelar yang diraih hanya UEFA Cup, Piala FA dan Piala Liga saja. Houllier diganti oleh Rafael Benitez yang sukses meraih gelar Liga Champions kelima di tahun 2005. Liverpool sukses mengalahkan AC Milan di final di Istanbul, Turki, setelah sempat tertinggal 0-3 terlebih dahulu. Partai final tersebut dijuluki sebagai Miracle of Istanbul.

Liverpool Liga Champions 205

Liverpool menjadi juara Liga Champions 205

Kini Liverpool tetap menjadi salah satu klub terpopuler di Inggris dan Eropa. Meski begitu sejak era Premier League mulai tahun 1992, Liverpool masih belum pernah meraih gelar juara liga. Nama-nama pemain bintang Liverpool di era modern seperti Steven Gerrard, Michael Owen, Jamie Carragher, Xabi Alonso atau Luis Suarez belum mampu membawa trofi Premier League. Meski pun begitu, klub ini masih tercatat sebagai klub Inggris tersukses di Eropa dengan 5 trofi Liga Champions.

Tags: ,
Sejarah Liverpool dari Mulai Berdiri Sampai Sekarang | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola