Profil PSG | Fakta, Logo, Stadion dan Daftar Trofi Klub PSG [Terbaru]

Profil PSG | Fakta, Logo, Stadion dan Daftar Trofi Klub PSG [Terbaru]

Profil PSG lengkap – PSG atau Paris Saint-Germain adalah klub sepak bola yang berbasis di kota Paris, Prancis. Klub ini memiliki julukan Les Parisiens dan mengenakan jersey berwarna biru-merah. Stadion PSG adalah Parc des Princes dengan kapastias 47.929 penonton.

Sebenarnya PSG termasuk klub yang tidak lama didirikan karena baru terbentuk pada tahun 1970. PSG terebentuk setelah penggabungan dua klub lama, yakni Paris FC dan Stade Saint-Germain. Awalnya PSG cukup kesulitan menjadi klub top Prancis, meski beberapa kali meraih trofi juara domestik.

Sejak diakusisi oleh Oryx Qatar Sports Investments, PSG menjelma sebagai salah satu klub terkaya di dunia dan kekuatan baru di persepakbolaan Eropa. PSG pun jadi klub tersukses dan terpopuler di Prancis dan konsisten meraih gelar juara Ligue 1 dalam beberapa tahun terakhir.

Berikut ini merupakan info profil PSG lengkap beserta fakta, logo, sejarah singkat, stadion, rivalitas, fans dan daftar trofi yang diraih dalam sejarah klub.

(baca juga skuad PSG terbaru)

Profil PSG

Nama resmi : Paris Saint-Germain Football Club
Julukan : Les Parisiens, Les Rouge-et-Blue
Singkatan : PSG
Didirikan : 12 Agustus 1970
Kota : Paris, Prancis
Markas : Parc des Princes
Kapasitas : 47.929
Warna kostum : Biru-merah

Logo PSG

logo psg

Stadion PSG

Stadion yang digunakan oleh PSG saat ini adalah Parc des Princes yang ditempati sejak tahun 1974. Stadion ini dibangun di kota Paris, Prancis dengan total kapasitas sebesar 47.929 kursi. Sebelumnya PSG menempati Stade Municipal Georges Lefevre antara 1970 sampai 1972. Sementara tempat latihan PSG saat ini adalah Camp des Loges.

stadion psg

Rivalitas PSG

Klub ini memiliki rivalitas dengan Olympique Marseille. Duel keduanya dijuluki sebagai Le Classique. Pertandingan antara PSG vs Marseille dianggap sebagai pertandingan paling bergengsi di Prancis dan menjadi rivalitas terbesar di negara menara Eiffel ini.

PSG dan Marseille juga jadi dua klub prancis yang pernah menjadi juara di tingkat Eropa, yakni Liga Champions (Marseille) dan Piala Winners (PSG). Tak jarang juga duel keduanya menjadi rusuh karena suporter kedua klub yang saling bentrok satu sama lain.

Daftar Trofi PSG

Jika dihitung berdasarkan jumlah trofi, PSG adalah klub tersukses di Prancis. PSG menjadi klub paling banyak juara di ajang Coupe de France, Coupe de la Ligue dan Trophee des Champions. Di ajang Ligue 1 (Liga Prancis), PSG meraih 7 gelar juara. Sementara di tingkat Eropa, PSG pernah sekali menjuarai Winners Cup.

Berikut merupakan koleksi daftar trofi juara yang pernah diraih PSG sepanjang sejarah dari dulu sampai sekarang update terbaru.

profil psg

Kompetisi Domestik

  • Ligue 1 Prancis – 7 kali
  • Coupe de France – 12 kali
  • Coupe de la Ligue – 8 kali
  • Trophee des Champions – 8 kali

Kompetisi Eropa

  • Piala Winners – 1 kali
  • Intertoto Cup – 1 kali

Nah itulah info profil klub PSG beserta fakta tim, logo klub, nama stadion PSG serta jumlah trofi PSG sepanjang sejarah klub sampai saat ini. PSG memang dikenal sebagai salah satu klub terbaik di Prancis dan juga di benua Eropa saat ini.

Tinggalkan komentar