Perbedaan Istilah Kata Football dan Soccer

Dalam bahasa inggris kita tahu bahwa football adalah sepakbola dan hampir semua orang di dunia menyebut sepakbola dalam bahasa inggris sebagai football. Tetapi ada istilah lain yang sama artinya dengan football, yaitu soccer. Apa yang membedakan dua istilah ini? Apa perbedaan football dan soccer sebenarnya?

Sebagian besar negara di dunia setuju menggunakan “football” sebagai akar kata yang universal untuk merujuk ke olahraga sepakbola, meski ada penyesuaian bahasa di beberapa negara. Ambil contoh Brasil yang menyebutnya “futebol”. Spanyol serta Jerman menamainya dengan “futbal” dan “fussball”. Sementara “soccer” mayoritas hanya digunakan di Amerika Serikat dan Australia.

football atau soccer

Perbedaan Football dan Soccer

Kata “football” pertama kali terekam dalam bentuk tulisan pada tahun 1486 di Oxford English Dictionary. Namun jenis permainan bola sepak diketahui sudah mulai ada di Inggris sekitar tahun 1775.  Kata football pun mulai populer sebagai penyebutan untuk istilah sepakbola.

Terbentuknya Rugby Union dalam olahraga rugbi dan FA menimbulkan banyak konflik. Salah satunya konflik kultural yang diakibatkan oleh kebiasaan masyarakat Inggris membuat istilah slang baru dari kata-kata yang sudah ada. Contohnya adalah dengan menghilangkan beberapa huruf terakhir dalam sebuah kata dan menambahkan akhiran –er pada kata tersebut. Mereka menyebut rugby dengan “rugger” dan menamai ulang football menjadi “socker” – “soc” diambil dari kata ‘association’ dalam “Football Association”.

Kata soccer ini kemudian diadopsi oleh media Amerika, New York Times. Hal ini untuk membedakan sepakbola dengan versi football yang ada di Amerika. Di Amerika, Soccer merupakan olahraga terkenal kedua setelah basket. Masyarakat di sana lebih sering menyebut sepakbola sebagai Soccer, karena Amerika memiliki Football-nya sendiri.

American Football, biasa kita sebut dengan nama Rugby. Meski sama-sama dimainkan dengan kaki, American Football memiliki perbedaan yang mencolok dengan Football yang kita kenal. Hal ini yang membuat masyarakat Amerika lebih memilih penyebutan soccer.

Secara garis besar, Football dan Soccer tidak ada bedanya. Hanya nama penyebutan di Inggris dan Amerika berbeda. Nama Football menjadi nama umum untuk sepakbola di seluruh dunia.

Perbedaan Istilah Kata Football dan Soccer | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola