Kenapa Seragam/Kaos Sepakbola Disebut Jersey?

Sebagai olahraga permainan paling populer, tentu hal-hal yang bergubungan dengan sepakbola akan menjadi cepat populer. Salah satu pernak-pernik populer dari sepakbola adalah jersey. Sebutan jersey memang sudah sering didengar dan sangat akrab di telinga masyarakat umum. Jersey merupakan sebutan kaos/seragam yang dipakai oleh pemain sepakbola. Tren sepakbola yang tengah merebah di kalangan masyarakat luas membuat semua atribut yang dipakai para aktor lapangan hijau menjadi hits, tak terkecuali seragam yang mereka pakai.

Jersey atau seragam sepakbola memang menjadi produk merchandise paling menguntungkan bagi pihak klub maupun apparel pendukung perlengkapan bertanding tersebut. Para suporter klub seakan wajib untuk membeli jersey klub kebanggan yang mereka dukung. Belum lagi jika ada kolektor jersey. Mereka biasa mengumpulkan sejumlah jersey klub-klub, baik di era klasik maupun di era modern.

Fernando Torres

Torres memegang jersey no. 9 miliknya

Namun, tahukan anda kenapa kaos sepakbola disebut jersey? Kenapa orang-orang menyebutnya sebagai jersey? Mengapa tidak menyebutnya sebagai kaos atau seragam atau sebutan lainnya? Tentu semua pertanyaan memiliki sejarah dan penjelasan masing-masing, termasuk kenapa kaos sepakbola disebut jersey.

Rupanya, kaos sepakbola umumnya memang dibuat dengan bahan dasar kain bernama jersey, atau jenis tekstil rajutan yang terbuat dari katun dan campuran sintetis. Jenis katun ini berbeda dengan jenis katun lainnya, katun untuk jersey meruakan karun halus tapi lebih tebal dari spandex, serta bahan ini tak mudah berbulu.

Kain jersey tersebut berasal dari pulau bernama Jersey, yang merupakan bagian dari kepulauan Channel, antara negara Inggris dan negara Prancis di wilayah Eropa. Sebenarnya, daerah Jersey terkenal sebagai penghasil sapi jersey yang memiliki kadar lemak susu tertinggi di antara sapi perah lainnya.

Pemilihan bahan dasar ini kemudian langsung digemari karena sifatnya yang fleksibel, lentur dan mudah menyerap keringat. Hal itu yang membuat jersey nyaman digunakan untuk berolahraga. Kini, penggunaan kain jersey telah berkembang. Jersey tidak hanya digunakan untuk kaos sepakbola saja, namun juga olahraga lainnya yang berkaitan dan sejenis.

Berkat penemuan kain jersey sebagai bahan dasar kaos sepakbola, pulau ini pun semakin dikenal banyak orang. Nah itulah sekilas mengenai alasan kenapa seragam dan kaos sepakbola disebut jersey.

Kenapa Seragam/Kaos Sepakbola Disebut Jersey? | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola