Dunia Sepakbola di Masa Perang Dunia I

Perang Dunia I (1914 – 1918) memakan jutaan korban jiwa. Namun di tengah desingan peluru, sepak bola seakan tidak ada matinya. Olahraga sebelas lawan sebelas ini bahkan menjadi salah satu hiburan bagi pasukan yang kelelahan. Semasa perang, sepak bola biasa dimainkan oleh tentara dan pelaut. Sepakbola di masa perang dunia juga dijadikan alat propaganda untuk menjatuhkan mental musuh.

Pada saat itu, pertandingan resmi bahkan masih sempat berjalan di tengah kecamuk perang dunia I. Salah satunya adalah adalah pertandingan final Piala FA yang mempertemukan Chelsea dan Sheffield United, pada 24 April 1915. Duel ini sejatinya digelar di markas Crystal Palace, London Selatan. Namun perang membuat akses ke lokasi semakin sulit. Akhirnya pertandingan pun terpaksa dipindah ke stadion Old Trafford di Manchester.

sepakbola di masa perang dunia I

Menariknya, pertandingan yang kemudian dikenal dengan sebutan Khaki Cup Final itu dihadiri 50 ribu tentara. Mereka datang bukan untuk berjaga, tapi sebagai penonton. Momen tersebut masih sempat diabdikan lewat bidikan kamera. Dalam foto tersebut tampak tentara-tentara dengan mantel penahan dingin berdesakan demi menyaksikan pertandingan. Sebagian serdadu yang terluka bahkan masih mengenakan perban di kepala. Sejenak mereka melupakan kengerian perang. Sheffield kemudian berhasil mengalahkan Chelsea 3-0.

Momen lain yang menunjukkan ‘kekuatan sepak bola’ semasa PD I juga tampak pada foto sebelas pria bertopeng yang berbaris rapi di bawah sebuah mistar gawang. Hal tersebut dibuktikan lewat foto yang berasal dari museum nasional Prancis yang diabadikan tahun 1916.

Utus punya usut, mereka adalah tentara-tentara Inggris yang tengah berada di Prancis Utara. Tidak disebutkan siapa saja pria-pria misterius itu. Namun yang pasti, topeng yang digunakan ternyata bukan untuk menyembunyikan identitas mereka. Pada keterangan foto disebutkan bahwa kesebelas pria itu ternyata tengah mengenakan masker anti gas beracun.

Sementara itu, foto lain tentang sepakbola di masa perang dunia juga menunjukkan tentara-tentara bermasker tengah bermain di lapangan. Dua orang tampak terjatuh, sementara pemain lainnya menggiring bola. Lapangan berlumpur tak menyurutkan keinginan mereka bermain bola. So, tak ada alasan untuk tidak bermain sepakbola meski saat perang sekalipun.

Dunia Sepakbola di Masa Perang Dunia I | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola