Sepakbola, Kota Liverpool dan Band The Beatles

Sepakbola adalah olahraga terpopuler dan The Beatles adalah band terpopuler. Lalu apakah para personil The Beatles juga suka terhadap dunia sepakbola? Apa hubungannya antara sepakbola dan The Beatles. Seperti diketahui, The Beatles besar di Liverpool, kota di Inggris yang dikenal dengan klub sepakbolanya. Bagi para pecinta sepakbola sekaligus pecinta The Beatles sepertinya perlu bersiap kecewa, karena mereka tak begitu antusias dengan permainan kulit bundar tersebut.

Setidaknya sejauh ini tak ditemukan referensi terkait ketertarikan mereka. Menjadi semacam teka-teki, betulkah mereka sama sekali tak sukabola atau karena semata ingin merangkul penggemar potesial? Paul McCartney disebut-sebut sebagai pendukung Everton. Bahkan konon ia pernah berniat menginvestasikan uangnya untuk klub tersebut. Itu pun belum mendapatkan klarifikasi langsung dari Paul.

band The Beatles

Yang cukup jelas menjawab barangkali adalah personil Beatles lainnya yaitu George Harrison. Ia mengatakan, “There are three teams in Liverpool and I prefer the other one.” Jawaban Harrison menegaskan ia tidak mau mengungangkap klub dukungannya ke publik.

Bagaimana dengan hadirnya lirik dan penampakan pemain bola dalam lagu dan cover album mereka? Mantan pemain Liverpool, Matt Busby, mendapat julukan ‘Dig It’ yang kita tahu menjadi salah satu judul lagu Beatles di album ’Let It Be’. Ya, Matt Busby masuk dalam lirik lagu Dig It di bagian akhir lagu yang bisa jadi satu-satu referensii sepakbola di lirik The Beatles.

Hal yang sangat kentara juga adalah hadirnya sosok pemain legenda Liverpool di sampul album ‘Sgt. Peppers Lonely Heart Club Band’. Albert Stubbins. Berdiri berdampingan dengan aktris Jerman di tahun 20-an, Marlene Dietrich. Stubbins dikenal sebagai pemain penyerang tengahnya klub Liverpool. Ia bermain pada masa sebelum Perang Dunia II. Namanya menjadi penentu kemenangan Liverpool pada Liga Inggris pada tahun 1947. Terkait dengan Stubbins, mengapa dipilih, dikatakan karena sosoknya cukup populer. Selain konon karena Lennon menyukai namanya.

So, sejauh ini kesimpulannya The Beatles tak punya ketertarikan khusus terhadap sepak bola. Tidak ada hubungan khusus antara sepakbola dan The Beatles. Meski demikian mereka diketahui menunjukkan apresiasinya terhadap sepakbola di kota Liverpool, Inggris.

Sepakbola, Kota Liverpool dan Band The Beatles | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola