Lama Waktu Permainan Sepak Bola (Durasi Waktu Normal & Extra Time)

Lama Waktu Permainan Sepak Bola (Durasi Waktu Normal & Extra Time)

Lama permainan sepak bola – Sepak bola adalah permainan bola yang dimainkan oleh 2 (dua) tim yang saling berusaha untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Dalam olahraga sepak bola ada beberapa aturan dasar yang ditetapkan, termasuk tentang durasi waktu permainan sepak bola dimainkan di lapangan.

Aturan mengenai durasi permainan sepak bola ini ditetapkan secara internasional. Artinya tiap pertandingan sepak bola resmi di tiap negara menggunakan waktu yang sama. Hal ini juga telah ditetapkan dalam Laws of the Game yang ditetapkan oleh IFAB atau International Football Association Board.

Dalam pertandingan yang tidak mengharuskan adanya pemenang, durasi waktu akan berakhir usai waktu normal biasa. Namun jika pertandingan mengharuskan adanya pemenang, maka pertandingan akan diteruskan pada babak extra time atau perpanjangan waktu.

(baca juga pengertian offside)

lama permainan sepak bola

Lama Permainan Sepak Bola

Berikut ini merupakan pembahasan lama waktu permainan sepak bola mulai dari waktu normal, waktu tambahan, dan perpanjangan waktu serta aturan golden goal, silver goal, dan adu penalti selengkapnya.

Waktu Normal

Waktu permainan sepak bola di waktu normal adalah 2 x 45 menit. Artinya terdapat 2 babak, tiap babak terdiri dari 45 menit permainan. Total ada 90 menit durasi waktu pertandingan di waktu normal ini. Waktu permainan terus berjalan saat pertandingan berlangsung, dan tidak berhenti meski bola keluar lapangan.

Antar babak terdapat jeda istirahat selama 15 menit. Usai babak pertama disebut sebagai half-time, sedangkan ketika babak kedua usai dan pertandingan berakhir disebut sebagai full-time. Di akhir tiap babak biasanya terdapat waktu tambahan atau injury time.

Injury Time

Injury time, biasa disebut juga dengan istilah additional time atau stoppage time, merupakan waktu yang ditambahkan di akhir tiap babak. Hal ini dilakukan karena di waktu normal, mungkin permainan banyak terhenti karena bola sering keluar lapangan atau karena ada cedera pemain.

Wasit dapat menentukan berapa waktu tambahan di setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera yang membutuhkan pertolongan, ataupun penghentian lainnya. Umumnya waktu injury time berkisar antara 1 menit sampai 5 menit, tapi bisa juga lebih.

Extra Time

Kadang-kadang terdapat pertandingan yang mengharuskan adanya pemenang, umumnya terjadi di sistem gugur. Pada kasus ini, jika kedua tim yang bertanding tetap bermain imbang hingga waktu normal 90 menit usai, maka akan diadakan extra time atau perpanjangan waktu untuk menentukan pemenangnya.

Lama perpanjangan waktu dalam sepak bola adalah 2 x 15 menit. Terdapat 2 babak, masing-masing babak terdiri dari 30 menit permainan. Total ada 30 menit waktu extra time ini. Jika digabung dengan waktu normal 90 menit, maka akan ada 120 menit durasi pertandingan yang harus diteruskan ke masa perpanjangan waktu.

Silver Goal, Golden Goal, dan Adu Penalti

Dalam extra time, ada beberapa aturan mengenai gol yang pernah diterapkan. Yang pertama adalah aturan golden goal (gol emas), dimana tim pertama yang mencetak gol dalam extra time langsung dinyatakan sebagai pemenang. Golden goal sempat diterapkan di era 90an dan akhir 2000an, namun kini sudah tidak digunakan lagi.

Lalu ada aturan silver goal (gol perak), yakni jika tim berhasil unggul pada babak pertama extra time, maka tim tersebut langsung dinyatakan sebagai pemenang dan tidak perlu diadakan babak kedua extra time. Aturan ini pun sudah tidak pernah digunakan lagi.

Saat ini, IFAB menetapkan bahwa perpanjangan waktu akan tetap berlangsung selama 2 x 15 menit, tanpa menggunakan aturan golden goal atau silver goal. Jika kedudukan masih imbang usai 120 menit waktu pertandingan, maka akan diadakan babak adu penalti untuk menentukan tim mana yang jadi pemenang.

Nah itulah penjelasan mengenai lama permainan sepak bola dari durasi waktu normal (90 menit), injury time, serta extra time (30 menit). Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan sepak bola.

Tinggalkan komentar