Biografi Dondinho, Ayah Kandung dan Mentor Pele

Dondinho adalah pemain sepakbola Brasil yang berposisi sebagai penyerang. Nama aslinya adalah Joao Ramos do Nascimento. Ia lahir pada tanggal 2 Oktober 1917 dan meninggal dunia pada 16 November 1996. Dondinho paling dikenal oleh publik sebagai ayah Pele, pemain legenda Brasil yang sering disebut sebagai pemain sepakbola terbaik sepanjang masa. Dondinho pun menjadi mentor bagi Pele saat masih muda. Dondinho sendiri juga merupakan penyerang yang tajam, dimana ia mencetak lebih dari 800 gol, meski hanya berlaga di kompetiisi amatir Brasil tahun 40an. Berikut info profil dan biografi Dondinho selengkapnya.

Biodata Dondinho

Nama lengkap : Joao Ramos do Nascimento
Tempat lahir : Campos Gerais, Brasil
Tanggal lahir : 2 Oktober 1917
Tempat meninggal : Sao Paulo
Tanggal meninggal : 16 November 1996 (usia 79 tahun)
Kebangsaan : Brasil
Tinggi : 183 cm
Posisi : Penyerang

Dondinho Ayah Pele

Dondinho

Biografi Dondinho

Dondinho berposisi sebagai penyerang memulai karir junior di Atletico Mineiro. Ia kemudian bermain untuk sejumlah klub kecil dari Brasil. Sejumlah klub seperti Atletico Clube Tres Coracoes, EC Sao Lourenco atau Vasco de Sao Lourenco ia bela. Namun baru di klub Bauru ia menemukan performa terbaik. Di era 1940an, ia menjadi penyerang andalan Bauru dan berhasil menjadi juara Campeonato do Interior di tahun 1946.

Ia bermain untuk Bauru sampai tahun 1952 dan kemudian memutuskan pensiun karena cedera. Total sepanjang karir sepakbolanya, Dondinho mencatatkan rekor impresif dengan mencetak 893 gol hanya dari 775 pertandingan saja. Tentu hal ini menegaskan skill dari Dondinho yang dijuluki Iblis karena kemampuan mencetak gol yang tajam. Memang Dondinho tidak bermain di kompetisi level atas dimana di tahun 40an kompetisi Brasil masih tergolong kelas rendah atau bahkan bisa dibilang amatir. Meski begitu rekor gol yang ia cetak patut diapresiasi.

Dondinho juga terkenal karena pernah mencetak lima gol lewat sundulan dalam satu pertandingan, hampir belum ada pemain lain yang bisa melakukannya. Dondinho juga pernah membela timnas Brasil 6 kali dan mencetak 19 gol di era 40an. Ia kemudian lebih dikenal sebagai ayah kandung dari Edson Arantes do Nascimento atau biasa disebut Pele. Seperti diketahui Pele merupakan salah satu pemain terbaik sepanjang masa dengan tiga gelar Piala Dunia yang mencetak lebih dari 1000 gol.

Karir Klub Dondinho

1940 – Atletico Clube Tres Coracoes
1940 – Atletico Mineiro
1940 – EC Sao Lourenco-MG
1940 – Vasco de Sao Lourenco-MG
1946-1952 – Bauru

Caps Timnas Brasil : 6 main, 19 gol

Penghargaan Dondinho

Bauru
Campeonato do Interior (1946)

Rekor Pribadi
Mencetak 5 Gol Sundulan dalam 1 Pertandingan

Biografi Dondinho, Ayah Kandung dan Mentor Pele | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola