Pengertian Kick Off dalam Permainan Sepak Bola Beserta Metodenya

Apa itu kick off? Kick off adalah salah satu elemen penting dalam permainan sepakbola. Arti kick off tentu lebih luas namun dalam bahasa Indonesia disebut sebagai sepak mula. Lantas apa sebenarnya definisi lengkap kick off? Apa pengertian kick off dalam sepak bola yang paling benar dan tepat? Artikel ini akan membahas mengenai pengertian kick off.

Pengertian Kick Off Adalah …

Kick off adalah suatu metode untuk memulai pertandingan sepakbola. Kick off dalam sepak bola dilakukan di awal pertandingan sepakbola di tiap babak, baik babak pertama atau babak kedua. Kick off juga digunakan di tiap babak pada babak tambahan waktu atau extra time. Kick off juga dilakukan untuk memulai kembali permainan setelah gol terjadi. Aturan kick off diatur dalam Law 8 pada Laws of the Game atau peraturan sepak bola dunia.

(baca juga pengertian offside)

pengertian kick off adalah

Tim yang berhak melakukan kick off pertama ditentukan lewat undian koin yang dilakukan oleh wasit dengan disaksikan kedua kapten tim yang bertanding. Kick off kemudian dilakukan setelah wasit meniup peluit tanda pertandingan sepak bola sudah dimulai. Sementara di babak kedua tim yang melakukan kick off adalah kebalikan dari tim yang kick off di babak pertama. Untuk babak tambahan waktu, akan dilakukan undian koin lagi untuk menentukan tim mana yang kick off baik di babak pertama atau babak kedua tambahan waktu.

Penggunaan lain kick-off adalah untuk memulai pertandingan setelah terjadi gol. Tim yang kebobolan gol berhak melakukan kick-off untuk memulai permainan lagi setelah wasit meniup peluit tanda dimulai kembali pertandingan. Untuk itu dalam sebuah pertandingan sepakbola di waktu normal (90 menit), jumlah kick off yang dilakukan kedua tim adalah 2 kali ditambah jumlah gol yang terjadi. Misal skor akhir pertandingan 3-2, maka dalam satu pertandingan tersebut terjadi 7 kali kick off (2 kali kick off di tiap babak + 5 kali kick off masing-masing setelah gol terjadi).

Metode Cara Kick Off dalam Sepak Bola

Kick off dilakukan tepat di titik tengah lapangan. Semua pemain harus berada di setengah lapangan wilayah masing-masing dan tidak boleh melewati garis tengah sebelum dilakukan kick-off. Saat pemain akan melakukan kick-off, lawan tidak boleh berada di dekat pemain tersebut. Pemain lawan harus berada dalam jarak sekitar 9,2 meter atau berada di luar lingkaran tengah lapangan.

Pada aturan sepak bola lama, tendangan kick off awal harus ditendang ke arah depan atau ke arah gawang lawan. Pemain yang melakukan kick-off pertama tidak boleh menyentuh bola lagi sebelum disentuh oleh pemain lain. Oleh karena itu, biasanya ada 2 pemain yang melakukan kick-off. Satu pemain mengarahkan bola ke depan dan satu pemain menerima bola tersebut dan permainan kemudian dimulai. Biasanya bola akan dioper ke belakang lagi agar tim tersebut bisa membangung serangan.

kick off adalah

Contoh kick-off dengan 1 pemain

Namun sejak tahun 2016, FIFA merubah aturan kick-off. Kini bola tendangan kick-off tidak harus ditendang ke depan, namun boleh langsung dioper ke belakang. Maka sejak itu banyak kick-off dalam sepakbola yang hanya dilakukan oleh 1 pemain saja. Saat wasit meniup peluit, pemain bisa langsung melakukan kick-off dengan mengoper ke belakang.

Pemain juga bisa mencetak gol langsung lewat tendangan kick-off ke gawang lawan. Memang nyaris tak ada pemain yang langsung mencetak gol lewat kick-off. Paling mendekati adalah pemain mencetak gol setelah menerima operan dari kick-off.

Nah, itulah info bola terkini mengenai definisi dan pengertian kick off dalam sepak bola update terbaru selengkapnya. Artikel ini ditulis untuk menjawab pertanyaan apa itu kick off dalam sepak bola? Kick off adalah salah satu elemen penting yang tidak bisa dipisahkan dari olahraga sepak bola. Arti kick off sebenarnya sangat simple dan sangat umum diketahui oleh para penggemar bola di seluruh dunia.

Pengertian Kick Off dalam Permainan Sepak Bola Beserta Metodenya | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola