10+ Bek Terbaik Dunia Saat Ini (2021) yang Paling Tangguh

10+ Bek Terbaik Dunia Saat Ini (2021) yang Paling Tangguh

Siapakah bek terbaik dunia di tahun ini? Pertanyaan ini kerap memiliki jawaban berbeda. Ada banyak bek tangguh kelas dunia yang bermain di liga top Eropa, baik Serie A, La Liga, Premier League, Bundesliga dan Ligue 1. Kali ini kami akan memilih daftar 10 bek terbaik di dunia saat ini untuk tahun 2021 update terbaru.

Secara umum ada 3 posisi pemain belakang dalam sepak bola, yaitu bek tengah, bek kanan dan bek kiri. Ketiganya tentu membutuhkan atribut defender yang bagus. Terdapat beberapa parameter untuk bisa menentukan bek terbaik di dunia saat ini.

Atribut bertahan menjadi faktor utama, meliputi tackling, marking, heading hingga kemampuan reading the game. Selain skill bertahan, faktor konsistensi permainan, pengaruh bagi tim serta trofi yang didapat juga kerap jadi faktor untuk menentukan defender terbaik dunia.

Virgil van Dijk mungkin jadi nama bek terbaik dunia yang layak dikedepankan. Dalam beberapa tahun terakhir, ia jadi salah satu bek terbaik berkat penampilan bagus bersama Liverpool. Bek tengah senior lain seperti Sergio Ramos, Kalidou Koulibaly atau Thiago Silva juga tak boleh dilewatkan.

Dari sektor bek sayap juga ada bek-bek hebat dengan kemampuan bertahan dan menyerang yang tangguh. Nama-nama bek kanan terbaik saat ini misalnya Trent Alexander-Arnold, Achraf Hakimi, dan Dani Carvajal. Sementara deretan bek kiri terbaik dunia contohnya yaitu Alphonso Davies, Andy Robertson atau Theo Hernandez.

(baca juga kiper terbaik di dunia saat ini)

10 Bek Terbaik Dunia 2021

Untuk itu kali ini kami telah memilih daftar 10 bek terbaik di dunia tahun 2021 terbaru. List berikut hanya didasarkan pada performa dan trofi sepanjang musim 2020-2021 saja, tanpa mempertimbangkan performa di tahun-tahun sebelumnya.

Keterangan lain, hanya menampilkan pemain yang berposisi sebagai bek di musim ini, termasuk juga wing-back. Artinya pemain seperti Joshua Kimmich (Bayern Munchen) atau Marquinhos (PSG) tidak termasuk dalam list karena lebih sering bermain sebagai gelandang.

1. Sergio Ramos

Klub : Real Madrid
Negara : Spanyol

Tak lengkap membuat list bek terbaik dunia tanpa memasukkan nama Sergio Ramos. Dalam 10 musim terakhir, Ramos konsisten masuk deretan bek terbaik, termasuk tahun ini. Selain kemampuan defending hebat, ia juga kerap mencetak gol-gol penting, bahkan ditunjuk sebagai eksekutor penalti utama Real Madrid.

2. Dayot Upamecano

Klub : RB Leipzig
Negara : Prancis

Dayot Upamecano mampu menunjukkan performa bagus sepanjang musim bersama RB Leipzig, termasuk jadi pemain penting saat Leipzig mencapai babak semifinal Liga Champions. Kemampuan bertahan yang apik membuat banyak klub top Eropa yang mengincarnya.

3. Andy Robertson

bek kiri terbaik andy robertson

Klub : Liverpool
Negara : Skotlandia

Bek kiri Liverpool, Andy Robertson, layak jadi bek kiri terbaik dunia saat ini. Sama seperti Arnold di sisi bek kanan, Robertson juga dikenal berkat kemampuan menyerang dan crossing yang bagus. Tak heran jika Liverpool mampu sukses karena memiliki pemain-pemain hebat di lini belakang.

4. Achraf Hakimi

Klub : Inter Milan
Negara : Maroko

Nama Achraf Hakimi mencuri perhatian sebagai salah satu bek sayap terbaik tahun ini. Ia bisa ditempatkan sebagai bek kanan atau bek kiri. Kini Hakimi memperkuat klub baru Inter Milan. Sebelumnya saat bersama Dortmund, ia mampu tampil konsisten dengan performa yang memuaskan.

5. Theo Hernandez

bek kiri terbaik theo hernandez

Klub : AC Milan
Negara : Prancis

Theo Hernandez kian memposisikan dirinya sebagai bek kiri terbaik di Serie A dan dunia. Performanya bersama Milan sangat konsisten, bahkan ia sering mencetak gol dan assist bagi timnya. Tak heran jika kini performa AC Milan terus menaik di klasemen, salah satunya berkat kontribusi Theo Hernandez.

6. Ruben Dias

Klub : Manchester City
Negara : Portugal

Dibeli Manchester City dari Benfica, Ruben Dias langsung menjadi pilar penting di lini pertahanan The Citizens. Ia selalu jadi pemain inti saat fit. Bek tengah timnas Portugal selalu menunjukkan performa bagus dan jarang membuat kesalahan. Ia jadi salah satu bek tengah terbaik di Premier League.

7. Virgil van Dijk

Klub : Liverpool
Negara : Belanda

Virgil van Dijk layak menjadi salah satu bek terbaik dunia saat ini. Ia menjadi bek utama Liverpool yang sukses menjadi juara Liga Champions dan Premier League. Karena penampilan hebatnya, van Dijk juga menjadi runner up pada penghargaan Ballon d’Or tahun 2019, hanya kalah dari Lionel Messi saja. Performanya agak sedikit menurun karena dilanda cedera.

8. Alphonso Davies

pemain muda terbaik liga jerman alphonso davies

Klub : Bayern Munchen
Negara : Kanada

Nama Alphonso Davies mencuat sebagai salah satu bek kiri terbaik dunia saat ini. Pemain internasional Kanada ini dikenal dengan kemampuan lari yang kencang dan crossing apik. Di usia muda, ia mampu mencuri perhatian berkat skill bertahan dan menyerang yang seimbang.

9. Matthijs De Ligt

bek termahal dunia matthijs de ligt

Klub : Juventus
Negara : Belanda

Di usia muda, Matthijs De Ligt sudah jadi salah satu bek terbaik di dunia dalam beberapa musim terakhir. Ia jadi pemain bertahan andalan Juventus. Tanpa kehadirannya, lini bertahan Juve memang sedikit terseok-seok. Adanya De Ligt membuat pertahanan Juve lebih kuat berkat agresivitasnya yang tinggi.

10. Joao Cancelo

bek kanan terbaik joao cancelo

Klub : Manchester City
Negara : Portugal

Joao Cancelo menjadi salah satu bek sayap terbaik dunia tahun ini. Ia berposisi sebagai bek kanan, namun juga bisa ditempatkan sebagai bek kiri. Eks pemain Juventus ini memiliki kemampuan ofensif yang bagus, serta kemampuan defensif yang dapat diandalkan. Ia jadi salah satu pemain penting dalam kesuksesan Manchester City.

Bek terbaik dunia 2021 lainnya :

  • Stefan de Vrij (Inter Milan/Belanda)
  • Jules Kounde (Sevilla/Prancis)
  • Robin Gosens (Atalanta/Jerman)
  • Trent Alexander-Arnold (Liverpool/Inggris)
  • Alessandro Bastoni (Inter Milan/Italia)
  • Mario Hermoso (Atletico Madrid/Spanyol)
  • Juan Cuadrado (Juventus/Kolombia)
  • Angelino (RB Leipzig/Spanyol)
  • Kieran Trippier (Atletico Madrid/Inggris)
  • Mats Hummels (Dortmund/Jerman)
  • Kalidou Koulibaly (Napoli/Senegal)
  • Thiago Silva (Chelsea/Brasil)
  • Cristian Romero (Atalanta/Argentina)
  • Pau Torres (Villarreal/Spanyol)
  • Wesley Fofana (Leicester/Prancis)
  • Edmond Tapsoba (Leverkusen/Burkina Faso)

Itulah info daftar 10 bek terbaik di dunia saat ini. Van Dijk, Ramos, Robertson dan Davies masih jadi yang terdepan jika menyusun list pemain belakang terbaik yang paling konsisten. Tentu banyak juga bek muda terbaik yang bermunculan seperti Upamecano, Hakimi atau De Ligt. Menarik melihat siapa yang akan jadi bek terbaik di dunia 2022 nanti.

Tinggalkan komentar