10+ Bek Terbaik Dunia Saat Ini (2020) yang Paling Tangguh

10+ Bek Terbaik Dunia Saat Ini (2020) yang Paling Tangguh

Siapakah bek terbaik dunia di tahun ini? Pertanyaan ini kerap memiliki jawaban berbeda. Ada banyak bek tangguh kelas dunia yang bermain di liga top Eropa, baik Serie A, La Liga, Premier League, Bundesliga dan Ligue 1. Kali ini kami akan memilih daftar 10 bek terbaik di dunia saat ini untuk tahun 2020 update terbaru.

Secara umum ada 3 posisi pemain belakang dalam sepak bolaa, yaitu bek tengah, bek kanan dan bek kiri. Ketiganya tentu membutuhkan atribut defender yang bagus. Terdapat beberapa parameter untuk bisa menentukan bek terbaik di dunia saat ini.

Atribut bertahan menjadi faktor utama, meliputi tackling, marking, heading hingga kemampuan reading the game. Selain skill bertahan, faktor konsistensi permainan, pengaruh bagi tim serta trofi yang didapat juga kerap jadi faktor untuk menentukan defender terbaik dunia.

Virgil van Dijk mungkin jadi nama bek terbaik dunia yang layak dikedepankan. Dalam beberapa tahun terakhir, ia jadi salah satu bek terbaik berkat penampilan bagus bersama Liverpool. Bek tengah hebat lain seperti Diego Godin, Giorgio Chiellini, dan Sergio Ramos juga tak boleh dilewatkan.

Dari sektor bek sayap juga ada banyak bek-bek hebat dengan kemampuan bertahan dan menyerang yang tangguh. Nama-nama bek kanan terbaik misalnya adalah Trent Alexander-Arnold, Dani Carvajal, dan Juan Cuadrado. Sementara deretan bek kiri terbaik dunia contohnya yaitu Jordi Alba, Andy Robertson, dan David Alaba.

(baca juga kiper terbaik di dunia saat ini)

10 Bek Terbaik Dunia 2020

Untuk itu kali ini kami telah memilih daftar 10 bek terbaik di dunia tahun 2020 terbaru. List berikut hanya didasarkan pada performa dan trofi sepanjang musim 2019-2020 saja, tanpa mempertimbangkan performa di tahun-tahun sebelumnya.

Keterangan lain, hanya menampilkan pemain yang berposisi sebgai bek di musim ini. Artinya pemain seperti Joshua Kimmich (Bayern Munchen) tidak termasuk karena bermain sebagai gelandang musim ini.

1. Virgil van Dijk

Klub : Liverpool
Negara : Belanda

Virgil van Dijk layak menjadi bek terbaik dunia tahun ini. Ia menjadi bek utama Liverpool yang sukses menjadi juara Liga Champions. Karena penampilan hebatnya, van Dijk juga menjadi runner up pada penghargaan Ballon d’Or tahun 2019, hanya kalah dari Lionel Messi saja.

2. Trent Alexander-Arnold

Klub : Liverpool
Negara : Inggris

Di usia yang masih muda, Trent Alexander-Arnold sudah menyandang predikat sebagai bek kanan terbaik di dunia. Ia dikenal berkat kemampuan attacking yang bagus, terutama untuk crossing. Tak heran jika Arnold menjadi salah satu pemain dengan jumlah assist terbanyak.

3. Raphael Varane

Klub : Real Madrid
Negara : Prancis

Raphael Varane merupakan bek elit dengan kemampuan hebat. Bek Real Madrid ini juga jadi tumpuan utama timnas Prancis. Duetnya dengan Sergio Ramos membuat lini belakang Real Madrid jadi salah satu yang terbaik di liga-liga top Eropa.

4. Achraf Hakimi

Klub : Borussia Dortmund
Negara : Maroko

Nama Achraf Hakimi mencuri perhatian sebagai salah satu bek sayap terbaik tahun ini. Ia bisa ditempatkan sebagai bek kanan atau bek kiri. Bersama Dortmund, pemain pinjaman Real Madrid ini tampil konsisten dengan performa yang memuaskan.

5. Andy Robertson

bek kiri terbaik andy robertson

Klub : Liverpool
Negara : Skotlandia

Bek kiri Liverpool, Andy Robertson, layak jadi bek kiri terbaik dunia saat ini. Sama seperti Arnold di sisi bek kanan, Robertson juga dikenal berkat kemampuan menyerang dan crossing yang bagus. Tak heran jika Liverpool mampu sukses karena memiliki pemain-pemain hebat di lini belakang.

6. Sergio Ramos

bek terbaik dunia ramos

Klub : Real Madrid
Negara : Spanyol

Tak lengkap membuat list bek terbaik dunia tanpa memasukkan nama Sergio Ramos. Dalam 10 musim terakhir, Ramos konsisten masuk deretan bek terbaik, termasuk tahun ini. Selain kemampuan defending hebat, ia juga kerap mencetak gol-gol penting, bahkan ditunjuk sebagai eksekutor penalti utama Real Madrid.

7. Stefan de Vrij

Klub : Inter Milan
Negara : Belanda

Inter Milan memiliki 3 bek tengah hebat musim ini, yakni Diego Godin, Milan Skriniar, dan Stefan de Vrij. Di antara ketiganya, de Vrij menjadi yang paling bagus performanya musim ini. Bek internasional Belanda ini kerap jadi libero atau sweeper dalam skema 3 bek yang diterapkan di Inter Milan.

8. Juan Cuadrado

Klub : Juventus
Negara : Kolombia

Salah satu nama kejutan dalam list ini adalah Juan Cuadrado. Memulai karir sebagai winger, kini Cuadrado berubah posisi menjadi bek kanan. Ia pun jadi bek kanan utama Juventus. Tak hanya kemampuan menyerang, kemampuan bertahan Cuadrado juga patut diacungi jempol.

9. David Alaba

Klub : Bayern Munchen
Negara : Austria

David Alaba masih menunjukkan performa bagus musim ini. Ia bisa ditempatkan sebagai bek tengah atau bek kiri, sehingga menjadi nilai plus. Alaba pun konsisten menjadi andalan Bayern Munchen, terutama ketika banyak bek-bek Bayern lain yang dilanda cedera.

10. Francesco Acerbi

Klub : Lazio
Negara : Italia

Penampilan apik Lazio musim ini tak lepas dari performa Francesco Acerbi di lini belakang. Acerbi selalu main sebagai bek utama dalam skema 3 bek Lazio dan nyaris tak tergantikan. Jika hanya menghitung musim ini, Acerbi layak jadi salah satu bek terbaik di liga top Eropa.

Bek terbaik dunia 2020 lainnya :

  • Ricardo Pereira (Leicester/Portugal)
  • Robin Gosens (Atalanta/Jerman)
  • Theo Hernandez (AC Milan/Prancis)
  • Chris Smalling (AS Roma/Inggris)
  • Leonardo Bonucci (Juventus/Italia)
  • Alphonso Davies (Bayern Munchen/Kanada)
  • Caglar Soyuncu (Leicester/Turki)
  • Renan Lodi (Atletico Madrid/Brasil)
  • Marquinhos (PSG/Brasil)
  • Diego Carlos (Sevilla/Prancis)
  • Milan Skriniar (Inter Milan/Slovakia)
  • Aleksandar Kolarov (AS Roma/Serbia)
  • Matthijs De Ligt (Juventus/Belanda)
  • Dayot Upamecano (RB Leipzig/Prancis)
  • Thiago Silva (PSG/Brasil)
  • Jesus Navas (Sevilla/Spanyol)

Beberapa bek hebat dalam beberapa tahun terakhir tidak masuk dalam list di atas karena performa yang kurang bagus atau karena dilanda cedera, sebut saja seperti Giorgio Chiellini (Juventus), Diego Godin (Inter Milan), Gerard Pique (Barcelona), Mats Hummels (Dortmund), Kalidou Koulibaly (Napoli), Aymeric Laporte (Manchester City), Marcelo (Real Madrid), Jordi Alba (Barcelona), dan Alessio Romagnoli (AC Milan).

Itulah info daftar 10 bek terbaik di dunia saat ini. Van Dijk, Varane, Robertson, dan Ramos masih jadi yang terdepan jika menyusun list pemain belakang terbaik yang paling konsisten. Tentu banyak juga kiper muda terbaik yang bermunculan seperti Arnold, Hakimi atau De Ligt. Menarik melihat siapa yang akan jadi bek terbaik di dunia 2021 nanti.

Tinggalkan komentar