5+ Gelandang Bertahan Terbaik Dunia Saat Ini (2022) Paling Tangguh

5+ Gelandang Bertahan Terbaik Dunia Saat Ini (2022) Paling Tangguh

Gelandang bertahan terbaik dunia 2022 – Posisi gelandang atau pemain tengah jadi salah satu posisi krusial dalam sepak bola, yang menghubungkan lini tengah dan lini depan. Lebih spesifik lagi, posisi gelandang bertahan memiliki tugas untuk jadi pemain pertama yang menghentikan serangan lawan. Tak heran jika gelandang bertahan atau defensive midfielder memiliki peran krusial.

Dibandingkan pemain depan yang berposisi sebagai striker, winger atau gelandang serang, posisi gelandang bertahan memang sering diremehkan atau disepelekan. Padahal peran gelandang bertahan juga penting dan krusial. Dibutuhkan atribut tackle, passing, dan tactical awareness yang bagus untuk jadi gelandang bertahan hebat.

Dalam sejarah sepak bola, ada banyak gelandang bertahan terbaik sepanjang masa yang terkenal dan legendaris, sebut saja seperti Lothar Matthaus (Jerman), Frank Rijkaard (Belanda), Claude Makelele (Prancis), Roy Keane (Irlandia), Marco Tardelli (Italia), Fernando Redondo (Argentina), Patrick Vieira (Prancis), Xabi Alonso (Spanyol), Gennaro Gattuso (Italia), dan lain-lain.

Lantas bagaimana dengan gelandang bertahan terbaik di dunia tahun ini? Dalam beberapa tahun terakhir, Joshua Kimmich dan Casemiro pantas dikedepankan. Keduanya jadi pilar penting klubnya masing-masing dalam meraih kesuksesan di level domestik dan Eropa. Ada juga nama N’Golo Kante yang dikenal agresif sebagai perebut bola dengan stamina yang bagus.

Gelandang bertahan juga bisa jadi pemain yang bertugas mengatur tempo permainan di depan bek, sebut saja seperti peran yang sering dijalankan oleh Jorginho atau Marcelo Brozovic. Beberapa gelandang muda hebat seperti Declan Rice atau Sandro Tonali juga tidak boleh dilewatkan.

5 Gelandang Bertahan Terbaik di Dunia

Berikut ini akan dibagikan daftar 5 gelandang bertahan terbaik di dunia saat ini tahun 2022 berdasarkan performa dan konsistensinya. List ini tidak menyertakan pemain yang lebih sering berposisi sebagai gelandang tengah atau gelandang serang.

1. Joshua Kimmich

pemain terbaik liga champions 2020 joshua kimmich

Klub : Bayern Munchen
Negara : Jerman

Meski mengawali karir sebagai bek kanan, namun kini Joshua Kimmich lebih dikenal sebagai seorang gelandang tangguh. Kimmich pun langsung menjadi andalan di lini tengah Bayern Munchen dan timnas Jerman. Ia solid dalam bertahan, namun juga bisa diandalkan dalam mengatur tempo serangna. Tak salah jika ia kerap dinobatkan sebagai gelandang bertahan dunia dalam beberapa musim terakhir.

2. Rodri

gelandang bertahan terbaik dunia rodri

Klub : Manchester City
Negara : Spanyol

Rodri juga mampu menjukkan performa bagus bersama Manchester City. Ia jadi figur penting The Citizen saat menjadi juara Premier League musim 2020-2021. Rodri dikenal memiliki akurasi umpan yang bagus, meski masih butuh perbaikan untuk meningkatkan agresivitasnya. Usianya masih muda sehingga ia dapat terus berkembang di tahun-tahun mendatang.

3. Jorginho

pemain terbaik euro 2020 jorginho

Klub : Chelsea
Negara : Italia

Jorginho berposisi sebagai gelandang bertahan karena ia ditempatkan di depan pemain belakang. Ia kerap menjalankan peran regista atau pengatur tempo. Jorginho jadi salah satu gelandang terbaik tahun 2021 lalu, dimana ia jadi pemain inti dalam keberhasilan Chelsea jadi juara Liga Champions serta saat timnas Italia menjadi juara Piala Eropa.

4. Marcelo Brozovic

pemain terbaik liga italia 2020 marcelo brozovic

Klub : Inter Milan
Negara : Kroasia

Marcelo Brozovic jadi salah satu nama gelandang yang underrated dalam beberapa tahun terakhir. Ia menjadi gelandang andalan Inter dalam keberhasilan mereka jadi juara Serie A tahun 2021 lalu. Gelandang internasional Kroasia ini menjalankan peran vital di lini tengah Inter sebagai pemutus serangan lawan dan pengatur serangan.

5. Casemiro

Klub : Real Madrid
Negara : Brasil

Casemiro masih menunjukkan performa bagus tahun ini bersama Real Madrid dan timnas Brasil. Sebagai gelandang bertahan, Casemiro memang mampu tampil bagus lewat tackle dan interception-nya. Ia jadi pemain pertama yang menghentikan serangan lawan. Casemiro sudah jadi salah satu gelandang bertahan terbaik dunia dalam beberapa musim terakhir.

Gelandang bertahan terbaik dunia lainnya

  • N’Golo Kante (Chelsea, Prancis)
  • Fabinho (Liverpool, Brasil)
  • Mikel Merino (Real Sociedad, Spanyol)
  • Aurelien Tchouameni (Monaco, Prancis)
  • Declan Rice (West Ham, Inggris)
  • Sandro Tonali (AC Milan, Italia)
  • Frenkie De Jong (Barcelona, Belanda)
  • Bruno Guimaraes (Lyon, Brasil)
  • Wilfred Ndidi (Leicester, Nigeria)
  • William Carvalho (Real Betis, Portugal)
  • Andre Zambo Anguissa (Napoli, Kamerun)
  • Joao Palhinha (Sporting CP, Portugal)
  • Ruben Neves (Wolves, Portugal)

List hanya menampilkan pemain yang sering berposisi sebagai gelandang bertahan secara natural, sehingga tidak menyertakan nama-nama seperti Leon Goretzka (Bayern), Manuel Locatelli (Juventus), Franck Kessie (AC Milan) atau Jude Bellingham (Dortmund) karena lebih pantas disebut sebagai gelandang tengah, bukan gelandang bertahan.

Itulah info daftar 10 gelandang bertahan terbaik di dunia saat ini. Kimmich, Kante, dan Casemiro masih jadi yang terdepan jika menyusun list gelandang bertahan terbaik yang paling konsisten. Tentu banyak juga gelandang bertahan muda hebat yang bermunculan seperti Declan Rice, Tonali atau Tchouameni. Menarik melihat siapa yang akan jadi gelandang bertahan terbaik di dunia 2023 nanti.

Tinggalkan komentar