10+ Gelandang Terbaik Dunia Saat Ini (2022) yang Paling Hebat

10+ Gelandang Terbaik Dunia Saat Ini (2022) yang Paling Hebat

Gelandang atau midfielder merupakan salah satu posisi penting dalam sepak bola. Banyak gelandang terbaik dunia yang dikenal karena kemampuan passing dan visi bermain yang bagus. Di tahun 2022 juga memunculkan beberapa nama pemain tengah terbaik dunia yang patut diperhatikan.

Secara umum terdapat beberapa posisi dasar sebagai seorang pemain tengah, mulai dari gelandang bertahan (defensive midfielder), gelandang tengah (central midfielder), gelandang serang (attacking midfielder) atau gelandang sayap (wide midfielder).

Selain itu juga beberapa peran khusus gelandang lainnya, seperti box-to-box midfielder, gelandang jangkar, deep-lying playmaker hingga playmaker atau trequatista. Hal ini tentu kian memperkaya strategi dan taktik yang diterapkan oleh pelatih.

Beberapa pemain tengah tampil bagus musim ini. Misalnya di sektor gelandang bertahan, ada nama-nama seperti Joshua Kimmich, Marcelo Brozovic, Jorginho atau Casemiro yang tampil bagus. Gelandang tengah seperti Luka Modric, Toni Kroos, Nicolo Barella, dan Jude Bellingham juga pantas dikedepankan.

Sektor gelandang serang memunculkan nama-nama hebat seperti Kevin De Bruyne, Hakan Calhanoglu, Bruno Fernandes, dan Thomas Muller. Adapun gelandang sayap seperti Federico Chiesa, Bernardo Silva, Filip Kostic, dan Phil Foden juga tampil hebat sepanjang musim.

(baca juga 10 bek terbaik dunia)

10 Gelandang Terbaik Dunia 2022

Untuk itu kali ini kami telah memilih daftar 10 gelandang terbaik di dunia tahun 2022 terbaru. List berikut hanya didasarkan pada performa dan trofi dalam setahun terakhir saja, tanpa mempertimbangkan performa di tahun-tahun sebelumnya.

Keterangan lain, hanya menampilkan pemain yang berposisi sebagai gelandang di musim ini. Pemain berposisi sebagai attacking winger atau second striker seperti Leroy Sane, Raheem Sterling, Jadon Sancho, Sadio Mane, Paulo Dybala, Serge Gnabry, Joao Felix hingga Son Heung-min tidak termasuk dalam list ini.

1. Thomas Muller

Klub : Bayern Munchen
Negara : Jerman

Cukup sulit menebak apa posisi terbaik Thomas Muller. Ia bisa ditempatkan sebagai gelandang, striker, atau winger. Musim ini ia lebih sering ditempatkan sebagai gelandang serang. Pergerakannya begitu lihai hingga menjadi pemain dengan assist terbanyak di Bundesliga. Ia berperan besar ketika Bayern meraih treble winners musim 2019-2020 lalu.

2. Marcelo Brozovic

pemain terbaik liga italia 2020 marcelo brozovic

Klub : Inter Milan
Negara : Kroasia

Marcelo Brozovic jadi salah satu nama gelandang yang underrated dalam beberapa tahun terakhir. Ia menjadi gelandang andalan Inter dalam keberhasilan mereka jadi juara Serie A tahun 2021 lalu. Gelandang internasional Kroasia ini menjalankan peran vital di lini tengah Inter sebagai pemutus serangan lawan dan pengatur serangan.

3. Luka Modric

pemain terbaik liga spanyol 2010an luka modric

Klub : Real Madrid
Negara : Kroasia

Usianya sudah tidak muda lagi, namun Luka Modric masih jadi andalan Real Madrid tahun ini. Bisa dibilang, Modric masih jadi gelandang terbaik di La Liga dan salah satu gelandang terbaik di dunia. Ia masih memiliki stamina tinggi ditambah kemampuan mengatur serangan mumpuni. Modric masih memiliki kelas di saat pemain lain sudah memutuskan pensiun di usianya.

4. Joshua Kimmich

pemain terbaik liga champions 2020 joshua kimmich

Klub : Bayern Munchen
Negara : Jerman

Mengawali karir sebagai bek kanan, kini Kimmich menjadi gelandang andalan Bayern dan timnas Jerman. Bahkan ia kerap dianggap sebagai salah satu gelandang tengah terbaik di dunia. Kemampuan skill bola, crossing akurat, dan determinasi tinggi membuat Kimmich mampu tampil bagus sebagai gelandang tengah.

5. Bernardo Silva

Klub : Manchester City
Negara : Portugal

Musim 2021-2022 menjadi musim kebangkitan Bernardo Silva. Setelah sempat diisukan akan dijual, Bernardo justru jadi andalan di lini tengah Manchester City. Ia memiliki kemampuan skill olah bola mumpuni, ditambah ia piawai mencetak gol atau assist. Di tengah banyaknya pemain tengah di klub, Bernardo Silva bisa jadi merupakan gelandang andalan Man City tahun ini.

6. Jorginho

pemain terbaik euro 2020 jorginho

Klub : Chelsea
Negara : Italia

Jorginho menjadi gelandang tengah andalan Chelsea dan timnas Italia. Ia menjalankan peran regista atau pengatur tempo. Jorginho jadi salah satu gelandang terbaik tahun ini, dimana ia jadi pemain inti dalam keberhasilan Chelsea jadi juara Liga Champions serta saat timnas Italia menjadi juara Piala Eropa.

7. Rodri

gelandang bertahan terbaik dunia rodri

Klub : Manchester City
Negara : Spanyol

Rodri juga mampu menjukkan performa bagus bersama Manchester City. Ia jadi figur penting The Citizen saat menjadi juara Premier League musim 2020-2021. Rodri dikenal memiliki akurasi umpan yang bagus, meski masih butuh perbaikan untuk meningkatkan agresivitasnya. Usianya masih muda sehingga ia dapat terus berkembang di tahun-tahun mendatang.

8. Kevin De Bruyne

gelandang terbaik 2020 kevin de bruyne

Klub : Manchester City
Negara : Belgia

Kevin De Bruyne merupakan salah satu gelandang terbaik dunia tahun ini. Ia jadi kreator andalan Manchester City dan timnas Belgia. De Bruyne juga jadi raja assist dengan jumlah assist terbanyak di Liga Inggris dalam beberapa musim terakhir. Ia memang dikenal memiliki kemampuan passing dan crossing yang mumpuni.

9. Nicolo Barella

gelandang terbaik dunia nicolo barella

Klub : Inter Milan
Negara : Italia

Nicolo Barella menjadi gelandang muda berbakat dalam beberapa tahun terakhir. Bersama Inter Milan, Barella kian menunjukkan performa bagus. Ia turut andil dalam kesuksesan Inter merebut scudetto. Kini Barella juga jadi gelandang tengah utama di timnas Italia dimana ia turut berjasa ketika Italia menjadi juara UEFA Euro.

10. Federico Chiesa

Klub : Juventus
Negara : Italia

Federico Chiesa jadi salah satu pemain paling bersinar musim lalu. Ia berposisi sebagai winger, namun posisinya kerap sejajar dengan gelandang sehingga masuk kriteria list ini. Chiesa jadi winger andalan Juventus sebagai kreator untuk mencetak gol. Ia juga jadi andalan timnas Italia dan sukses menjadi juara UEFA Euro tahun 2021 lalu.

Pemain tengah terbaik 2022 lainnya :

  • Toni Kroos (Real Madrid, Jerman)
  • Hakan Calhanoglu (Inter, Turki)
  • Aurelien Tchouameni (Monaco, Prancis)
  • Florian Wirtz (Leverkusen, Jerman)
  • Jude Bellingham (Dortmund, Inggris)
  • Mikel Merino (Real Sociedad, Spanyol)
  • Christopher Nkunku (RB Leipzig, Prancis)
  • Phil Foden (Manchester City, Inggris)
  • Bruno Fernandes (Manchester United, Portugal)
  • N’Golo Kante (Chelsea, Prancis)
  • Marco Verratti (PSG, Italia)
  • Sergej Milinkovic-Savic (Lazio, Serbia)
  • Declan Rice (West Ham, Inggris)
  • Fabian Ruiz (Napoli, Spanyol)
  • Manuel Locatelli (Juventus, Italia)
  • Filip Kostic (Eintracht Frankfurt, Serbia)
  • Casemiro (Real Madrid, Brasil)
  • Lucas Paqueta (Lyon, Brasil)

Itulah info daftar 10 gelandang terbaik di dunia saat ini. Kimmich, De Bruyne, Modric, Muller, dan Jorginho masih jadi yang terdepan jika menyusun list pemain tengah terbaik yang paling konsisten. Tentu banyak juga gelandang muda terbaik yang bermunculan seperti Bellingham, Foden, Tchouameni atau Wirtz. Menarik untuk menantikan siapa yang akan jadi gelandang terbaik di dunia 2023 nanti.

Satu pemikiran pada “10+ Gelandang Terbaik Dunia Saat Ini (2022) yang Paling Hebat”

  1. Buset,
    Bisa-nya naruh toni kroos di no 10.
    wkwkwk,

    Diantara semua gelandang yang ada di atas, hanya toni kroos yang memiliki cara main berbeda.

    Selebihnya sama2 rata aja, cara mainnya.

    Harusnya toni kroos no. 1

    haha

Tinggalkan komentar