22 Pemain Naturalisasi Indonesia Terbaru Saat Ini (Update Tahun 2018)

22 Pemain Naturalisasi Indonesia Terbaru Saat Ini (Update Tahun 2018)

Saat ini ada beberapa pemain naturalisasi di timnas Indonesia. Istilah pemain naturalisasi adalah pemain kelahiran negara lain yang diberi kewarganegaraan WNI sesuai aturan yang berlaku agar bisa memperkuat timnas Indonesia. Tentu pemain naturalisasi Indonesia tidak pernah memperkuat timnas negara lain sebelumnya agar bisa bermain bagi timnas, baik timnas senior atau timnas U-23.

Pemain naturalisasi Indonesia pertama adalah Cristian Gonzales di tahun 2010 lalu. Ia langsung menjadi andalan dalam skuad timnas Indonesia senior di ajang AFF Cup 2010. Usai Gonzales, banyak pemain naturalisasi timnas Indonesia dari tahun ke tahun lainnya. Diharapkan program naturalisasi ini akan menambah kualitas skuad timnas senior.

Kebanyakan pemain naturalisasi Indonesia berasal dari Belanda. Hal ini wajar mengingat kedekatan historis kedua negara. Contoh pemain naturalisasi asal Belanda adalah Sergio van Dijk, Toni Cussell, Raphael Maitimo, Jhon van Beukering, Stefano Lilipaly dan Ezra Walian.

Ada juga pemain naturalisasi asal Afrika (Kamerun, Nigeria, Mali), dari Eropa (Jerman, Montenegro) dan dari Amerika Selatan (Uruguay, Brasil). Pemain naturalisasi tersukses contohnya adalah Cristian Gonzales, Raphael Maitimo dan Stefano Lilipaly.

Meski begitu banyak pemain naturalisasi yang tidak memberi kontribusi, bahkan tidak pernah memperkuat timnas. Pemain asing dinaturalisasi hanya agar pemain tersebut masuk kategori pemain lokal, sehingga slot pemain asing di suatu klub bisa diisi pemain lain.

Sebagai catatan Irfan Bachdim tidak termasuk pemain naturalisasi, karena ia memiliki kewarganegaraan Indonesia. Ada juga pemain keturunan Indonesia di luar negeri seperti Radja Nainggolan (Belgia), Emil Audero (Italia) atau Robin van Persie (Belanda) yang juga tidak termasuk karena memilih memperkuat timnas negara lain.

Daftar Pemain Naturalisasi Indonesia Terbaru

  1. Cristian Gonzales (Uruguay)
  2. Greg Nwokolo (Nigeria)
  3. Raphael Maitimo (Belanda)
  4. Diego Michiels (Belanda)
  5. Victor Igbonefo (Nigeria)
  6. Sergio van Dijk (Belanda)
  7. Toni Cussell (Belanda)
  8. Kim Jeffrey Kurniawan (Jerman)
  9. Jhonny van Breukering (Belanda)
  10. Bio Paulin (Kamerun)
  11. Stefano Lilipaly (Belanda)
  12. Ruben Wuarbanaran (Belanda)
  13. Guy Junior (Kamerun)
  14. Ezra Walian (Belanda)
  15. Ilija Spasojevic (Montenegro)
  16. OK John (Nigeria)
  17. Lorenzo Pace (Italia)
  18. Herman Dzumafo Epandi (Kamerun)
  19. Otavio Dutra (Brasil)
  20. Mohammadou Al Hadji (Mali)
  21. Beto Goncalves (Brasil)
  22. Esteban Vizcarra (Uruguay)

Berikut merupakan profil dan biodata pemain naturalisasi Indonesia seperti Cristian Gonzales, Stefano Lilipaly, Raphael Maitimo, Kim Jeffre Kurniawan, Ilija Spasojevic dan lain-lain.

Cristian Gonzales

pemain naturalisasi indonesia cristian gonzales

Cristian Gonzales merupakan pemain naturalisasi timnas Indonesia asal Uruguay. Ia lahir di Montevideo, Uruguay pada tanggal 30 Agustus 1976. Ia berposisi sebagai penyerang. Di Liga Indonesia, Gonzales pernah memperkuat klub PSM Makassar, Persik Kediri, Persib Bandung, Persisam Samarinda, Arema FC, Madura United dan PSS Sleman.

Gonzales dikenal sebagai penyerang tajam. Ia pernah 4 kali menjadi top skor Liga Indonesia. Gonzales bahkan masih tercatat sebagai top skor Liga Indonesia sepanjang masa. Ia juga sempat menjadi andalam bagi timnas senior Indonesia dengan 28 caps dan mencetak 12 gol, termasuk di pagelaran AFF Cup 2010.

Greg Nwokolo

Greg Nwokolo merupakan pemain Indonesia yang dinaturalisasi dari Nigeria. Ia lahir pada tanggal 3 Januari 1986 di Onitsha, Nigeria. Posisinya adalah sebagai penyerang dan winger. Bersama timnas Indonesia, Greg Nwokolo hanya tidak banyak berkontribusi dengan menorehkan 6 caps dan mencetak 1 gol saja.

Greg termasuk pemain yang sering bergonta-ganti klub di Liga Indonesia. Ia pernah memperkuat Sriwijaya FC, PSIS Semaarng, PSMS Medan, Persis Solo, Pelita Jaya, Arema FC, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta dan Madura United. Ia bahkan pernah memperkuat Persija di tiga periode yang berbeda.

Raphael Maitimo

pemain naturalisasi indonesia raphael maitimo

Pemain dengan nama lengkap Raphael Guillermo Eduardo Maitimo ini merupakan pemain Indonesia keturunan Belanda. Ia lahir di Rotterdam, Belanda pada tanggal 17 Maret 1984. Maitimo cukup menjadi andalan bagi timnas Indonesia di berbagai turnamen dengan menorehkan 21 caps dan mencetak 4 gol. Posisinya adalah gelandang tengah.

Di Liga Indonesia, Maitimo pernah memperkuat banyak klub. Mengawali karir di Indonesia bersama klub era Liga Primer, Bali Devata, Maitimo kemudian berpindah-pindah tim seperti Mitra Kukar, Sriwijaya FC, Persita Tangerang, Persija Jakarta, Arema FC, Persib Bandung dan Madura United.

Diego Michiels

Diego Michiels merupakan pemain naturalisasi kelahiran Deventer, Belanda pada tanggal 8 Agustus 1990. Posisinya adalah bek kiri. Diego Michiels hanya menorehkan 4 caps untuk timnas senior. Ia justru lebih sering masuk dalam skuad timnas U-23. Namanya juga cukup terkenal di dunia entertainment Indonesia karena sempat berpacaran dengan artis ternama, Nikita Willy.

Ia juga pernah membela beberapa klub seperti Pelita Jaya, Arema FC, Sriwijaya FC, Mitra Kukar dan Borneo FC. Diego termasuk pemain yang tempramental di luar lapangan. Ia sering terlibat bentrok dan perkelahian di bar-bar malam, bahkan pernah ditahan pula.

Victor Igbonefo

pemain naturalisasi indonesia victor igbonefo

Victor Igbonefo lahir di Enugu, Nigeria pada tanggal 10 Oktober 1995. Ia kemudian dinaturalisasi oleh Indonesia dan telah menorehkan 10 caps bagi timnas senior. Posisi Igbonefo adalah sebagai pemain bertahan, tepatnya sebagai bek tengah.

Di Liga Indonesia, Igbonefo paling dikenal sebagai pemain Persipura Jayapura, dimana ia membela tim Mutiara Hitam selama 6 tahun. Setelahnya, Igbonefo pernah memperkuat Madura United, Arema FC dan juga Persib Bandung.

Sergio van Dijk

Sergio van Dijk merupakan pemain naturalisasi asal Belanda. Ia lahir di kota Assen, Belanda pada tanggal 6 Agustus 1982. Posisinya adalah sebagai penyerang. Ia pernah memperkuat klub Liga Australia, Adelaide United, dan bahkan sukses menjadi top skor.

Meski begitu, karir van Dijk di timnas Indonesia tak begitu mulus. Ia hanya menorehkan 6 caps dan mencetak 1 gol saja. Sergio van Dijk pernah memperkuat klub Persib Bandung di dua periode berbeda yaitu pada tahun 2013-2014 dan 2016-2017.

Toni Cussell

Toni Cussell lahir di Amsterdam, Belanda pada tanggal 4 Februari 1983. Ia menjadi pemain naturalisasi Indonesia asal Belanda. Posisi Cussell adalah gelandang. Ia hanya pernah memperkuat Barito Putera selama semusim saja. Bersama timnas senior, Toni Cussell hanya meraih 2 caps saja.

Kim Jeffrey Kurniawan

Kim Jeffrey Kurniawan lahir di Muhlacker, Jerman Barat pada tanggal 23 Maret 1990. Posisinya adalah gelandang tengah. Ia kemudian dinaturalisasi dan bisa bermain bagi timnas Indonesia. Meski begitu, Kim Jeffrey lebih sering bermain di level timnas U-23, sedangkan bagi timnas senior ia hanya 1 kali bermain.

Di Liga Indonesia, Kim Jeffrey pernah membela tiga tim yakni Persema Malang, Pelita Bandung Raya dan yang terbaru adalah Persib Bandung.

Jhonny van Breukering

Jhonny van Beukering merupakan pemain naturalisasi Indonesia asal Belanda. Ia lahir di Velp, Belanda pada tanggal 23 September 1983. Posisinya adalah penyerang. van Beukering gagal memberi kontribusi bagi timnas senior. Ia hanya menorehkan 1 caps tanpa mencetak gol.

Bio Paulin

Bio Paulin merupakan salah satu bek terbaik Liga Indonesia. Ia paling dikenal saat membela Persipura Jayapura selama 10 tahun. Selain Persipura, Bio Paulin juga pernah membela Mitra Kukar dan Sriwijaya FC. Bek asal Kamerun kelahiran 15 April 1984 ini kemudian dinaturalisasi Indonesia.

Ia hanya menorehkan 1 caps dalam skuad timnas Indonesia senior. Kini ia pun masih tetap konsisten bermain di Liga 1 Indonesia tahun ini.

Stefano Lilipaly

pemain naturalisasi indonesia stefano lilipaly

Stefano Lilipaly lahir di Arnhem, Belanda pada tanggal 10 Januari 1990. Ia berposisi sebagai gelandang serang dan winger. Lilipaly pernah memperkuat klub divisi satu Liga Belanda, Cambur SC. Ia bahkan menjadi top skor klub dan nyaris membawa Cambur promosi ke Eredivisie.

Di Liga Indonesia, Lilipaly memperkuat Bali United. Ia menjadi gelandang serang andalan timnas senior. Lilipaly menorehkan 12 caps dan mencetak 2 gol yang dicetak di AFF Cup 2016 lalu.

Ruben Wuarbanaran

Nama Ruben Wuarbanaran mungkin asing di kalangan pecinta sepak bola Indonesia. Pemain kelahiran 15 Agustus 1990 yang berposisi sebagai bek ini juga sempat dinaturalisasi Indonesia. Namun sayangnya Ruben Wuarbanaran tidak menunjukkan performa bagus. Ia pun tidak pernah mendapat kesempatan bermain bagi timnas Indonesia.

Guy Junior

Guy Junior dikenal malang melintang membela banyak klub Liga Indonesia di berbagai tingkat kompetisi. Tercatat Guy Junior pernah bermain bersama PS Palembang, Gresik United, Persidafon Dafonsoro, Persebaya Surabaya, Persiwa Wamena, PSS Sleman, Madura United, Bhayangkara FC dan PSM Makassar.

Guy Junior yang lahir di Kamerun pada tanggal 30 Agustus 1986 ini kemudian dinaturalisasi Indonesia, meski pada akhirnya ia tidak pernah bermain bagi timnas Indonesia.

Ezra Walian

pemain naturalisasi indonesia ezra walian

Ezra Walian merupakan pemain muda potensial Belanda yang dinaturalisasi oleh Indonesia. Ia lahir di Amsterdam, Belanda pada tanggal 22 Oktober 1997. Posisinya adalah sebagai penyerang. Ezra memperkuat klub junior Ajax, yaitu Jong Ajax. Ia pun tidak pernah memperkuat klub Indonesia sama sekali.

Bersama timnas, Ezra Walian hanya menorehkan 1 caps saja untuk timnas senior. Ia lebih sering banyak bermain bagi timnas muda, baik timnas U-19 serta timnas U-23 Indonesia.

Ilija Spasojevic

pemain naturalisasi indonesia ilija spasojevic

Ilija Spasojevic menjadi pemain timans Indonesia yang dinaturalisasi dari Montenegro. Spasojevic lahir di Bar, Yugoslavia pada tanggal 11 September 1987. Ia berposisi sebagai penyerang. Spasojevic pernah memperkuat klub-klub seperti PSM Makassar, Bhayangkara FC dan Bali United.

Spasojevic kemudian menjadi andalan lini depan timnas senior. Ia telah bermain 4 kali dan mencetak 3 gol. Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah di pertandingan-pertandingan timnas Indonesia berikutnya.

OK John

Onorionde Kughegbe John atau biasa disebut OK John adalah pemain asal Nigeria yang dinaturalisasi Indonesia. Ia lahir pada tanggal 22 Juli 1983 di Lagos, Nigeria. Posisinya adalah bek. OK John tidak pernah memperkuat timnas Indonesia, namun ia pernah bermain bersama beberapa klub lokal seperti Gresik United, Persiwa Wamena, Persebaya Surabaya dan Madura United.

Lorenzo Pace

Lorenzo Pace adalah pemain naturalisasi Indonesia asal Italia. Ia memang lahir di Bandung, Indonesia, namun Lorenzo Pace memiliki kewarganegaraan Italia. Meski sudah dinaturalisasi, nyatanya Lorenzo Pace tidak pernah dipanggil dalam skuad timnas Indonesia. Ia hanya pernah semusim bermain di Liga Indonesia bersama PSM Makassar. Pace juga pernah memperkuat tim junior Lazio.

Herman Dzumafo Epandi

Herman Dzumafo Epandi merupakan pemain asal Kamerun yang malang melintang di Liga Indonesia dalam berbagai level kompetisi. Dzumafo pernah memperkuat PSPS Pekanbaru, Arema FC, Persib Bandung, Sriwijaya FC, Mitra Kukar, Gresik United, Persela Lamongan dan Bhayangkara FC.

Dzumafo sendiri lahir pada tanggal 21 Februari 1980. Ia berposisi sebagai penyerang. Meski berstatus sebagai pemain naturalisasi, Dzumafo tidak pernah memperkuat timnas Indonesia dari berbagai level kompetisi.

Otavio Dutra

Otavio Dutra juga termasuk pemain naturalisasi. Ia lahir pada tanggal 22 November 1983 di Fortaleza, Brasil. Otavio pernah memperkuat Persebaya Surabaya dalam tiga periode yang berbeda. Ia tidak pernah memperkuat timnas Indonesia sama sekali.

Mohammadou Al Hadji

Cukup aneh kenapa pemain yang satu ini menjadi pemain naturalisasi. Mohammadou Al Hadji tidak pernah memperkuat timnas dan hanya 2 tahun bermain di Liga 1. Al Hadji sendiri merupakan pemain asal Mali kelahiran 26 November 1988.

Beto Goncalves

Beto Goncalves lahir di Belem, Brasil pada tanggal 31 Desember 1980. Ia termasuk penyerang subur di Liga Indonesia. Beto pernah memperkuat tim-tim seperti Persijap Jepara, Persipura Jayapura, Arema FC dan Sriwijaya FC. Ia bahkan termasuk 10 besar top skor sepanjang masa Liga Indonesia.

Esteban Vizcarra

Satu lagi pemain naturalisasi asal Uruguay selain Cristian Gonzales, yakni Esteban Vizcarra. Ia lahir di Uruguay pada tanggal 11 April 1986. Posisinya adalah gelandang serang. Esteban Vizcarra pernah memperkuat Pelita Jaya, Semen Padang, Arema FC dan Sriwijaya FC.

Sejak tahun 2010, PSSI memang banyak melakukan naturalisasi pemain. Beberapa pemain memang sukses dan berkontribusi bagi timnas Indonesia seperti Cristian Gonzales, Stefano Lilipaly dan Raphael Maitimo. Namun banyak juga yang malah tidak memberi kontribusi bagi timnas. Baiknya PSSI harus menyeleksi pemain yang akan dinaturalisasi ke depannya.

Tinggalkan komentar