Sejarah Borussia Dortmund Lengkap dari Awal Berdiri Sampai Sekarang

Borussia Dortmund termasuk salah satu klub bola asal Jerman yang terkenal. Klub ini berbasis di kota Dortmund, Jerman dengan nama asli Ballspielverein Borussia 09 e.V. Dortmund. Dortmund termasuk salah satu klub tersukses di Jerman dengan torehan 8 gelar Liga Jerman, hanya kalah dari Bayern Munchen. Mereka juga pernah sekali meraih trofi juara Liga Champions. Tentunya klub ini memiliki sejarah panjang sejak awal didirikan. Berikut ini merupakan sejarah Borussia Dortmund dari awal berdiri sampai sukses seperti sekarang.

Sejarah Borussia Dortmund

Didirikan di Tahun 1909

Borussia Dortmund pertama didirikan pada tanggal 19 Desember 1909. Pendirinya adalah sekelompok pemuda yang saat itu tidak senang dengan gereja Katolik Trinity Youth. Mereka pun mendirikan klub sepakbola yang diberi nama Borussia yang asal usulnya berasal dari nama merk bir lokal. Awalnya klub ini mengenakan jersey berwarna biru dan putih sebelum berganti dengan warna kuning-hitam sejak tahun 1913.

sejarah borussia dortmund

Skuad Borussia Dortmund saat awal berdiri

Selama beberapa dekade ke depan, klub ini meraih kesuksesan di liga lokal. Dortmund sempat akan dilanda masalah finansial di akhir 20an, namun kembali bangkit di tahun 30an. Isu Nazi dan Perang Dunia II sempat membuat beberapa petinggi Dortmund keluar karena perbedaan politik. Klub ini sempat meraih kesuksesan di liga lokal Gauliga Westfalen.

Setelah masa perang klub ini sempat dimerger dengan beberapa klub lain menjadi Ballspiel-Verein Borussia (BVB) dan tampi di kompetisi nasional di tahun 1949. Borussia Dortmund kemudian tampil di kompetisi Oberliga West di tahun 50an. Tahun 1956, mereka meraih gelar nasional pertama mereka yang diikuti dengan gelar juara di tahun berikutnya. Dortmund juga sukses meraih trofi juara nasional terakhir sebelum pembentukan Bundesliga di tahun 1963.

Era Bundesliga

Tahun 1963 kompetisi Bundesliga pertama digelar yang menyatukan berbagai kompetisi regional di Jerman. Dortmund ambil bagian di Bundesliga. Mereka meraih DFB Pokal pertama di tahun 1965. Tahun 1966, Dortmund jadi klub Jerman pertama yang meraih trofi Eropa, dengan meraih gelar Winners Cup. Tahun 70an Dortmund sempat terpuruk karena masalah keuangan hingga sempat terdegradasi.

Di tahun 1974, Dortmund meresmikan stadion baru bernama Westfalenstadion yang jadi salah satu stadion terbesar di Jerman. Meski begitu, prestasi Borussia Dortmund tak kunjung meningkat. Mereka kerap berkutat di papan bawah dan masalah finansial masih melanda. Baru pada tahun 1989 mereka kembali meraih trofi, yaitu DFB Pokal.

Masa Keemasan dan Juara Liga Champions

Tahun 90an menjadi masa keemasan Borussia Dortmund. Mereka sempat menjadi finalis Piala UEFA di tahun 1993 yang membantu menstabilkan kondisi keuangan klub. Tahun 1995 dan 1996, Dortmund meraih 2 gelar Bundesliga Jerman secara beruntun. Hal ini ditambah dengan gelar domestik lain seperti DFL Supercup di tahun 1995 dan 1996.

Puncaknya jelas ketika Dortmund merah trofi Liga Champions Eropa di musim 1996-97 saat ditangani pelatih Ottmar Hitzfeld. Trofi ini menjadi trofi Liga Champions pertama dan satu-satunya dalam sejarah Borussia Dortmund. Saat Dortmund mengalahkan juara bertahan Juventus di final dengan skor 3-1. Mereka juga sukses meraih trofi Intercontinental Cup 1997 yang menandai era keemasan klub ini. Sejumlah pemain kunci Dortmund di tahun 90an antara lain adalah Matthias Sammer, Karl-Heinz Riedle, Lars Ricken dan Andreas Moller.

dortmund juara liga champions

Dortmund saat meraih juara Liga Champions

Krisis Keuangan Tahun 2000an

Di era 2000an, Dortmund menjadi klub Jerman pertama yang dibuka secara umum atau go public. Mereka sempat meraih trofi Bundesliga di tahun 2002 dan menjadi runner up UEFA Cup di tahun yang sama. Namun setelah itu mereka mengalami kemunduran yang drastis. Masalah keuangan kembali jadi penyebabnya. Hutang yang banyak membuat Dortmund harus mencari pinjaman agar tidak bangkrut.

Dortmund mendapat pinjaman dari klub rival Bayern Munchen. Mereka juga menjual hak nama stadion sehingga kini stadion Dortmund dikenal dengan nama Signal Iduna Park. Mereka pun harus menjual beberapa pemain bintang mereka agar tidak bangkrut, seperti Tomas Rosicky dan David Odonkor.

Era Pelatih Jurgen Klopp

sejarah dortmund

Para pemain kunci Dortmund di era pelatih Jurgen Klopp

Tahun 2008 Jurgen Klopp datang menjadi pelatih baru. Prestasi Dortmund pun langsung meningkat. Die Borussien berhasil menjadi juara Bundesliga 2011. Musim berikutnya, Klopp membawa Dortmund meraih double winners, yakni Bundesliga dan DFB Pokal. Dortmund juga sempat melaju ke babak final Liga Champions 2013, namun dikalahkan Bayern Munchen di final yang mempertemukan 2 klub asal Jerman. Klopp pun menjadi salah satu pelatih tersukses dalam sejarah Borussia Dortmund.

Beberapa pemain kunci Dortmund di era Jurgen Klopp antara lain adalah Robert Lewandowski, Mario Gotze, Mats Hummels, Nuri Sahin, Ilkay Gundogan, Shinji Kagawa, Lukasz Piszczek dan Roman Weidenfeller. Klopp akhirnya mundur di tahun 2015. Dortmund pun sukses menjadi klub top Jerman dan menjadi pesaing utama Bayern di Bundesliga tiap musimnya. Dortmund pun konsisten bersaing di Liga Champions dan beberapa kali lolos hingga babak perempat final.

Tags: ,
Sejarah Borussia Dortmund Lengkap dari Awal Berdiri Sampai Sekarang | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola