Daftar Negara & Pembagian Grup UEFA Nations League 2018-2019

Daftar Negara & Pembagian Grup UEFA Nations League 2018-2019

Peserta dan pembagian grup UEFA Nations League 2018-2019 – UEFA Nations League adalah sebuah turnamen sepak bola antar negara-negara Eropa yang baru akan digelar mulai tahun 2018. Dalam bahasa Indonesia, UEFA Nations League disebut sebagai Liga Negara Eropa atau Liga Bangsa-Bangsa UEFA. Edisi UEFA Nations League 2018-2019 akan jadi edisi pertama penyelenggaraan turnamen ini.

Terdapat 4 divisi Liga Negara Eropa, mulai dari Liga A, Liga B, Liga C dan Liga D dengan sistem promosi-degradasi. Tiap liga akan dibagi menjadi 4 grup. Siapa saja negara peserta UEFA Nations League dan bagaimana hasil pembagian grup UEFA Nations League di tiap liga dan divisinya?

Turnamen ini pertama dicetuskan tahun 2013 dan kemudian diresmikan tahun 2014. Ajang ini digelar untuk mengisi kekosongan agenda FIFA yang biasanya hanya dilakukan pertandingan uji coba tidak penting.

Peserta Liga Negara Eropa adalah 55 negara anggota UEFA, termasuk negara kuat seperti Jerman, Prancis, Italia, Spanyol dan Inggris serta negara-negara anggota UEFA baru seperti Gibraltar dan Kosovo.

(baca juga daftar juara Piala Eropa)

negara peserta & pembagian grup uefa nations league

Sebanyak 55 tim akan dibagi menjadi 4 liga yang ditetapkan berdasarkan ranking FIFA. Tiap liga akan dibagi menjadi 4 grup. Nantinya 4 tim terbawah di tiap grup akan terdegradasi ke divisi di bawahnya dan posisinya akan digantikan oleh 4 tim teratas di divisi berikutnya.

Liga A menjadi yang paling bergengsi, dimana 4 juara grup di Liga A akan lolos ke Nations League Final dengan format semifinal dan final. Tim yang menang di babak final akan menjadi juara UEFA Nations League.

UEFA Nations League juga berfungsi sebagai kualifikasi Piala Eropa. Artinya tim yang gagal lolos lewat jalur kualifikasi Piala Eropa 2020 bisa memanfaatkan ajang Liga Negara Eropa ini untuk bisa lolos menjadi peserta EURO 2020 yang dilegar di negara-negara Eropa.

Berikut akan kami tampilkan info daftar timnas peserta UEFA Nations League beserta pembagian liga dan drawing grup UEFA Nations League 2018-2019 selengkapnya update terbaru.

Pembagian Grup UEFA Nations League 2018-2019

Grup Liga A

Grup 1Grup 2Grup 3Grup 4
JermanBelgiaPortugalSpanyol
PrancisSwissItaliaInggris
BelandaIslandiaPolandiaKroasia

*peringkat 1 tiap grup lolos ke Nations League Final
*peringkat 3 tiap grup degradasi ke Liga B

Grup Liga B

Grup 1Grup 2Grup 3Grup 4
SlovakiaRusiaAustriaWales
UkrainaSwediaBosnia-HerzegovinaIrlandia
Republik CekoTurkiIrlandia UtaraDenmark

*peringkat 1 tiap grup promosi ke Liga A
*peringkat 3 tiap grup degradasi ke Liga C

Grup Liga C

Grup 1Grup 2Grup 3Grup 4
SkotlandiaHungariaSloveniaRumania
AlbaniaYunaniNorwegiaSerbia
IsraelFinlandiaBulgariaMontenegro
EstoniaSiprusLithuania

*peringkat 1 tiap grup promosi ke Liga B
*peringkat 3 terburuk degradasi ke Liga D
*peringkat 4 di grup 2, 3 dan 4 degradasi ke Liga C

Grup Liga D

Grup 1Grup 2Grup 3Grup 4
GeorgiaBelarusiaAzerbaijanMakedoania
LatviaLuksemburgKepulauan FaroeArmenia
KazakhstanMoldovaMaltaLiechtenstein
AndorraSan MarinoKosovoGibraltar

*peringkat 1 tiap grup promosi ke Liga C

Nah itulah info bola Eropa mengenai daftar timnas negara peserta UEFA Nations League 2018-2019 serta hasil drawing Liga Negara Eropa 2018-2019 di tiap liga, mulai dari Liga A, Liga B, Liga C dan Liga D.

Tinggalkan komentar