10+ Bek Terbaik Dunia Saat Ini (2022) yang Paling Tangguh

10+ Bek Terbaik Dunia Saat Ini (2022) yang Paling Tangguh

Siapakah bek terbaik dunia di tahun ini? Pertanyaan ini kerap memiliki jawaban berbeda. Ada banyak bek tangguh kelas dunia yang bermain di liga top Eropa, baik Serie A, La Liga, Premier League, Bundesliga dan Ligue 1. Kali ini kami akan memilih daftar 10 bek terbaik di dunia saat ini untuk tahun 2022 update terbaru.

Secara umum ada 3 posisi pemain belakang dalam sepak bola, yaitu bek tengah, bek kanan dan bek kiri. Ketiganya tentu membutuhkan atribut defender yang bagus. Terdapat beberapa parameter untuk bisa menentukan bek terbaik di dunia saat ini.

Atribut bertahan menjadi faktor utama, meliputi tackling, marking, heading hingga kemampuan reading the game. Selain skill bertahan, faktor konsistensi permainan, pengaruh bagi tim serta trofi yang didapat juga kerap jadi faktor untuk menentukan defender terbaik dunia.

Virgil van Dijk jadi nama bek terbaik dunia yang layak dikedepankan dalam beberapa musim terakhir. Nama-nama seperti Ruben Dias, Milan Skriniar atau Eder Militao sering disebut sebagai bek tengah terbaik saat ini. Bek tengah senior lain seperti Kalidou Koulibaly, Antonio Rudiger atau Marquinhos juga tak boleh dilewatkan.

Dari sektor bek sayap juga ada bek-bek hebat dengan kemampuan bertahan dan menyerang yang tangguh. Nama-nama bek kanan terbaik saat ini misalnya Trent Alexander-Arnold, Achraf Hakimi, dan Reece James. Sementara deretan bek kiri terbaik dunia contohnya yaitu Joao Cancelo, Andy Robertson atau Theo Hernandez.

(baca juga kiper terbaik di dunia saat ini)

10 Bek Terbaik Dunia 2022

Untuk itu kali ini kami telah memilih daftar 10 bek terbaik di dunia tahun 2022 terbaru. List berikut hanya didasarkan pada performa dan trofi dalam setahun terakhir saja, tanpa mempertimbangkan performa di tahun-tahun sebelumnya.

1. Virgil van Dijk

pemain terbaik liga inggris 2010an virgil van dijk

Klub : Liverpool
Negara : Belanda

Virgil van Dijk masih layak menjadi salah satu bek terbaik dunia saat ini. Ia menjadi bek utama Liverpool yang sukses menjadi juara Liga Champions dan Premier League. Karena penampilan hebatnya, van Dijk juga menjadi runner up pada penghargaan Ballon d’Or tahun 2019, hanya kalah dari Lionel Messi saja. Usai pulih dari cedera, van Dijk stabil menunjukkan performa hebat sebagai bek terbaik saat ini.

2. Trent Alexander-Arnold

bek kanan terbaik trent alexander arnold

Klub : Liverpool
Negara : Inggris

Trent Alexander-Arnold sukses mencuri perhatian ketika menjadi bek dengan jumlah assist terbanyak dalam sejarah Premier League. Ia menjadi pemain penting dalam kesuksesan Liverpool beberapa tahun terakhir sampai sekarang, termasuk ketika menjadi juara Liga Champions. Tak butuh waktu lama baginya untuk dinobatkan sebagai bek kanan terbaik dunia saat ini.

3. Milan Skriniar

Klub : Inter Milan
Negara : Slovakia

Milan Skriniar merupakan bek Inter Milan asal Slovakia. Ia jadi salah satu pemain penting di lini belakang Inter, bersama dengan Stefan de Vrij dan Alessandro Bastoni dalam skema 3 bek. Kemampuan bertahan Skriniar yang bagus turut berjasa membawa Inter sebagai juara Serie A musim 2020-2021 lalu. Skriniar masuk jajaran bek terbaik dunia saat ini.

4. Joao Cancelo

bek kanan terbaik joao cancelo

Klub : Manchester City
Negara : Portugal

Joao Cancelo merupakan bek sayap serbabisa yang bisa dimainkan sebagai bek kanan atau bek kiri. Ia jadi figur penting bagi Manchester City dimana ia kerap mencetak assist yang berujung pada gol. Cancelo menunjukkan performa yang konsisten dan nyaris tak tergantikan bagi Manchester City atau timnas Portugal.

5. David Alaba

Klub : Real Madrid
Negara : Austria

David Alaba menjadi pemain kunci dalam kesuksesan Real Madrid meraih gelar Liga Champions musim 2021-2022. Eks pemain Bayern ini dikenal sebagai pemain serbabisa, bisa ditempatkan sebagai bek tengah, bek kiri atau bahkan sebagai gelandang. Alaba menjadi salah satu bek terbaik dunia saat ini.

6. Theo Hernandez

bek kiri terbaik theo hernandez

Klub : AC Milan
Negara : Prancis

Theo Hernandez kian memposisikan dirinya sebagai bek kiri terbaik di Serie A dan dunia. Performanya bersama Milan sangat konsisten, bahkan ia sering mencetak gol dan assist bagi timnya. Theo juga mulai menjadi pilihan utama bagi timnas Prancis. Ia turut menyumbang kontribusi besar dalam keberhasilan Milan meraih scudetto musim 2021-2022

7. Achraf Hakimi

Klub : PSG
Negara : Maroko

Nama Achraf Hakimi mencuri perhatian sebagai salah satu bek sayap terbaik tahun ini. Ia bisa ditempatkan sebagai bek kanan atau wing-back kanan yang ofensif. Hakimi kini memperkuat klub PSG. Sebelumnya, ia jadi figur penting keberhasilan Inter menjadi juara Serie A tahun 2021, berkat kontribusi gol dan assistnya.

8. Reece James

Klub : Chelsea
Negara : Inggris

Reece James merupakan bek kanan andalan Chelsea. Masih berusia muda, James sudah jadi andalan The Blues ketika menjadi juara Liga Champions tahun 2021 lalu. Ia memiliki kemampuan attacking yang bagus dan kerap dimainkan sebagai wing-back kanan. Kemampuan bertahan James juga cukup bagus dan dapat diandalkan.

9. Alphonso Davies

pemain muda terbaik liga jerman alphonso davies

Klub : Bayern Munchen
Negara : Kanada

Nama Alphonso Davies mencuat sebagai salah satu bek kiri terbaik dunia saat ini. Pemain internasional Kanada ini dikenal dengan kemampuan lari yang kencang dan crossing apik. Di usia muda, ia mampu mencuri perhatian berkat skill bertahan dan menyerang yang seimbang. Davies menjadi pemain kunci Bayern Munchen di tiap pertandingan musim ini.

10. Kalidou Koulibaly

Klub : Napoli
Negara : Senegal

Tak ada yang meragukan kualitas Kalidou Koulibaly sebagai bek papan atas Eropa. Ia menunjukkan performa konsisten bersama Napoli, bahkan sukses meraih gelar Piala Afrika bersama timnas Senegal di tahun 2022. Koulibaly masih layak masuk jajaran bek elit terbaik saat ini.

Bek terbaik dunia 2022 lainnya :

  • Antonio Rudiger (Chelsea, Jerman)
  • Matthijs De Ligt (Juventus, Belanda)
  • Eder Militao (Real Madrid, Brasil)
  • Jules Kounde (Sevilla, Prancis)
  • Andy Robertson (Liverpool, Skotlandia)
  • Alessandro Bastoni (Inter Milan, Italia)
  • Pau Torres (Villarreal, Spanyol)
  • Bremer (Torino, Brasil)
  • Ruben Dias (Manchester City, Portugal)
  • Marquinhos (PSG, Brasil)
  • Aymeric Laporte (Manchester City, Spanyol)
  • Nuno Mendes (PSG, Portugal)
  • Fikayo Tomori (AC Milan, Inggris)
  • Nico Schlotterbeck (Dortmund, Jerman)
  • Ronald Araujo (Barcelona, Uruguay)
  • Cristian Romero (Tottenham, Argentina)
  • David Raum (Hoffenheim, Jerman)
  • Jonathan Clauss (Lens, Prancis)

Itulah info daftar 10 bek terbaik di dunia saat ini. Nama-nama seperti van Dijk, Skriniar, Rudiger atau Koulibaly jadi yang terdepan jika menyusun list pemain belakang terbaik yang paling konsisten. Tentu banyak juga bek muda terbaik yang bermunculan seperti Reece James, De Ligt, Bastoni atau Jules Kounde. Menarik melihat siapa yang akan jadi bek terbaik di dunia 2023 nanti.

Tinggalkan komentar