Pengertian dan Tugas Kiper dalam Sepakbola

Kiper atau penjaga gawang merupakan salah satu posisi dalam olahraga sepakbola. Kiper merupakan pemain yang bertugas untuk mencegah terjadinya gol dari tim lawan. Posisi kiper menjadi satu-satunya pemain yang boleh memegang bola dengan tangan asalkan masih berada dalam wilayah kotak penalti sendiri. Biasanya pemain yang menjadi penajaga gawang adalah pemain dengan postur yang tinggi. Berikut merupakan pengertian dan tugas tugas kiper sepakbola.

Penyelematan kiper

Aksi kiper menghalau peluang lawan

Pengertian Kiper

Kiper adalah pemain yang bertugas menjaga gawang. Dalam tim sepakbola harus ada satu kiper yang bermain dan posisinya berada di gawang sendiri. Sama dengan pemain lain di lapangan, kiper juga boleh menendang atau menyundul bola. Hanya saja, kiper juga punya hak khusus untuk memegang bola, asalkan berada di area koak penalti sendiri. Kiper juga cenderung lebih dilindungi dibanding pemain lain. Sentuhan sedikit yang mengganggu kiper akan dianggap sebagai bentuk pelanggaran.

Karena posisinya yang unik dan spesial, kiper juga dibedakan dari pemain lain. Kiper memakai sarung tangan dan jari yang digunakan untuk melindungi tangan jika sedang menghadang tendagan pemain lawan. Seorang penjaga gawang harus mengenakan warna jersey yang berbeda dibanding rekan setim lainnya. Hal ini sudah diatur dalam Laws of the Game aturan sepakbola FIFA. Jika pemain lain harus memakai celana pendek, kiper juga boleh menggunakan celana panjang. Sebagai tambahan, kiper juga boleh mengenakan topi, biasanya digunakan untuk mencegah sinar matahari yang membuat silau saat bermain siang hari.

Hal lain yang unik dari seorang kiper adalah nomor pungg ung. Nomor punggung kiper utama dalam sebuah klub atau timnas biasaya adalah no. 1. Memang no. 1 sangat identik dan menjadi nomor tradisional bagi pemain yang berposisi penjaga gawang. Adapun nomor lain yang juga kerap digunakan kiper adalah no. 13, 22 atau 23.

Tugas Kiper Sepakbola

Kiper memiliki tugas, tanggung jawab dan peran khusus meliputi:

  • Menjaga gawang dengan menghalau tembakan dan tendangan dari lawan dengan tangan atau bagian tubuh lainnya dengan cara apa pun, penggunaan tangan hanya boleh dilakukan di wilayah area penalti sendiri.
  • Mengambil tendangan gawang (goal kick) atau tendangan bebas tidak langsung dekat kotak penalti.
  • Mengatur dan memberi arahan pada pemain belakang saat sedang bertahan, misalnya dalam mengatur pagar betis tendangan bebas atau mengatur man marking saat bertahan dari tendangan pojok.
  • Menghalau umpan crossing atau umpan jauh menuju ke area pertahanan dengan meninju atau menangkapnya.

Nah itulah pengertian kiper serta tugas tugas yang biasa dilakukan oleh seorang penjaga gawang. Sepanjang sejarahnya banyak kiper hebat dunia yang bisa dibilang sebagai yang terbaik seperti Lev Yashin, Dino Zoff, Gordon Banks, Gianluigi Buffon, Iker Casillas atau Manuel Neuer.

Pengertian dan Tugas Kiper dalam Sepakbola | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola