10+ Gelandang Terbaik Dunia Saat Ini (2020) yang Paling Hebat

10+ Gelandang Terbaik Dunia Saat Ini (2020) yang Paling Hebat

Gelandang atau midfielder merupakan salah satu posisi penting dalam sepak bola. Banyak gelandang terbaik dunia yang dikenal karena kemampuan passing dan visi bermain yang bagus. Di tahun 2020 juga memunculkan beberapa nama pemain tengah terbaik dunia yang patut diperhatikan.

Secara umum terdapat beberapa posisi dasar sebagai seorang pemain tengah, mulai dari gelandang bertahan (defensive midfielder), gelandang tengah (central midfielder), gelandang serang (attacking midfielder) atau gelandang sayap (wide midfielder).

Selain itu juga beberapa peran khusus gelandang lainnya, seperti box-to-box midfielder, gelandang jangkar, deep-lying playmaker hingga playmaker atau trequatista. Hal ini tentu memperkaya strategi dan taktik yang diterapkan oleh pelatih.

Beberapa pemain tengah tampil bagus musim ini. Misalnya di sektor gelandang bertahan, ada nama-nama seperti Joshua Kimmich, Frenkie de Jong, Casemiro atau Idrissa Gueye yang tampil bagus. Gelandang tengah seperti Toni Kroos, Marco Verratti, Paul Pogba, dan Jordan Henderson juga pantas dikedepankan.

Sektor gelandang serang memunculkan nama-nama hebat seperti Kevin De Bruyne, Papu Gomez, Luis Alberto dan Kai Havertz. Adapun gelandang sayap seperti Jadon Sancho, Marcel Sabitzer, Angel Di Maria, dan Hakim Ziyech juga tampil hebat sepanjang musim.

(baca juga 10 bek terbaik dunia)

10 Gelandang Terbaik Dunia 2020

Untuk itu kali ini kami telah memilih daftar 10 gelandang terbaik di dunia tahun 2020 terbaru. List berikut hanya didasarkan pada performa dan trofi sepanjang tahun 2020 saja, tanpa mempertimbangkan performa di tahun-tahun sebelumnya.

Keterangan lain, hanya menampilkan pemain yang berposisi sebgai gelandang di musim ini. Pemain berposisi sebagai attacking winger atau second striker seperti Sadio Mane, Raheem Sterling, Paulo Dybala, Serge Gnabry, Mohamed Salah, Joao Felix hingga Son Heung-min tidak termasuk dalam list ini.

1. Kevin De Bruyne

gelandang terbaik 2020 kevin de bruyne

Klub : Manchester City
Negara : Belgia

Kevin De Bruyne sangat layak menyandang predikat gelandang terbaik dunia tahun ini. Ia jadi kreator andalan Manchester City dan timnas Belgia. De Bruyne juga jadi raja assist dengan jumlah assist terbanyak di Liga Inggris dan keseluruhan 5 liga top Eropa yang kian menegaskan kemampuannya.

2. Joshua Kimmich

pemain terbaik liga champions 2020 joshua kimmich

Klub : Bayern Munchen
Negara : Jerman

Transformasi Joshua Kimmich dari posisi bek kanan menjadi gelandang tengah berjalan sukses. Ia memang lebih sering dimainkan sebagai gelandang tengah musim ini. Kimmich kini menjadi gelandang andalan Bayern, dan bahkan kerap dianggap sebagai salah satu gelandang tengah terbaik di dunia.

3. Thomas Muller

Klub : Bayern Munchen
Negara : Jerman

Cukup sulit menebak apa posisi terbaik Thomas Muller. Ia bisa ditempatkan sebagai gelandang, striker, atau winger. Musim ini ia lebih sering ditempatkan sebagai gelandang serang. Pergerakannya begitu lihai hingga menjadi pemain dengan assist terbanyak di Bundesliga. Ia berperan besar ketika Bayern meraih treble winners musim 2019-2020.

4. Jadon Sancho

Klub : Borussia Dortmund
Negara : Inggris

Jadon Sancho berposisi sebagai winger atau gelandang serang. Dalam list ini, ia masuk kategori gelandang. Sancho dikenal sebagai salah satu pemain muda terbaik dunia saat ini. Sancho telah mengoleksi banyak gol dan assist bagi Dortmund musim ini. Atas performanya, ia pun diincar oleh banyak klub top Eropa lainnya.

5. Toni Kroos

pemain terbaik liga champions 2018 toni kroos

Klub : Real Madrid
Negara : Jerman

Selama beberapa musim terakhir, Toni Kroos mampu membuktikan dirinya sebagai salah satu gelandang top papan atas. Kemampuan passing Kroos memang sudah teruji, begitu pula dengan visi permainan yang sangat diandalkan oleh Real Madrid dan timnas Jerman.

6. Thiago Alcantara

gelandang terbaik dunia thiago

Klub : Bayern Munchen
Negara : Spanyol

Thiago Alcantara menunjukkan performa gemilang tahun ini. Ia jadi salah satu pemain penting saat Bayern meraih trofi Liga Champions musim 2019-2020. Visi permainan yang bagus ditambah passing akurat menjadi atribut utama yang ia tonjolkan di tiap pertandingan.

7. Papu Gomez

Klub : Atalanta
Negara : Argentina

Papu Gomez menjadi salah satu pemain paling underrated. Ia konsisten menunjukkan performa gemilang di Serie A bersama Atalanta, hingga menjadi top assist Liga Italia. Gomez menjadi kapten Atalanta yang sukses menembus perempat final Liga Champions. Di usia yang sudah tidak muda, ia masih memiliki skill ciamik.

8. Bruno Fernandes

Klub : Manchester United
Negara : Portugal

Sejak didatangkan ke MU pada awal tahun 2020, Bruno Fernandes menjelma sebagai salah satu pemain terbaik di Premier League. Ia memiliki visi bermain bagus ditambah tembakan yang akurat. Fernandes memberi pengaruh besar bagi kebangkitan Manchester United lewat kontribusinya.

9. Casemiro

Klub : Real Madrid
Negara : Brasil

Casemiro masih layak menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia. Ia jadi pemain kunci Real Madrid dalam beberapa musim terakhir, termasuk saat meraih 3 trofi Liga Champions beruntun (2016-2018). Casemiro masih menunjukkan performa kelas dunia sepanjang tahun ini.

10. Kai Havertz

Klub : Chelsea
Negara : Jerman

Pemain baru Chelsea, Kai Havertz, juga layak masuk jajaran gelandang terbaik saat ini. Performanya bersama Leverkusen musim lalu memang sangat bagus. Ia dikenal sebagai gelandang serang yang konsisten dan sering mencetak gol atau assist bagi tim yang dibelanya.

Pemain tengah terbaik 2020 lainnya :

  • Angel Di Maria (PSG/Argentina)
  • Luis Alberto (Lazio/Spanyol)
  • Leon Goretzka (Bayern Munchen/Jerman)
  • Marcel Sabitzer (RB Leipzig/Austria)
  • Houssem Aouar (Lyon/Prancis)
  • Sergej Milinkovic-Savic (Lazio/Serbia)
  • Marco Verratti (PSG/Italia)
  • Jordan Henderson (Liverpool/Inggris)
  • Marcelo Brozovic (Inter/Kroasia)
  • Frenkie de Jong (Barcelona/Belanda)
  • Nicolo Zaniolo (AS Roma/Italia)
  • Mateo Kovacic (Chelsea/Kroasia)
  • Fabian Ruiz (Napoli/Spanyol)
  • Nicolo Barella (Inter/Italia)
  • Thomas Partey (Atletico Madrid/Ghana)
  • Martin Odegaard (Real Madrid/Norwegia)

Beberapa gelandang hebat dalam beberapa tahun terakhir tidak masuk dalam list di atas karena performa yang kurang bagus atau karena dilanda cedera, sebut saja seperti Luka Modric (Real Madrid), Christian Eriksen (Inter Milan), Miralem Pjanic (Barcelona), Sergio Busquets (Barcelona), Koke (Atletico Madrid), Paul Pogba (Manchester United), dan N’Golo Kante (Chelsea).

Itulah info daftar 10 gelandang terbaik di dunia saat ini. De Bruyne, Kroos, Muller, dan Thiago masih jadi yang terdepan jika menyusun list pemain tengah terbaik yang paling konsisten. Tentu banyak juga gelandang muda terbaik yang bermunculan seperti Havertz, Aouar atau Sancho. Menarik melihat siapa yang akan jadi gelandang terbaik di dunia 2021 nanti.

Tinggalkan komentar