Alasan Ada Empat Timnas dari Negara Inggris Raya

United Kingdom atau Great Britain, dalam bahasa Indonesia biasa disebut sebagai Britania Raya atau Inggris Raya merupakan salah satu negara di bagian Eropa Barat dengan ibukota di London. Inggris Raya termasuk negara berpengaruh dalam berbagai sektor, mulai dari ekonomi, politik, pemerintahan dan lain-lain. Dalam olahraga Inggris juga diklaim sebagai penemu sepakbola modern.

Namun kenapa tim nasional sepakbola Inggris diwakili oleh empat timnas sekaligus? Apa alasan Inggris ada 4 timnas? Ya, dalam laga-laga kualifikasi Euro dan kualifikasi Piala Dunia, kita selalu melihat nama-nama seperti Skotlandia, Wales, Irlandia Utara, selain Inggris. Mengapa negara Inggris Raya bisa diwakili empat tim sekaligus?

Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, Wales

Seperti diketahui, Skotlandia, Wales atau pun Irlandia Utara bukanlah negara merdeka yang diakui, melainkan masih jadi bagian dari Inggris Raya. Lalu kenapa mereka punya timnas masing-masing. Mengapa tidak digabung saja keempat timnas tersebut hingga terbentuk timnas Inggris Raya?

Itu semacam penghormatan karena merekalah penemu sepakbola modern. Jauh sebelum FIFA selaku otoritas sepakbola dunia berdiri tahun 1904, empat negara di wilayah kepulauan Inggris saat ini sudah main bola dengan asyik. Skotlandia memainkan pertandingan pertama antara dua tim sepakbola nasional di Glasgow pada tahun 1872, di depan 4.000 lebih penonton. Dua belas tahun kemudian, tahun 1884, asosiasi sepakbola nasional Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia meluncurkan turnamen British Home Championship, yang diperebutkan hampir setiap tahun selama abad berikutnya.

Sementara itu FIFA baru hadir tahun 1904. Pada saat itu, empat asosiasi sepakbola di Inggris Raya dianggap terlalu kuat untuk digabungkan, meskipun Jerman dan Austria berpendapat sebaliknya pada saat itu. Begitulah riwayat terjadinya empat tim nasional sekaligus mewakili Inggris Raya pada laga-laga internasional UEFA dan Piala Dunia. Khusus untuk Olimpiade ini tidak terjadi. Inggris hanya boleh diwakili satu tim sepakbola saja.

Bayangkanlah saja jika Ryan Giggs serta Gareth Bale dari Wales, lalu Darren Fletcher dari Skotlandia bergabung dalam tim nasional Inggris. Tentu mereka jauh lebih kuat dan tidak perlu sampai tersisih sedemikian cepatnya dari berbagai turnamen internasional yang mereka ikuti. Itulah info alasan Inggris ada 4 timnas.

Alasan Ada Empat Timnas dari Negara Inggris Raya | Mokhammad Zakky | 4.5

Komentar Mitra Sepakbola