10+ Pelatih Terbaik di Dunia Tahun 2018 Saat Ini [Update Terbaru]

10+ Pelatih Terbaik di Dunia Tahun 2018 Saat Ini [Update Terbaru]

Siapa pelatih terbaik di dunia tahun 2018 sekarang? Ada beberapa nama pelatih sepakbola yang jadi kandidat sebagai pelatih terbaik 2018. Beberapa pelatih ini tentu berhasil meraih trofi gelar juara bagi tim yang dilatih, namun ada juga yang dianggap sebagai pelatih terbaik berkat taktik dan formasi yang digunakan.

Beberapa nama pelatih sepak bola terbaik jadi yang paling menonjol di tahun 2018, misalnya seperti Zinedine Zidane dan Jurgen Klopp yang membawa timnya masuk final Liga Champions. Ada juga nama-nama seperti Pep Guardiola, Massimiliano Allegri, Ernesto Valverde dan Jupp Heynckes yang membawa timnya menjadi juara di liga masing-masing.

Selain itu ada beberapa pelatih klub medioker atau klub papan tengah yang tampil bagus meski tak meraih trofi. Nama pelatih seperti Marcelino (Valencia), Sean Dyche (Burnley), Julian Nagelsmann (Hoffenheim), Quique Setien (Real Betis) dan Domenico Tedesco (Schalke) mampu memberi kejutan di liga masing-masing dengan menyodok ke papan atas klasemen tiap liga dan merebut tiket zona Eropa.

Ada juga beberapa pelatih tim nasional terbaik, biasanya parameter yang digunakan adalah keberhasilan timnya di ajang Piala Dunia 2018.

(baca juga pemain terbaik Eropa 2018)

pelatih terbaik dunia 2018

10 Pelatih Terbaik di Dunia 2018

Berikut ini akan kami tampilkan daftar 10 pelatih terbaik 2018. List pelatih terbaik ini didasarkan pada beberapa kriteria, termasuk gelar dan trofi, taktik dan strategi, pengaruh bagi tim serta faktor lainnya.

1. Pep Guardiola (Manchester City)

Tak heran menyebut nama Pep Guardiola sebagai pelatih sepak bola terbaik di tahun 2018. Meski Manchester City terhenti di babak perempat final Liga Champions, namun Guardiola sukses membawa skuad Manchester City meraih gelar Liga Inggris dengan fenomenal. Manchester City sukses memecahkan sejumlah rekor, termasuk poin terbanyak (100 poin), gol terbanyak, selisih poin terbanyak, selisih gol terbanyak dan lain-lain.

2. Zinedine Zidane (Real Madrid)

Gelar pelatih terbaik di dunia 2018 juga layak diberikan pada Zinedine Zidane. Meski tak bisa berbuat banyak di La Liga, namun Zidane tetap menunjukkan taktiknya di Liga Champions. Setelah dua kali memenangkan edisi sebelumnya, kali ini Real Madrid kembali dibawa ke final Liga Champions dengan mengalahkan sejumlah tim kuat seperti Borussia Dortmund, PSG, Juventus dan Bayern Munchen dalam perjalanannya.

3. Jurgen Klopp (Liverpool)

Jurgen Klopp kembali mencuri perhatian bersama Liverpool musim 2017-2018. The Reds dibawa melaju ke final Liga Champions Eropa, prestasi yang cukup fenomenal. Ia memperagakan taktik pressing tingkat tinggi yang disebut sebagai gegenpressing. Taktik menyerang Liverpool menghasilkan banyak gol bagi Liverpool yang diwakili trio penyerangnya, yakni Salah, Firmino dan Mane.

4. Maurizio Sarri (Napoli)

Napoli memang tidak meraih gelar apa pun. I Partonopei sempat memberi tekanan hebat bagi Juventus, namun harus puas finish sebagai runner up. Meski begitu taktik strategi Maurizio Sarri sangat digemari karena memperagakan permainan sepak bola indah dari kaki ke kaki. Taktik Sarri ini kemudian dijuluki Sarrismo oleh pers dan media Italia.

5. Massimiliano Allegri (Juventus)

Massimiliano Allegri menjadi salah satu pelatih terbaik 2018 lainnya. Ia kembali sukses membawa Juventus meraih double winners (Serie A dan Coppa Italia), yang merupakan gelar double winners keempat bagi Juventus secara beruntun di tangan kepelatihan Allegri. Ia adalah pelatih pertama di liga top Eropa dan dunia yang mencatatkan rekor brilian tersebut.

6. Eusebio Di Francesco (AS Roma)

Sebelum musim ini Di Francesco hanya melatih Sassuolo. Di musim pertamanya bersama AS Roma, ia berhasil membawa I Lupi melaju ke babak semifinal Liga Champions, meski tak begitu diperhitungkan. Mereka bahkan mengalahkan Barcelona di babak perempat final lewat permianan yang brilian. Roma juga sukses menyegel posisi 3 besar Serie A.

7. Ernesto Valverde (Barcelona)

Ernesto Valverde melakukan pekerjaan baik bersama Barcelona dengan meraih double winners, yakni juara La Liga Spanyol dan Copa del Rey. Meski tentu saja kegagalan di Liga Champions saat dikalahkan AS Roma masih membayangi. Selain itu Barca juga gagal meraih status invicibles atau juara tak terkalahkan di liga. Namun tentu prestasi Valverde masih layak diberi apresiasi tinggi.

8. Diego Simeone (Atletico Madrid)

Satu lagi pelatih top dunia yang konsisten masuk daftar pelatih terbaik dunia, yaitu Diego Simeone. Ia dikenal sebagai pelatih berkarakter yang sukses merubah Atletico Madrid menjadi salah satu klub besar di Eropa. Tahun 2018 pun dijalani Atletico Madrid dengan meraih gelar juara Europa League dan finish sebagai runner up di kompetisi La Liga.

9. Sean Dyche (Burnley)

Nama kejutan di peringkat 9 pelatih terbaik, yakni Sean Dyche. Pelatih Burnley ini menjadi perbincangan. Ia berhasil membawa Burnley finish di peringkat 7 Liga Inggris dan meraih tiket lolos ke Europa League. Padahal Burnley lebih dikenal sebagai tim papan bawah Liga Inggris dan sering terdegradasi.

10. Jupp Heynckes (Bayern Munchen)

Jupp Heynckes melatih Bayern Munchen menggantikan posisi Carlo Ancelotti. Ia pun menuntaskan pekerjannya dengan baik. Gelar juara Bundesliga dan DFB Pokal sukses diraih. Heynckes juga membawa Bayern melaju ke babak semifinal Liga Champions. Usai musim 2017-2018, ia pun memutuskan pensiun dari karir kepelatihan.

Pelatih terbaik dunia 2018 lainnya

  • Marcelino Garcia Toral (Valencia)
  • Julian Nagelsmann (Hoffenheim)
  • Domenico Tedesco (Schalke)
  • Quique Setien (Real Betis)
  • Simone Inzaghi (Lazio)
  • Sergio Conceicao (FC Porto)
  • Jose Mourinho (Manchester United)
  • Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur)
  • Gian Piero Gasperini (Atalanta)
  • Unai Emery (PSG)
  • Rudi Garcia (Olympique Marseille)
  • Paulo Fonseca (Shakhtar Donetsk)
  • Heiko Herrlich (Bayer Leverkusen)
  • Jose Bordalas (Getafe)
  • Paulo Fonseca (Shakhtar Donetsk)
  • David Wagner (Huddersfield)
  • Phillip Cocu (PSV Eindhoven)
  • Yuri Semin (Lokomotiv Moscow)
  • Luciano Spalletti (Inter Milan)

Itulah info bola terbaru mengenai daftar pelatih terbaik dunia 2018 update terbaru saat ini. Deretan pelatih terbaik dunia seperti Pep Guardiola, Zinedine Zidane, Massimiliano Allegri dan Jurgen Klopp kerap disebut dalam jajaran pelatih terbaik di dunia saat ini. Sekian berita bola terkini kali ini.

Tinggalkan komentar