10 Gelandang Terbaik Dunia Tahun 2019 Saat Ini (Update Terbaru)

10 Gelandang Terbaik Dunia Tahun 2019 Saat Ini (Update Terbaru)

Gelandang atau midfielder merupakan salah satu posisi penting dalam sepakbola. Banyak gelandang terbaik dunia yang dikenal karena kemampuan passing dan visi bermain yang bagus. Di tahun 2019 juga memunculkan beberapa nama pemain tengah terbaik yang patut diperhatikan.

(baca juga daftar 10 bek terbaik dunia)

Secara umum terdapat beberapa posisi dasar sebagai seorang pemain tengah, mulai dari gelandang bertahan (defensive midfielder), gelandang tengah (central midfielder), gelandang serang (attacking midfielder) atau gelandang sayap (winger).

Selain itu juga beberapa peran khusus gelandang lainnya, seperti box-to-box midfielder, gelandang jangkar, deep-lying playmaker hingga playmaker atau trequatista. Hal ini tentu memperkaya strategi dan taktik yang diterapkan oleh pelatih.

Untuk posisi gelandang tengah, ada beberapa nama yang dikedepankan, misalnya seperti Miralem Pjanic (Juventus), Christian Eriksen (Tottenham), hingga peraih Ballon d’Or 2018, Luka Modric (Real Madrid). Sementara nama-nama seperti Paul Pogba, Marco Verratti, dan Thiago Alcantara juga tampil bagus sepanjang musim.

Untuk urusan gelandang sayap atau winger, nama Eden Hazard mungkin jadi yang paling konsisten, meski banyak juga yang menganggapnya lebih cocok dikategorikan sebagai pemain depan. Winger atau gelandang sayap handal lainnya misalnya seperti Bernardo Silva, Papu Gomez, hingga Raheem Sterling juga tak kalah hebat.

Dari posisi gelandang dengan tipe bertahan, dua gelandang muda Frenkie de Jong dan Rodri mungkin jadi yang paling konsisten. Sementara gelandang bertahan yang lebih senior seperti N’Golo Kante, Fernandinho, atau Allan juga menunjukkan performa bagus pula.

10 Gelandang Terbaik Dunia 2019

Untuk itu kali ini kami telah memilih daftar 10 pemain tengah terbaik di dunia tahun 2019. List gelandang terbaik 2019 ini hanya didasarkan pada performa dan trofi sepanjang tahun 2019 saja, tanpa mempertimbangkan performa di tahun-tahun sebelumnya.

1. Eden Hazard

gelandang terbaik di dunia hazard

Klub : Chelsea/Real Madrid
Negara : Belgia

Eden Hazard mungkin layak jadi winger terbaik di dunia saat ini. Sebagai gelandang sayap, Hazard sangat aktif bergerak ke depan dengan kontribusi gol dan assist. Kemampuannya sudah diakui hingga Hazard jadi salah satu pemain terbaik di dunia tahun ini. Pada tahun 2019, ia akhirnya direkrut oleh Real Madrid dari Chelsea.

2. Bernardo Silva

Klub : Manchester City
Negara : Portugal

Bernardo Silva sukses menembus skuad inti Manchester City. Eks pemain AS Monaco bisa ditempatkan sebagai gelandang tengah, winger atau gelandang serang. Bernardo juga jadi andalan timnas Portugal sehingga tidak hanya bergantung pada Cristiano Ronaldo saja. Ia pun jadi salah satu pemain terbaik Liga Inggris saat ini.

3. Frenkie de Jong

Klub : Ajax Amsterdam/Barcelona
Negara : Belanda

Nama Frenkie de Jong mampu mencuat sebagai salah satu gelandang muda terbaik di dunia saat ini. Penampilan apiknya berkontribusi bagi kesuksesan Ajax Amsterdam meraih juara Eredivisie dan melaju ke babak semifinal Liga Champions. Pada akhirnya, Frenkie de Jong akan bergabung dengan Barcelona sejak pertengahan tahun 2019.

4. Raheem Sterling

Klub : Manchester City
Negara : Inggris

Raheem Sterling bukanlah gelandang murni, ia adalah gelandang serang yang sering beroperasi di sayap kiri atau sayap kanan. Sterling jadi salah satu pemain terbaik Liga Inggris musim 2018-2019. Gol-gol dan assistnya turut membantu Manchester City meraih treble winners di liga domestik musim lalu.

5. Luka Modric

gelandang terbaik dunia modric

Klub : Real Madrid
Negara : Kroasia

Luka Modric layak disebut sebagai salah satu gelandang tengah terbaik saat ini. Ia jadi pemain andalan di lini tengah Real Madrid. Berbagai trofi telah ia persembahkan bagi Real Madrid. Gelandang asal timnas Kroasia ini pun menjadi salah satu pemain terbaik dunia saat ini, bahkan pernah menyabet trofi Ballon d’Or tahun 2018 lalu.

6. Miralem Pjanic

gelandang terbaik dunia pjanic

Klub : Juventus
Negara : Bosnia & Herzegovina

Salah satu pemain tengah paling underrated di dunia saat ini. Miralem Pjanic selalu menjadi pemain andalan pada tim bertabur bintang Juventus musim ini. Ia dikenal memiliki passing bagus, visi bermain apik dan kemampuan mengontrol permainan. Pjanic layak masuk kategori gelandang top dunia saat ini.

7. Christian Eriksen

gelandang terbaik 2018 eriksen

Klub : Tottenham Hotspur
Negara : Denmark

Kesuksesan Tottenham melaju hingga babak final Liga Champions juga tak lepas dari peran Christian Eriksen. Pemain asal Denmark ini menjadi jenderal lapangan tengah bagi Tottenham. Selain skill basic sebagai midfielder, salah satu kemampuan andalannya adalah tendangan jarak jauhnya yang sering menjadi gol.

8. Rodri

Klub : Atletico Madrid
Negara : Spanyol

Rodri jadi salah satu gelandang muda paling berbakat saat ini. Bersama Atletico Madrid, Rodri menunjukkan grafik performa yang terus meningkat, sehingga ia mulai diperebutkan oleh banyak klub top Eropa di bursa transfer. Rodri kemungkinan akan bergabung dengan Manchester City.

9. Papu Gomez

Klub : Atalanta
Negara : Argentina

Alejandro Gomez atau biasa dikenal dengan nama Papu Gomez menjadi pemain paling berpengaruh bagi Atalanta dalam beberapa musim terakhir. Berposisi sebagai gelandang serang, Papu Gomez kerap menyumbang gol dan assist bagi Atalanta. Ia pun turut berjasa membawa Atalanta finish di peringkat 3 Serie A sehingga akan bermain di Liga Champions untuk pertama kali dalam sejarah klub.

10. N’Golo Kante

gelandang terbaik dunia kante

Klub : Chelsea
Negara : Prancis

Mantan pemain Leicester City ini teurs menunjukkan konsistensi permainan saat bermain bersama Chelsea. N’Golo Kante pun menjadi pemain paling konsisten bagi Chelsea. Tak heran jika nama pemain timnas Prancis ini dianggap sebagai gelandang bertahan terbaik di dunia. Ia sukses menjadi pilar penting Les Blues saat menjadi juara Piala Dunia 2018 lalu.

Pemain Tengah Terbaik Dunia 2019 Lainnya :

  • Fernandinho (Manchester City/Brasil)
  • Toni Kroos (Real Madrid/Jerman)
  • Marco Reus (Dortmund/Jerman)
  • Paul Pogba (Manchester United/Prancis)
  • Angel di Maria (PSG/Argentina)
  • Thiago Alcantara (Bayern Munchen/Spanyol)
  • Marco Verratti (PSG/Italia)
  • Sergej Milinkovic-Savic (Lazio/Serbia)
  • Arthur (Barcelona/Brasil)
  • Jadon Sancho (Dortmund/Inggris)
  • Tanguy Ndombele (Olympique Lyon/Prancis)
  • Moussa Sissoko (Tottenham/Prancis)
  • Kai Havertz (Leverkusen/Jerman)
  • Hakim Ziyech (Ajax Amsterdam/Maroko)
  • Josip Ilicic (Atalanta/Slovenia)
  • Fabian Ruiz (Napoli/Spanyol)
  • Federico Chiesa (Fiorentina/Italia)
  • Dani Parejo (Valencia/Spanyol)
  • Federico Bernardeschi (Juventus/Italia)
  • Allan (Napoli/Brasil)

Itulah info list daftar 10 gelandang terbaik 2019 terbaru update lengkap. Nama-nama pemain tengah terbaik antara lain adalah Frenkie de Jong, Modric, Pjanic, dan Eriksen. Sementara winger dan gelandang serang terbaik misalnya yaitu Hazard, Bernardo, Sterling, dan Papu Gomez. Menarik melihat siapa yang akan jadi gelandang terbaik di dunia pada tahun 2020 nanti.

Tinggalkan komentar