Pengaruh Cuaca Terhadap Pertandingan Sepakbola

Apakah cuaca bisa memengaruhi pertandingan sepakbola? Mempengaruhinya seperti apa dulu, nih? Apa pengaruh cuaca terhadap sepakbola? Mempengaruhi jalannya pertandingan, hasilnya, atau bahkan mempengaruhi dimulai atau tidaknya pertandingan itu sendiri? Jawaban sederhanya adalah iya.

Bagi kita penikmat sepakbola atau futsal saja, hujan kadang menjadi penghalang bagi kita untuk bermain atau sekadar berangkat bermain, atau teriknya panas di siang bolong akan mengurungkan niat kita untuk bermain sepakbola di lapangan outdoor atau di tempat terbuka. Adanya cuaca yang tidak bersahabat dapat mempengaruh mood kita untuk bermain sepakbola. Ini bukan soal manja atau tidak manja, tapi sains ternyata menunjukkan kalau cuaca memang berpengaruh.

pertandingan sepakbola saat hujan
Ada banyak penelitian mengenai efek dan pengaruh cuaca terhadap sepakbola. Tentunya kebanyakan tentang topik cuaca hujan dan salju yang dirasa paling memberi dampak pada jalannya pertandingan sepakbola. Pada prinsipnya, hujan akan membuat rumput lapangan menjadi basah. Permukaan lapangan yang basah tentu akan membuat bola tidak sering terpantul. Akibatnya pemain sepakbola juga akan semakin sulit dalam berlari.

Sementara untuk lapangan bersalju juga tak kalah parah dari hujan. Salju jelas akan menghambat alur bergulirnya bola. Saat salju pun disarankan tidak menggunakan bola berwarna putih. Alasannya bola menjadi tidak terlihat karena sama dengan warna putih salju. Untuk itu saat pertandingan bersalju biasa digunakan bola sepak yang berwarna merah atau oranye yang terlihat.

Hal-hal di atas tentunya akan membuat mencetak gol menjadi sulit. Itu lah kenapa banyak penelitian menunjukkan bahwa kita akan melihat jumlah gol yang lebih sedikit ketika hujan atau salju. Selain itu, hujan atau salju juga akan membatasi pergerakan pemain. Sebuah tim menjadi akan bermain lebih pasif dan menurunkan intensitas permainan mereka. Hal tersebut juga pastinya akan memengaruhi permainan.

Jadi terbukti sudah secara saintifik, umumnya cuaca dan temperatur bisa memengaruhi pertandingan sepakbola. Hal-hal di atas adalah teori yang sudah terbukti secara sains, meskipun tidak selalu akurat mengingat banyak aspek lainnya yang juga berpengaruh seperti teknik, fisik, mental atau mungkin faktor non-teknis lain.

Pengaruh Cuaca Terhadap Pertandingan Sepakbola | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola